7 Rekomendasi Susu Kedelai Kaya Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Mangandung banyak serat dan vitamin lho

3 Februari 2020

7 Rekomendasi Susu Kedelai Kaya Nutrisi Bagi Ibu Hamil
Casaydiseno.com

Kedelai merupakan kacang-kacangan yang mengandung serat dan protein tinggi. Jika biasanya kedelai dapat diolah menjadi tempe atau tahu, kedelai juga bisa dijadikan susu. Susu kedelai menjadi pilihan bagi orang yang tidak dapat mengonsumsi susu dengan protein sapi. 

Memiliki kandungan folat, zat besi, kalsium, zinc, dan mineral yang bagus untuk tubuh. Baik bagi anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil. Hal ini karena kedelai merupakan sumber protein rendah lemak, tinggi serat, dan mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan dalam pertumbuhan janin.

Bagi Mama yang ingin memenuhi nutrisi kehamilan dari susu kedelai, berikut Popmama.com rekomendasikan merk susu kedelai dari berbagai sumber. 

1. Australia Own Organic Unsweetened tanpa gula

1. Australia Own Organic Unsweetened tanpa gula
Australiasownfoods.com.au

Australia Own Organic Unsweetened merupakan susu kedelai yang diproduksi dengan menggunakan kacang kedelai autralia organik yang terbaik. Mengandung protein, serat, kalsium, vitamin, dan mineral serta bebas gluten dan bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan) sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan.

Seperti namanya, susu kedelai Australia Own Organic Unsweetened ini memiliki rasa yang manis alami tanpa gula tambahan (laktosa & glukosa). Selain dikonsumsi langsung sebagai minuman, susu kedelai ini dapat digunakan untuk tambahan memasak, membuat aneka kue dan dessert, hingga tambahan sereal untuk sarapan. 

2. Green Soya Tazakka dengan sari kurma

2. Green Soya Tazakka sari kurma
Tokopedia.com

Green Soya Tazakka dapat menjadi pilihan nutrisi Mama selama kehamilan karena diperkaya sari kurma. Hal ini karena kurma merupakan nutrisi yang tepat untuk ibu hamil. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti zat Besi, Magnesium, Vitamin A, B1, B2, serta B komplek, dan protein dan lemak. 

Diracik dari bahan-bahan pilihan dan diolah secara higienis sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Sari kedelai pilihan dan sari kurma ini disuguhkan dalam bentuk instan yang lebih mudah nikmat dikonsumsi. Namun, susu kedelai ini mengandung tambahan gula dan creamer sehingga rasanya cenderung sangat manis.

Editors' Picks

3. Melilea Minuman Serbuk Kedelai tanpa pengawet

3. Melilea Minuman Serbuk Kedelai tanpa pengawet
Jd.id

Merupakan minuman serbuk kedelai yang terbuat dari kedelai organik. Diolah menggunakan teknologi canggih sehingga kandungan nutrisi di dalam kacang kedelai tetap terjaga. Tetap alami tanpa tambahan bahan kimia, bahan pengawet, bahan perasa, dan zat warna sehingga aman dikonsumsi Mama. 

Selain bergizi tinggi dan kaya protein, lesitin, dan isoflavon. Melilea dibuat dari kedelai yang telah dikupas kulitnya sehingga memberikan rasa susu kedelai yang lebih lezat. Susu kedelai ini cocok untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi penting bagi pertumbuhan janin. Melilea dapat diolah menjadi minuman dingin atau hangat sesuai selera. 

4. Soyama khusus ibu hamil dan menyusui

4. Soyama khusus ibu hamil menyusui
Shopee.co.id

Soyama adalah susu kedelai yang diformulasikan untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Hal ini karena Soyama mengandung daun katuk yang dapat melancarkan produksi ASI. Selain terbuat dari kedelai pilihan dan daun katuk, Soyama juga mengandung habatussauda atau jinten hitam yang baik untuk nutrisi tubuh Mama dan janin. 

Soyama dapat menjadi pengganti susu sapi jika Mama alergi laktosa. Dengan kadungan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Soyama juga diperkaya madu di dalamnya sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Soya Laziz Darusyifa nutrisi kehamilan dam produksi ASI

5. Soya Laziz Darusyifa nutrisi kehamilan dam produksi ASI
Toko.walafiat.org

Susu kedelai Soya Laziz Darusyifa merupakan minuman sari kedelai siap saji yang terbuat dari biji kedelai pilihan. Kaya akan protein, serat, dan multivitamin alami. Hal ini karena Soya Laziz Darusyifa mengandung sari kacang kedelai alami, bee pollen, fenugreek, dan habbatussauda. 

Selain itu, susu kedelai ini juga mengandung sari kurma yang baik untuk nutrisi Mama dan janin selama kehamilan. Soya Laziz Darusyifa juga diperkaya dengan ekstrak daun katuk yang dapat membantu produksi dan kualitas ASI.

Dikarenakan bentuknya berupa serbuk, Mama perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air hangat di dalam gelas sebelum dikonsumsi. 

6. Unisoy Black Milk Powder tanpa laktosa

6. Unisoy Black Milk Powder tanpa laktosa
Unisoy.com.sg

Unisoy merupakan salah satu merk susu kedelai yang berbentuk bubuk. Berbeda dari susu kedelai pada umumnya, Unisoy terbuat dari kacang kedelai hitam organik sehingga memberikan rasa yang alami.

Kandungan nutrisi alami produk ini dapat membantu Mama memenuhi kebutuhan perkembangan janin. 

Susu kedelai ini juga diperkaya dengan vitamin E dan beberapa macam protein yang baik untuk kesehatan kulit, serta kandungan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

Selain itu, susu kedelai Unisoy tidak mengandung tambahan gula atau laktosa sehingga aman dikonsumsi ibu hamil atau Mama yang menderita diabetes. 

7. Susu Kedelai V-Soy bebas kolesterol

7. Susu Kedelai V-Soy bebas kolesterol
Foodia.com

Mama dapat memilih V-soy Original untuk tambahan nutrisi saat masa kehamilan karena terbuat dari kacang kedelai putih utuh berkualitas. Selain bebas kolesterol, susu ini mengandung vitamin A1, B1, B2, B12, dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Rasanya pun tidak terlalu manis, ditambah kandungan Asam Folat dan Kalsium yang bagus untuk pembentukan DNA, sel darah merah dan tulang. Mama juga bisa mengonsumsi V-soy Multigrain selama kehamilan.

Berbeda dengan V-soy Original, V-Soy Multigrain menawarkan susu kedelai untuk diet yang dilengkapi dengan bahan-bahan seperti beras merah, wijen hitam, malt, dan barley. Tambahan tersebut membuat susu kedelai lebih mengenyangkan. Selain itu, kandungannya yang kaya akan serat baik untuk kesehatan sistem pencernaan lho, Ma. 

Itulah 7 rekomendasi merek susu kedelai yang dapat Mama pilih sebagai tambahan nutrisi pada masa kehamilan.

Namun, konsumsi susu kedelai juga perlu diperhatikan karena dapat menimbulkan efek samping berupa alergi. Jadi, tetap perhatikan porsi susu kedelainya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.