5 Posisi Yoga yang Baik untuk Ibu Hamil

Gerakannya mudah dan bisa dilakukan di rumah kok, Ma

7 September 2020

5 Posisi Yoga Baik Ibu Hamil
Freepik/Sergeycauselove

Yoga, merupakan olahraga yang baik dan dianjurkan untuk ibu hamil. Selain dapat membuat tubuh terasa fit, gerakan-gerakan yoga juga dapat melenturkan otot-otot yang mengencang karena perubahan hormon selama hamil.

Selain itu juga dapat melenturkan otot-otot sekitar panggul dan vagina yang berguna untuk kelancaran proses melahirkan Mama nantinya.

Nah berikut ini, Popmama.com rangkumkan, gerakan atau posisi yoga terbaik untuk ibu hamil. Mama dapat mencobanya di rumah karena gerakan ini mudah sekali!

Sebelum melakukan yoga, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan mama ya, apakah kondisi kandungan Mama diperbolehkan untuk melakukan olahraga ini atau tidak.

1. Cat cow untuk mengurangi pegal

1. Cat cow mengurangi pegal
herbeauty.co

Pose yoga ini cocok bagi Mama yang sering mengeluhkan sakit punggung. Ya, saat hamil, terutama jika perut sudah semakin membesar, tentu tulang punggung akan menopang berat lebih besar sehingga menyebabkan pegal dan nyeri.

Dengan melakukan pose ini Mama dapat melenturkan otot-otot punggung yang mungkin menegang.

Lakukan gerakan menekuk dan merenggang, untuk merenggangkan dan melemaskan otot. Lakukan sebanyak 6 set, masing-masing 8 kali ya, Ma.

Editors' Picks

2. Warrior II bisa dilakukan hingga trimester ketiga

2. Warrior II bisa dilakukan hingga trimester ketiga
yogagardensf.com

Posisi yoga ini sangat baik untuk memperkuat otot kaki serta paha bagian dalam.

Renggangkan kaki, dan lebarkan tangan ke arah depan dan belakang. Tarik kaki kiri dan tekuk kaki kanan. Hitung hingga 8 hitungan, kemudian ganti kaki. Tarik napas dalam-dalam supaya saat melakukan peregangan, badan Mama tetap rileks.  

Posisi ini aman dan baik dilakukan di umur kehamilan berapapun, tapi jika Mama merasa kesulitan melakukan di trimester ketiga, dengan mengalami kram di bagian paha atau nyeri di bagian vagina, coba untuk sedikit melonggarkan kaki jangan terlalu di streching ke belakang.

3. Bridge baik dalam melatih otot vagina, paha, serta lutut

3. Bridge baik dalam melatih otot vagina, paha, serta lutut
activemum.ie

Posisi yoga ini juga aman untuk dilakukan di umur kehamilan berapapun. Justru posisi ini sangat baik karena dapat melatih otot vagina, paha, serta lutut.

Mama cukup tidur terlentang, tekuk kedua kaki, tangan berada tepat di samping badan menelungkup, dan angkat pinggul sejauh yang bisa Mama lakukan. Hitung sampai 8 hitungan dan ulangi hingga 6 set.

4. King pigeon melenturkan otot panggul

4. King pigeon melenturkan otot panggul
movementformodernlife.com

Saat hamil tentunya Mama sering merasa pegal di area punggung dan pinggang.

Dengan posisi ini selain dapat memperbaiki postur tulang punggung yang cenderung maju karena beban perut yang membesar, juga dapat melenturkan otot panggul supaya Mama lebih siap menghadapi persalinan nanti.

5. Butterfly dapat membantu proses pembukaan

Pose ini dapat dikatakan posisi terbaik dari semua pose yoga. Pose ini untuk melatih kelenturan otot bagian panggul dan paha dalam.

Dan yang membuatnya menjadi pose terbaik adalah dengan melakukan pose ini, dipercaya dapat membantu mengarahkan posisi kepala bayi berada di bawah dekat panggul.

Bagi Mama yang berada di trimester ketiga sering-seringlah melakukan gerakan ini di rumah supaya si Kecil yang mungkin saja masih berada pada posisi sungsang dapat terarah ke bagian panggul.

Bahkan jika kontraksi sudah terasa, pose ini juga dapat membantu proses pembukaan. Jangan lupa bernapas dengan rileks dan biarkan tubuh mama juga merasakan relaksasi tersebut.

Jika dalam melakukan pose-pose di atas Mama merasa otot mama malah menegang, ambil napas dalam-dalam untuk membantu tubuh mama menjadi lebih rileks.

Mengambil napas dalam-dalam juga dapat memberi oksigen lebih pada janin, dan juga dapat memperlancar peredaran darah. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi cukup air saat melakukan olahraga supaya Mama tidak dehidrasi.

Posisi yoga ini bisa Mama lakukan hingga menjelang due date untuk melancarkan proses persalinan. Yuk, Ma tetap olahraga agar Mama selalu sehat selama masa kehamilan. 

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai yoga saat hamil, Mama dapat mengikuti kelas yoga pada Popmama Parenting Academy.

Dapatkan informasi seputar parenting di Popmama Parenting Academy yang diselenggarakan oleh Popmama.com secara online pada tanggal 28 September-3 Oktober 2020. 

Siapkan pertanyaan untuk ahli di setiap kelas online Popac ya. Banyak informasi terkait kesehatan ibu hamil, perawatan bayi baru lahir dan cara membesarkan anak di era digital. Nantinya, anak harus memiliki daya saing dan kualitas yang baik untuk mempermudah menghadapi masa depannya.

Selain itu, Mama juga bisa berbelanja kebutuhan mama dan si Kecil dengan harga spesial. Nantikan POPAC 2020 ya, Ma! Jangan lupa follow Instagram @popmama.parenting.academy untuk kabar selanjutnya.

Baca juga: 


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.