Apakah Perut Kembung dan Begah Bisa Jadi Pertanda Masa Subur?

Benarkah gejala tersebut ada hubungannya dengan ovulasi?

28 Mei 2022

Apakah Perut Kembung Begah Bisa Jadi Pertanda Masa Subur
Freepik/Lifestylememory

Beberapa perempuan mungkin menyadari dirinya merasakan kembung dan begah di antara siklus menstruasi sebelumnya dan yang akan datang. Biasanya, rentang antara dua siklus inilah masa ovulasi berada.

Ovulasi adalah masa di mana sel telur bergerak melewati tuba falopi menuju rahim dan kemudian akan menempel di sana, menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma. Di masa ini, perempuan juga menyebutnya sebagai masa subur.

Jika tidak dibuahi oleh sel sperma, maka sel telur yang menempel pada rahim ini akan meluruh saat perempuan menstruasi. Lalu, apakah perut kembung dan begah bisa jadi pertanda masa subur? Simak penjelasan ahli yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini, ya!

Editors' Picks

Mengenal Apa Itu Mittelschmerz

Mengenal Apa Itu Mittelschmerz
Pexels/AndreaPiacquadio

Sebelum membahas lebih lanjut hubungan antara perasaan kembung dan begah serta pertanda masa subur, ada baiknya kamu mengetahui apa itu mittelschmerz.

Mittelschmerz adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut rasa sakit atau kram di bagian perut. Beberapa wanita mengaku merasakan sakit di perut bagian bawah atau punggung bagian bawah.

Rasa sakit ini muncul sebagai pertanda ovulasi, dimana sel telur pergi melalui tuba falopi menuju rahim untuk menempel di dinding rahim. Di sana, sel telur akan menunggu sperma untuk dibuahi dan ini biasa disebut sebagai masa subur perempuan.

Mary Jane Minkin, MD, dokter kandungan di Universitas Yale, menjelaskan bahwa tubuh perempuan memiliki respon berbeda terhadap proses ovulasi yang memang cukup menyakitkan ini.

Ada perempuan yang merasakan perut bagian bawahnya menjadi empuk atau bengkak, merasa nyeri, ataupun menjadi kembung dan begah.

Peran Hormon Progesteron Terhadap Nyeri saat Ovulasi

Peran Hormon Progesteron Terhadap Nyeri saat Ovulasi
Freepik/diana.grytsku

Nyeri dan semua gejala yang perempuan rasakan di masa ovulasi ini tidak lepas dari keberadaan hormon progesteron. Hormon ini diproduksi dan jumlahnya semakin banyak di masa ovulasi.

Hormon progesteron juga menyebabkan sistem pencernaan melambat, sehingga makanan tidak dicerna secepat biasanya dan ini membuat perempuan menjadi begah atau merasakan konstipasi.

Meskipun menyebalkan, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir mittelschmerz, lho, misalnya minum banyak air, kurangi asupan garam, atau mengonsumsi jahe.

Apakah Perut Kembung dan Begah Menjadi Pertanda Masa Subur?

Apakah Perut Kembung Begah Menjadi Pertanda Masa Subur
Pixabay/silviarita

Perut kembung dan begah memang menjadi salah satu pertanda ovulasi yang bisa diamati langsung oleh perempuan. Namun, bukan berarti saat merasa kembung dan begah artinya masa subur tiba, ya!

Ada beberapa pertanda lain yang bisa menentukan masa suburmu, seperti suhu basal tubuh yang meningkat, keputihan, dan meningkatnya gairah seksual. Jika sebagian pertanda tersebut kamu rasakan, bisa jadi kamu sedang berada dalam masa subur.

Namun jika kamu tidak cukup yakin dengan tanda tersebut, kamu bisa membeli alat pengecek ovulasi di apotek. Jika kamu sedang program hamil, berhubungan seks di saat masa subur atau ovulasi, bisa meningkatkan peluang kehamilanmu.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang apakah perut kembung dan begah bisa jadi pertanda masa subur. Meski benar, tapi masih ada beberapa tanda lain yang perlu kamu rasakan juga untuk menentukan masa subur, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk