7 Tips Aman Traveling dengan Kereta Saat Hamil Muda

Agar travelling tetap lancar dan janin tetap aman

4 Oktober 2019

7 Tips Aman Traveling Kereta Saat Hamil Muda
Freepik.com

Hamil bukan berarti tak bisa ke mana-mana. Mama masih tetap bisa aktif, termasuk jalan-jalan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat travelling ketika hamil. Bukan hanya keamanan diri sendiri yang harus diperhatikan, tapi juga keamanan si calon bayi. 

Oleh karena itulah, Mama yang sedang mengandung harus mengetahui betul tips dan trik dalam berkendara baik itu kendaraan udara atau darat. Apalagi saat sedang hamil muda, jadi harus ekstra hati-hati.

Jika Mama berencana travelling dengan kereta, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Disusun Popmama.com, berikut tips dan trik untuk perjalanan aman dengan kereta saat hamil muda:

1. Disarankan travelling dengan kereta pada usia kehamilan mulai 14 minggu

1. Disarankan travelling kereta usia kehamilan mulai 14 minggu
Pexels/Negative Space

Dalam situs resmi Perusahaan Kereta Api Indonesia (PT KAI), dicantumkan bahwa ibu hamil dengan usia kandungan dari 14-28 minggu yang diperbolehkan naik kereta. Itupun harus dalam keadaan sehat dan tidak adak kelainan.

Pada umur kehamilan tersebut, janin sudah tergolong lebih stabil dan masa mual biasanya sudah lewat. Sehingga travelling dengan kereta pun rasanya bisa lebih mudah. 

Untuk Mama yang ingin berkereta di luar umur kandungan yang dianjurkan, harus melampirkan surat keterangan dokter. Jadi jika Mama hendak naik kereta saat hamil muda, bawa serta surat keterangan dari dokter, ya.

2. Ibu hamil harus didampingi

2. Ibu hamil harus didampingi
Freepik

Aturan lain berkereta dari PT KAI untuk ibu hamil adalah naik kereta harus dengan pendamping. Pendampingnya minimal 1 orang dewasa. 

Pendamping ini bertujuan untuk menjaga sang ibu hamil selama perjalanan. Juga, untuk membantu membawakan barang saat porter sedang tidak tersedia. 

Editors' Picks

3. Pilih kursi yang nyaman

3. Pilih kursi nyaman
Freepik

Setelah memenuhi semua persyaratan, kini saatnya fokus pada perjalanan dengan kereta. Saat memesan tiket, pastikan untuk mengetahui lokasi kursinya. 

Dengan begitu, Mama bisa tahu apakah kursi yang didapat bisa membantu perjalanan terasa lebih nyaman. Saat memesan, Mama bisa memilih untuk duduk dekat jendela atau lorong. Sesuai dengan kesukaan saja. 

Usahakan untuk membeli tiket kereta eksekutif karena bentuk kursi yang jauh lebih nyaman dibanding kereta kelas bisnis apalagi kelas ekonomi. 

4. Bawa atau sewa penopang tambahan

4. Bawa atau sewa penopang tambahan
Pexels/Jens Mhanke

Saat memesan kelas eksekutif, biasanya setiap orang akan mendapat satu bantal dan satu selimut. Tak apa meminta atau menyewa bantal tambahan untuk menopang pinggang atau punggung Mama.

Karena duduk yang lama dibutuhkan tempat yang nyaman. Namun pastikan juga untuk rutin berjalan santai setiap sejam sekali untuk menghindari kram dan terhambatnya sirkulasi darah di tubuh. 

5. Cukupkan perbekalan untuk selama perjalanan

5. Cukupkan perbekalan selama perjalanan
home.bt.com

Ibu hamil membutuhkan banyak asupan. Jadi sangatlah penting untuk membawa perbekalan yang cukup.

Bawa camilan yang sesuai kebutuhan seperti biskuit, buah, kacang-kacangan, agar tidak kelaparan saat belum jam makan.

Membawa air mineral yang cukup juga tak kalah penting karena ibu hamil harus tercukupi kebutuhan airnya.

6. Bawa obat-obatan yang diperlukan

6. Bawa obat-obatan diperlukan
Freepik/Eva058929

Membawa obat-obatan saat travelling sangat dianjurkan. Terlebih jika Mama sedang hamil. Daripada bingung mencari obat saat memerlukan, lebih baik menyiapkannya terlebih dahulu. 

Beberapa obat dasar yang bisa dibawa adalah paracetamol, aneka suplemen kehamilan, minyak kayu putih, dan obat lambung yang aman untuk ibu hamil.

7. Gunakan pakaian yang nyaman

7. Gunakan pakaian nyaman
Freepik/aksakalko

Yang terakhir adalah mengenakan pakaian yang nyaman. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan berbahan panas. Jika tidak nyaman, perjalanan akan terasa menyiksa. 

Mama bisa memilih mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Usahakan juga membawa kaus kaki agar bisa digunakan saat udara terlalu dingin. Kaus kaki juga bisa digunakan untuk membuat tidur makin nyaman.

Untuk nyaman yang maksimal, gunakan juga alas kaki yang tepat. Hindari sepatu hak atau sandal yang terlalu keras karena bisa melukai dan membuat kaki pegal.

Sudah tahu tips dan trik agar bisa berkereta dengan aman, kini saatnya Mama babymoon dengan kereta!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.