7 Cara Tak Biasa yang Ampuh Atasi Morning Sickness

Yuk coba tips-tips ini demi trimester pertama yang lebih nyaman

18 Oktober 2018

7 Cara Tak Biasa Ampuh Atasi Morning Sickness
Pixabay/Chiplanay

Morning sickness seringkali dianggap sebagai tanda kehamilan yang cukup mengganggu. Kondisi ini ditandai dengan mual, ingin muntah, lemah, pusing serta tidak nyaman di badan, terutama di pagi hari.

Meski terkesan biasa dan sepele, namun para ibu hamil yang mengalaminya juga seringkali tidak nyaman, Ma.

Bahkan morning sickness juga bisa menjadi alasan mengapa ibu hamil sering terlambat datang bekerja. Setelah bangun tidur, rasa tidak nyaman tersebut terjadi sangat hebat.

Apa saja ya cara-cara unik yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi morning sickness?

1. Hipnoterapi

1. Hipnoterapi
Freepik

Hipnoterapi saat ini sudah cukup populer, Ma. Cara ini dianggap efektif membantu ibu hamil melewati proses persalinan dengan lebih nyaman dan tenang.

Nah, manfaat positif ini pun kini dicoba untuk diterapkan pada ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness.

Salah satu public figure yang diketahui sangat terbantu dengan metode hipnoterapi ini adalah The Duchess of Cambridge, Kate Middleton.

Pada kehamilannya, Kate memanfaatkan hipnoterapi untuk mengatasi hiperemesis gravidarum. Ini merupakan bentuk ekstrem dari morning sickness, Ma.

Metode hipnoterapi, kondisi pikiran dibuat setenang mungkin agar terbuka dan senantiasa bisa berpikir jernih.

Alasannya, seringkali mual memicu respons di otak yang membuat rasa ingin muntah terus-menerus ada dan berdampak pada nafsu makan. Nah, dengan hipnoterapi, pikiran positif pun akan lebih ditekankan.

2. Manfaatkan herbal

2. Manfaatkan herbal
Pexels/Pixabay

Herbal menjadi salah satu bahan yang diyakini bisa membantu berbagai kondisi tubuh, termasuk morning sickness pada ibu hamil.

Beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan oleh Mama yang mengalami morning sickness di antaranya peppermint, lemon balm, adas manis, daun pohon cemara dan daun persik.

Saat ini berbagai pilihan olahan herbal pun sudah banyak. Mulai dari dalam bentuk kapsul, teh, atau pewangi ruangan.

Sebelum menggunakannya, pastikan Mama berkonsultasi dulu dengan dokter agar lebih aman, ya.

3. Akupunktur

3. Akupunktur
Freepik/Javi_indy

Akupunktur adalah metode ala Timur yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis rasa sakit. Termasuk di antaranya sakit kepala, mual, muntah dan tidak nyaman pada tubuh.

Pada akupunktur, teorinya didasarkan pada pola-pola energi (Qi) dan bagaimana mereka ‘mengalir’ melalui tubuh. Aliran yang sehat menandakan kondisi tubuh yang sehat pula.

Sebaliknya, jika alirannya terhambat maka ada ketidakseimbangan dalam tubuh dan berisiko menjadi penyakit.

Pada akupunktur sendiri dilakukan penusukan jarum kecil pada titik-titik tertentu guna menstimulasi aliran energi yang baik.

Meski diakui berhasil meredakan morning sickness pada sebagian ibu hamil, namun dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui apakah tindakan ini secara langsung benar-benar bisa mengatasi mual dan muntah.

Yang tak kalah penting, Mama juga perlu memastikan praktisi yang melakukan akupunktur sudah berlisensi dan berpengalaman. Terutama untuk menangani pasien ibu hamil.

Apabila Mama ragu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukannya, ya.

Editors' Picks

4. Ikuti keinginan

4. Ikuti keinginan
Pexels/Clem Onojeghuo

Ada kalanya saat morning sickness sedang melanda, kemudian Mama tiba-tiba ingin makan sesuatu yang hangat dan sedikit pedas. Tak ada salahnya melakukan hal tersebut kok, Ma.

Yang terpenting rasa mual dan muntah Mama bisa sedikit teratasi dan perut Mama tidak kosong karena mogok makan.

Meski boleh, namun sebaiknya tetap batasi ngidam Mama, ya. Jika Mama ingin makan makanan asin, makanan olahan atau yang lainnya, pastikan Mama seimbangkan dengan konsumsi sayur dan buah setelahnya.

Pastikan juga Mama tidak lantas terus-terusan mengonsumsi makanan tersebut sepanjang hari. Percayakan intuisi Mama, kapan Mama benar-benar menginginkan makanan tersebut.

5. Tidur cukup

5. Tidur cukup
Pexels/Pixabay

Istirahat dan tidur cukup bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan atau setidaknya menurunkan kadar morning sickness.

Saat mual dan muntah tengah melanda, perbanyaklah istirahat, Ma. Baringkan tubuh dan beri sedikit ruang bagi kaki untuk diangkat demi kelancaran aliran darah.

Saat tubuh sedang stres, ia akan bereaksi secara fisik. Misalnya dengan sakit kepala, muncul rasa tegang atau mual.

Ingatlah bahwa sesekali tubuh Mama juga perlu dimanjakan, terutama saat pekerjaan Mama sedang banyak atau saat merasa benar-benar lelah. Berikan waktu sejenak bagi tubuh untuk berhenti bekerja dan memulihkan energi.

6. Aromaterapi

6. Aromaterapi
Pexels/Pixabay

Hal unik lainnya yang juga diyakini bisa membantu mengatasi morning sickness adalah aromaterapi. Selain membuat rileks, menghirup aroma khas ini juga membantu tubuh Mama lebih tenang.

Beberapa jenis aroma yang terbukti bisa membantu meredakan morning sickness yakni peppermint, jeruk nipis, lemon, dan jeruk.

Selain itu, jahe juga bisa menjadi salah satu pilihan Mama. Tambahkan sedikit saja jahe pada teh Mama.

Tapi sebaiknya jangan berlebihan, ya. Sebagian pakar aromaterapi meyakini bahwa jahe dapat menyebabkan pendarahan dan memicu kontraksi.

7. Perhatikan penggunaan garam

7. Perhatikan penggunaan garam
Pexels/Pixabay

Bagi ibu hamil, garam adalah salah satu bumbu yang bisa membantu mengatasi mual. Rasa asin dianggap bisa mengurangi efek mual dan meningkatkan nafsu makan.

Namun demikian, seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan garam dan gula pada ibu hamil harus diperhatikan dengan benar.

Konsumsi garam secara berlebihan bisa memicu pembengkakkan, pusing serta mudah lelah yang sering dikaitkan dengan hipertensi.

Jika cara-cara ini masih belum ampuh juga untuk membantu meredakan morning sickness yang Mama alami, segera cek kondisi Mama ke dokter, ya.

Baca juga: 7 Pilihan Sarapan Terbaik Saat Morning Sickness Melanda