5 Trik Agar Trimester Pertama Terasa Bebas Mual dan Menyenangkan

Tahap awal kehamilan ini rentan berbagai masalah kehamilan, Ma

26 November 2018

5 Trik Agar Trimester Pertama Terasa Bebas Mual Menyenangkan
Freepik/Bearfotos

Kehamilan di trimester pertama identik dengan morning sickness, cemas berlebihan serta mulai munculnya berbagai masalah kesehatan lain.

Tak heran jika tiga bulan pertama kehamilan pun sering dianggap menakutkan dan bahkan ‘menyiksa’.

Nyatanya tidak demikian lho, Ma. Asal dijalani dengan tepat, trimester pertama juga bisa menjadi momen yang menyenangkan dan bahkan bebas dari rasa mual.

Apa saja yang bisa Mama lakukan untuk memiliki trimester pertama yang menyenangkan? Berikut rangkuman informasinya:

1. Rutin cek ke dokter

1. Rutin cek ke dokter
Freepik/4045

Setelah melakukan tes kehamilan dan dinyatakan positif hamil, salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin cek ke dokter.

Patuhi jadwal kontrol dan ikuti setiap arahan dari dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan detail pada tubuh Mama di tahap awal kehamilan, termasuk menanyakan riwayat kesehatan Mama serta meminta cek darah.

Pemeriksaan cek darah ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada infeksi yang mungkin ada di tubuh Mama. Selain itu, dengan dilakukan cek darah jika memang ada infeksi maka pengobatan dini pun bisa dilakukan.

Apabila dokter memberikan obat atau suplemen tertentu, minumlah sesuai anjuran yang diberikan. Suplemen mungkin diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang janin di trimester pertama ini, Ma.

2. Bebaskan mental dari pikiran negatif

2. Bebaskan mental dari pikiran negatif
Pexels/Min An

Saat hamil kali pertama, momen trimester pertama ini biasanya akan menjadi momen yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi Mama.

Nah, salah satu cara untuk memiliki tahap awal kehamilan yang menyenangkan adalah menjauhkan diri dari pikiran-pikiran negatif yang mungkin ada.

Pikiran negatif ini biasanya berupa rasa takut atau cemas berlebihan yang Mama rasakan. Apakah tidak masalah jika Mama hamil sekarang atau apakah Mama sudah siap menjadi sosok ibu?

Percayalah bahwa waktu sudah memberikan jawaban bagi kekhawatiran Mama. Setelah sudah positif hamil, maka langkah berikutnya yang bisa Mama lakukan adalah menjaga kesehatan janin sebaik mungkin.

Editors' Picks

3. Bicarakan semua ketakutan yang dirasakan

3. Bicarakan semua ketakutan dirasakan
Pexels/Josh Willink

Salah satu cara ampuh menangkis pikiran negatif dan kecemasan yang ada adalah dengan bersikap terbuka, Ma.

Hindari memendam rasa takut sendiri karena bisa membuat Mama justru semakin cemas dan stres, bahkan bisa berujung pada depresi.

Oleh sebab itu, usahakan untuk membuka komunikasi alias curhat dengan orang-orang terdekat Mama. Baik Papa, orangtua, saudara atau bahkan sahabat dekat.

Dengan begitu, Mama bisa berbagi dan mendapatkan masukan yang mungkin bermanfaat bagi psikis Mama.

Apabila rasa cemas yang Mama rasakan sudah cukup parah, Mama bisa melakukan konseling dengan pakar. Misalnya dengan psikolog atau dengan dokter.

4. Makan dan minum sesuai selera

4. Makan minum sesuai selera
Pexels/Bruce Mars

Saat hamil mengonsumsi makanan sehat sudah pasti penting, namun morning sickness yang biasanya melanda trimester pertama seringkali membuat semua terasa sulit.

Temukan jenis makanan atau minuman yang bisa membuat Mama nyaman, misalnya yang hangat atau bercita rasa sedikit pedas.

Selama masih ada batasan aman, Mama bisa mengonsumsinya. Jika ragu, coba konsultasikan dulu dengan dokter tentang jenis makanan dan minuman yang aman dikonsumsi.

Jika perlu, sediakan selalu permen jahe atau permen manis lainnya untuk mencegah rasa mual. Misalnya saat Mama sedang bepergian.

Minum teh manis hangat di pagi hari agar perut terasa hangat, sehingga mual-mual pun bisa dicegah.

5. Beri waktu pada tubuh untuk beradaptasi

5. Beri waktu tubuh beradaptasi
Freepik

Kehamilan adalah proses menakjubkan bagi perempuan, pada trimester pertama pun tubuh Mama akan melakukan banyak proses adaptasi.

Dalam waktu tersebut, Mama perlu memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menjalani tugasnya.

Nikmati setiap momen yang mungkin akan terasa menegangkan atau bahkan membuat mual. Percaya bahwa pada momen tersebut tubuh Mama sedang berupaya menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Menumbuhkan pikiran positif seperti ini akan membuat Mama lebih rileks dan bisa menerima kenyataan.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak muncul rasa takut berlebihan lagi ya, Ma.

Baca juga: 5 Solusi Baik untuk Megurangi Mual Saat Hamil Muda