Sudah Tau Belum Ma, Bagaimana Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu?

Telat datang bulan salah satu tandanya nih, Ma

22 Juli 2021

Sudah Tau Belum Ma, Bagaimana Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu
Pexels/Leah Kelley

Kehamilan merupakan kabar bahagia bagi setiap pasangan yang baru saja menikah. Pasalnya, mereka akan menjadi calon orangtua baru. 

Tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama memang sering kali tidak terasa karena mirip dengan premenstrual syndrome  atau PMS, sehingga banyak ibu hamil yang tidak menyadarinya. Biasanya kehamilan akan diketahui ketika usia kandungan memasuki usia tiga sampai empat minggu. 

Dalam waktu satu minggu ini sebenarnya janin belum membentuk wujud yang pasti, sebab pada satu minggu ini baru masuk tahap awal sebelum fertilisasi dan membuahkan janin. 

Dilansir dari Healthline, sebenarnya minggu pertama kehamilan didasarkan pada tanggal periode menstruasi terakhir. Periode menstruasi terakhir dianggap sebagai minggu pertama kehamilan, sekalipun belum benar-benar hamil. 

Oleh sebab itu, beberapa minggu pertama, Mama mungkin tidak memiliki gejala.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui tanda-tanda hamil satu minggu? Kali ini, Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 
 

1.  Kram di perut

1.  Kram perut
Pixabay/unknownuserpanama

Mengutip dari Medical News Today, perempuan yang mengalami hamil satu minggu akan merasakan kram ringan setelah terjadi konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma). Di mana embrio yang merupakan hasil konsepsi menempel di dinding rahim atau yang disebut dengan implantasi. 

Selain itu, juga akan merasakan kram di bagian perut, panggul, atau daerah punggung bawah. Kram ini terasa seperti otot tertarik, kesemutan, atapun menusuk. 
 

2.  Munculnya flek cokelat

2.  Muncul flek cokelat
Pexels/Karolina Grabowska

Pada satu minggu kehamilan ini Mama akan mengalami flek akibat dari adanya perdarahan implantasi. Ada kemungkinan flek tersebut muncul bukan karena hubungan seksual sebelumnya, namun flek muncul karena hubungan seksual 10 hari sebelumnya.

Dilansir dari Healthline, sekitar 10 sampai 14 hari (minggu 4) setelah pembuahan, blastokista akan tertanam di endometrium, lapisan rahim. Ini dapat menyebabkan perdarahan implantasi, yang mungkin disalahartikan sebagai periode yang ringan.
 

Editors' Picks

3. Keputihan yang terus bertambah

3. Keputihan terus bertambah
Pexels/Sora Shimazaki

Keputihan dalam satu minggu kehamilan memang hal yang wajar. Ciri khas dari keputihan tersebut warnanya yang seperti putih susu dan sedikit kental. Namun, Mama tidak perlu khawatir jika terjadi keputihan. 

Keputihan tidak hanya terjadi dalam satu minggu pertama, namun akan terus bertambah hingga mendekati hari persalinan. 
 

4. Perubahan pada payudara

4. Perubahan payudara
Pexels/cottonbro

Payudara mulai menjadi sensitif nih, Ma. Apalagi jika disentuh bisa lebih terasa nyerinya. Selain itu, payudara juga akan terasa lebih berat dari sebelumnya dan terlihat pada area di sekitar puting susu (areola) yang menjadi lebih gelap. 

Perubahan-perubahan ini sering terjadi pada satu atau dua minggu setelah terjadinya pembuahan dan menjadi tanda-tanda hamil satu minggu. 
 

5. Telat datang bulan

5. Telat datang bulan
Pexels/cottonbro

Telat datang bulan juga menjadi salah satu tanda dari kehamilan pada satu minggu pertama. Di mana sangat memungkinkan perempuan telah melewatkan siklus haidnya empat minggu dari setelah terjadinya pembuahan. 

Ketika embrio sudah menempel di dinding rahim atau implantasi, tubuh akan mulai memproduksi Human Chorionic Gonadotropin (hCG). hCG adalah hormon yang diproduksi terutama oleh sel sinsitiotrofoblas plasenta selama kehamilan. 

Di mana hormon ini akan memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan sel telur matang setiap bulan.
 

6. Morning sickness

6. Morning sickness
Pexels/Sora Shimazaki

Tanda yang satu ini mungkin tidak asing bagi Mama, yaitu morning sickness. Morning sickness adalah mual muntah yang terjadi pada banyak perempuan saat hamil. Istilah "morning" tidak berarti hanya terjadi pada pagi hari, namun pada siang, sore, ataupun malam hari.

Namun, Mama jangan khawatir, hal ini memang umum terjadi pada ibu hamil. 

Itulan tanda-tanda hamil satu minggu yang dapat Mama rasakan. Jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter jika memang menunjukkan rasa tidak nyaman. Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.