TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Merek Susu untuk Ibu Hamil 1-3 Bulan

Lengkapi nutrisi bayi saat masih di dalam kandungan, Ma!

12 September 2022

7 Rekomendasi Merek Susu Ibu Hamil 1-3 Bulan
Pexels/Iamngakan eka

Selamat atas kehamilannya, Ma!

Usia kandungan yang masih muda tentunya membuat Mama selalu berhati-hati dalam menjaga dan memberi nutrisi bagi si Bayi. Tidak sedikit ibu hamil mengonsumsi susu untuk membantu mencukupi nutrisi pada bayi di trimester pertama atau usia kandungan 1-3 bulan. 

Masa trimester pertama ialah masa yang rawan untuk si Bayi ataupun Mama. Dibutuhkan kerjasama antar keduanya agar bisa tetap sama-sama sehat sampai proses persalinan nanti.

Bayi yang baru berkembang saat trimester pertama membutuhkan banyak nutrisi melalui apa yang dikonsumsi Mama, termasuk jenis susu yang Mama minum. 

Susu yang Mama minum setiap trimester berbeda-beda lho, Ma, kandungannya. Pada trimester pertama, Mama membutuhkan susu yang mengandung vitamin B6 untuk mengurangi mual.

Nah, Mama pasti ingin tahu susu apa saja yang bisa diminum ibu hamil di masa trimester pertama. Di bawah ini Popmama.com rangkum sejumlah rekomendasi merek susu untuk ibu hamil 1-3 bulan.

Perlukah Minum Susu Hamil di Trimester Pertama Kehamilan?

Perlukah Minum Susu Hamil Trimester Pertama Kehamilan
Pexels/Jonas Kakaroto

Pada trimester pertama, perkembangan janin bisa dikatakan krusial karena di masa inilah banyak organ penting pada bayi yang mulai terbentuk.

Setelah pembuahan, tahapan awal perkembangan calon bayi ialah dimulai dengan zigot yang akan menuju rahim, yang setelahnya akan berkembang menjadi morula.  

Selain itu, kantung ketuban mulai terbentuk untuk melindungi embrio. Fisik janin juga mulai terbentuk. Hal ini ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di wajah yang akan berkembang menjadi mata. Setelah itu disusul bagian mulut dan rahang bawah.

Untuk organ dalam, tenggorokan bayi juga sudah mulai berkembang. Saat janin mengalami perkembangan, saat itulah Mama akan mengalami mual, sehingga nutrisi harus lebih diperhatikan agar tetap tercukupi. 

Susu dengan kandungan tertentu yang memang dikhususkan untuk ibu hamil trimester pertama diperlukan untuk dapat membantu Mama dan janin, 

Susu hamil tidak hanya menjadi pelengkap pada masa ini, tetapi juga berperan penting dalam menyediakan nutrisi seperti fosfor, kalsium, AHA, DHA, vitamin D, asam folat, kalsium, serta protein. 

1. Susu 'Anmum Materna' yang memiliki kandungan asam folat beserta DHA

1. Susu 'Anmum Materna' memiliki kandungan asam folat beserta DHA
Anmum.com

Saat usia kehamilan pertama, nutrisi untuk bisa membantu pembentukan tabung saraf janin sangat diperlukan.

Annum Materna adalah susu yang diperkaya dengan kandungan asam folat dan DHA yang bisa menjadi rekomendasi untuk ibu hamil trimester pertama. 

Kandungan asam folat pada susu membantu pembentukan tabung saraf, menghindari risiko bayi lahir cacat serta pertumbuhan otak dan saraf tulang belakang. Kandungan DHA pada susu berperan memaksimalkan perkembangan sel otak bayi.

Editors' Picks

3. Susu 'Lactamil Inisis' yang dirancang dengan formula ACTIDuobio

3. Susu 'Lactamil Inisis' dirancang formula ACTIDuobio
Shopee.co.id/Nutrilonofficialstore

Susu ibu hamil untuk trimester pertama selanjutnya yang bisa Mama minum ialah Lactamil Inisis. Susu yang kaya akan nutrisi untuk Mama sejak masa kehamilan hingga menyusui. 

Susu yang dirancang dengan formula ACTIDuobio ini mengandung vitamin B6 yang tinggi untuk mengurangi mula dan muntah. Tinggi akan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia. 

Lactamil Inisis juga memiliki kandungan tinggi asam folat untuk mengurangi risiko cacat tabung syaraf otak serta mengandung omega 6 yang membantu perkembangan otak janin. Selain itu, Lactamil Inisis juga mengandung vitamin D untuk pertumbuhan janin. 

4. Susu 'Prenagen Emesis' yang kaya akan vitamin B6

4. Susu 'Prenagen Emesis' kaya akan vitamin B6
Prenagen.com

Saat memasuki kehamilan trimester pertama, umumnya Mama akan mengalami mual. Sehingga kondisi tersebut bisa membuat Mama sulit untuk makan dan berdampak pada kurangnya nutrisi bayi.

Untuk bisa mengatasi rasa mual, Mama bisa mengonsumsi susu Prenagen Emesis. Susu kehamilan ini memiliki kandungan protein dan vitamin B6 yang sudah teruji secara klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90 persen. 

Nutrisi di dalamnya juga ada asam folat, zat besi, kalsium dan juga omega 3. Sehingga nutrisi Mama dan janin tetap terpenuhi. 

5. Susu 'SGM Bunda' kaya akan kandungan minyak ikan

5. Susu 'SGM Bunda' kaya akan kandungan minyak ikan
Sarihusada.co.id

SGM Bunda adalah susu ibu hamil dan juga menyusui. Masa kehamilan pertama adalah langkah yang tepat untuk mencerdaskan otak bayi. Sehingga SGM Bunda bisa menjadi rekomendasi untuk Mama. 

Susu SGM Bunda kaya akan kandungan minyak ikan yang membantu perkembangan otak dan saraf.

Selain itu, susu ini juga mengandung zat besi, protein, tinggi asam folat dan vitamin yang bisa mendukung perkembangan janin. 

Rasanya yang gurih bisa meredakan mual ibu hamil di trimester pertama. Varian rasa yang bisa dipilih seperti rasa cokelat, stroberi, jeruk dan juga vanilla. 

6. Susu 'Sun Ibu' memiliki kandungan omega 3 dan 6

6. Susu 'Sun Ibu' memiliki kandungan omega 3 6
Shopee.co.id/Rumah_popoksakti

SUN Ibu ialah susu ibu hamil yang bisa dikonsumsi pada trimester pertama. Susu yang diperkaya dengan zat besi untuk membantu mencegah anemia ibu hamil serta asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf. 

Susu ini juga memiliki kandungan omega3 dan 6 yang dapat mendorong perkembangan saraf dan kecerdasan otak janin selama berada di dalam kandungan. 

Rasa mual yang sering kali dialami ibu hamil pada trimester pertama bisa diatasi dengan kandungan vitamin B6 yang ada pada susu ini. Sedangkan kandungan serat yang tinggi membantu Mama agar tidak sembelit. 

7. Susu 'Vidoran Ibunda' diperkaya dengan kandungan minyak hati ikan cod

7. Susu 'Vidoran Ibunda' diperkaya kandungan minyak hati ikan cod
Duniasmartvidoran.com/

Susu ibu hamil Vidoran Ibunda adalah susu ibu hamil pertama dengan imunUp. Diperkaya dengan kandungan minyak hati ikan cod, asam folat, tinggi kalsium, omega 3 dan 6, sumber 12 vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan Mama. 

Kandungan minyak hati ikan cod yang mengandung omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan ibu hamil selama masa kehamilan. 

Itulah 7 rekomendasi merek susu untuk ibu hamil 1-3 bulan atau trimester pertama yang bisa Mama coba. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk