Bentuk Perut Ibu Hamil Muda saat Tidur Miring, Ketahui Faktornya

Benarkah tidur miring memengaruhi bentuk perut ibu hamil?

29 Juli 2022

Bentuk Perut Ibu Hamil Muda saat Tidur Miring, Ketahui Faktornya
Freepik/bearfotos

Saat mengandung, ibu hamil pasti berusaha menjaga kesehatan dan keselamatan janin. Mulai dari menjaga asupan makan, tidak beraktivitas sampai kelelahan, dan tidur dengan posisi yang tepat. 

Nah, masalah yang biasanya dialami ibu hamil adalah memilih posisi tidur.

Pasalnya, kehamilan sering kali membuat ibu hamil tidak nyaman dengan posisi tidur tertentu. Sehingga, memilih posisi tidur yang nyaman serta aman untuk ibu dan janin menjadi PR cukup besar.

Salah satu keresahan yang muncul adalah bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring. Beberapa ibu hamil khawatir tidur miring dapat memengaruhi bentuk perut sehingga tidak simetris.

Lantas, apa faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring? 

Berikut Popmama.com merangkum ulasannya dari berbagai sumber. Simak ulasannya, yuk!

1. Faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil muda

1. Faktor memengaruhi bentuk perut ibu hamil muda
Freepik/Partystock

Pada kehamilan awal, sekitar 12-16 minggu, biasanya perut ibu hamil belum kelihatan membesar. Namun, setelah itu, perut ibu hamil akan mengalami pertambahan sekitar 1 cm setiap minggunya.

Meski demikian, perkiraan ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan utama, sebab bentuk dan ukuran perut ibu hamil berbeda.

Perut ibu hamil mungkin berbentuk bulat seperti telur. Akan tetapi, ada juga bentuk perut ibu hamil yang kecil, agak melebar, atau malah terlihat besar.

Tahukah kamu bahwa perbedaan bentuk perut ibu hamil tersebut tidak dipengaruhi oleh posisi tidur? Sejauh ini, belum ada riset yang mengulasnya secara kurat. 

Jadi, kamu tak perlu cemas berlebihan mengenai bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring. Kemungkinan besar posisi tidur miring tidak berpengaruh signifikan.

Sebaliknya, ada 5 faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil. Apa saja faktornya?

  • Berat badan

Berat badan yang naik selama kehamilan ternyata dapat membuat perut ibu hamil lebih besar, lho. Ukuran yang besar bukan berarti janin dalam bahaya.

  • Jumlah bayi dalam kandungan

Bentuk perut hamil juga dipengaruhi oleh jumlah janin dalam kandungan. Ibu yang mengandung bayi kembar akan memiliki perut hamil yang besar.

  • Postur tubuh

Ukuran perut tampak lebih besar bila postur tubuh hamil tidak terlalu tinggi. Kalau dari segi bentuk, perut akan cenderung melebar ke samping.

Untuk ibu yang berperawakan tinggi, umumnya perut akan menonjol ke depan seperti bentuk telur.

  • Cairan ketuban

Bisa jadi, bentuk perut hamil dipengaruhi oleh cairan ketuban. Tak jarang perut ibu hamil yang kecil dikaitkan dengan cairan ketuban yang kurang.

Selain itu, kondisi plasenta juga bisa memengaruhi bentuk perut ibu hamil.

  • Kekuatan otot perut

Jika kamu memiliki otot perut yang kencang, kemungkinan besar otot cukup kuat menopang perkembangan janin. Sehingga, perut ibu hamil tidak terlalu besar tapi tampak lonjong seperti telur.

  • Posisi dan ukuran bayi dalam kandungan

Selain jumlah bayi, bentuk perut melebar bisa disebabkan oleh posisi bayi yang melintang. Kemudian, ukuran janin juga memengaruhi bentuk perut ibu.

Editors' Picks

2. Bentuk perut ibu hamil yang normal

2. Bentuk perut ibu hamil normal
Freepik/Drobotdean

Bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring ternyata belum terbukti secara ilmiah, ya. Belum ada penelitian yang lebih lanjut antara keduanya. Namun, satu hal yang pasti adalah bentuk perut hamil memang berbeda-beda. 

Perbedaan bentuk dan ukuran perut ibu hamil merupakan hal wajar.

Selain dipengaruhi oleh 5 faktor di atas, bentuk perut ibu hamil juga berbeda sesuai dengan periode trimester.

Pada trimester pertama, bentuk perut ibu hamil masih belum terlihat. Perubahan mencolok akan terlihat di trimester kedua.

Pada usia 12-16 minggu, ibu hamil akan melihat perubahan bentuk dan ukuran perut. Perubahan ini akan terus terlihat sampai trimester ketiga. Perut ibu hamil akan terus membesar seiring dengan pertumbuhan janin. 

Umumnya, bentuk perut ibu hamil akan lonjong seperti telur atau melebar.

3. Posisi tidur terbaik untuk hamil

3. Posisi tidur terbaik hamil
Freepik/Freepik

Meskipun bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring masih belum diteliti secara akurat, tapi bukan berarti ibu hamil bisa tidur dengan posisi miring sembarangan.

Dilansir Healthline, para ahli merekomendasikan posisi tidur miring ke kiri untuk ibu hamil.

Posisi ini dianggap ideal bila dibandingkan dengan tidur miring ke kanan. Pasalnya, posisi ini memungkinkan aliran darah yang optimal dari Vena Cana Inferior (IVC).

Vena ini berada di tulang belakang sisi kanan. Fungsinya, membawa darah ke jantung kemudian ke janin.

Selain itu, posis tidur miring ke kiri dapat menghilangkan tekanan pada hati dan ginjal. Sehingga, dua organ tersebut memiliki ruang yang cukup. Kemudian, posisi ini juga bisa menjadi solusi masalah tangan dan kaki yang membengkak selama kehamilan.

4. Hindari posisi tidur tengkurap

4. Hindari posisi tidur tengkurap
Freepik/Valeria_aksakova

Tidur tengkurap sebenarnya masih diperbolehkan, terutama ibu hamil muda. Ini karena ibu hamil muda belum mengalami perubahan fisik yang drastis.

Namun, ada baiknya posisi ini dihindari, apalagi ketika perut ibu hamil sudah membesar.

Apabila tidur dengan posisi ini, ibu kemungkinan akan merasa sesak. Dilansir Medical News Today, tidur tengkurap juga berpotensi membahayakan nyawa janin. 

Jadi, walaupun bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring memang tidak berpengaruh, hindari tidur miring ke kanan dan tidur tengkurap juga. 

5. Hindari juga posisi tidur terlentang

5. Hindari juga posisi tidur terlentang
Freepik/Pch.vector

Satu lagi posisi tidur yang sebaiknya dihindari ibu hamil, yakni tidur terlentang. Dilansir Healthline, posisi ini dapat menekan pembuluh darah utama. Akibatnya, aliran darah ke janin berkurang. 

Di sisi lain, posisi terlentang dapat menimbulkan pusing dan nyeri otot. Tentunya, efek ini tidak nyaman bagi ibu hamil, ya. 

Apabila ibu hamil tanpa sadar tidur terlentang, segeralah ganti posisi ini dengan posisi yang lebih aman dan nyaman, seperti posisi tidur miring ke kiri.

Nah, itulah penjelasan seputar bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring. Mulai sekarang, kamu bisa merasa lega, ya. Pasalnya, bentuk perut tidak dipengaruhi posisi tidur. 

Akan tetapi, kamu perlu memilih posisi tidur yang tepat agar tidak membahayakan kesehatan diri dan kesehatan janin.

Jangan lupa, selalu konsultasikan posisi tidur dengan dokter. Sehingga, kamu mendapatkan arahan yang akurat secara medis.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk