Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi dan Merawat Wajah dengan Cuka Apel?

Kenali faktanya terlebih dahulu ya, Ma!

23 Mei 2019

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Merawat Wajah Cuka Apel
Pixabay/rawpixel

Mendengar cuka apel tentu sudah tidak asing lagi ya, Ma. Cuka apel bisa didapat dengan cara memeras buah apel segar untuk diambil airnya. 

Tak jarang cuka apel dikhawatirkan mengandung bakteri atau mikroba lain yang berbahaya ketika tidak melakukan proses pasteurisasi.

Proses ini dilakukan dengan cara memanaskan makanan agar membunuh organisme yang berbahaya seperti bakteri, jamur dan memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan. 

Perlu diketahui bahwa cuka apel yang tidak dilakukan proses pasteurisasi dapat membuatnya banyak mengandung probiotik. 

Dikenal memiliki banyak manfaat membuat cuka apel digunakan oleh semua perempuan, termasuk ibu hamil khususnya untuk merawat wajah. Padahal selama masa kehamilan, ibu hamil perlu memastikan berbagai produk yang akan digunakannya.  

Jika Mama penasaran terhadap penggunaan cuka apel selama masa kehamilan, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasannya. 

Wajib disimak ya, Ma!

1. Bolehkah ibu hamil melakukan perawatan wajah dengan cuka apel? 

1. Bolehkah ibu hamil melakukan perawatan wajah cuka apel 
entrepo.co.za

Sejauh ini belum ada penelitian yang melarang penggunaan cuka apel sebagai toner pembersih wajah. Hanya saja, Mama perlu tetap memperhatikan kadar penggunaannya agar tidak terlalu berlebihan dan carilah produk perawatan wajah dengan bahan-bahan yang aman untuk ibu hamil. 

Selain itu, ada baiknya untuk berhati-hati dan memastikan kalau cuka apel yang akan digunakan tidak terkontaminasi bakteri ataupun kuman. 

Jika masih ragu-ragu ketika ingin menggunakan cuka apel sebagai perawatan wajah selama hamil, usahakan untuk menggantinya dengan bahan-bahan alami seperti lemon, madu dan lidah buaya. Namun, ibu hamil yang memiliki masalah kulit seperti jerawat atau bekas jerawat saat hamil disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. 

Baca juga: 7 Manfaat Cuka Apel dan Cara Memakainya untuk Menjaga Kesehatan

Editors' Picks

2. Bolehkan ibu hamil mengonsumsi cuka apel?

2. Bolehkan ibu hamil mengonsumsi cuka apel
Pixabay/rawpixel

Dilansir dari Healthline, perlu diketahui bahwa mengonsumsi cuka apel secara berlebihan dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sakit asam lambung hingga gangguan saluran pencernaan.

Apalagi ibu hamil memang rentan terhadap penyakit, sehingga kesehatan selama masa kehamilan perlu dijaga secara optimal.

Cuka apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri Escherichia coli dan Salmonella. Faktanya kedua bakteri ini menjadi salah satu penyebab utama dari diare dan keracunan makanan. 

Walau beberapa fakta menyatakan bahwa cuka apel dinyatakan aman untuk ibu hamil, namun dikutip dari Brenner Children Hospital mengatakan bahwa cuka apel tidak melalui proses pasteuriasi. 

Hal inilah yang menyimpulkan bahwa ibu hamil yang meminum cuka apel dapat menyebabkan komplikasi kehamilan hingga keguguran, bahkan ketika dilahirkan pun bayi akan memiliki masalah kesehatan. 

Terkait dengan kondisi kesehatan setiap ibu hamil berbeda-beda, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan ketika ingin mengonsumsi cuka apel demi kesehatan janin.

Mama pun harus mengetahui bahwa ada cara aman ketika mengonsumsi cuka apel, sehingga tidak bisa sembarangan. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Manfaat Konsumsi Buah Apel Saat Hamil

3. Manfaat positif yang didapat saat mengonsumsi cuka apel 

3. Manfaat positif didapat saat mengonsumsi cuka apel 
healthline.com

Penggunaan cuka apel memang telah menjadi tren gaya hidup sehat jika diterapkan dengan baik. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 2006 mengatakan bahwa saat mengonsumsi cuka apel sebanyak 30 ml cukup membantu dalam menurunkan berat badan serta penurunan nafsu makan.

Secara tidak langsung penggunaan cuka apel sangat baik untuk mengurangi angka obesitas. 

Selain itu, perlu Mama ketahui bahwa ada manfaat positif ketika mengonsumsi cuka apel dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan seperti:

  • Mengatasi sembelit. 
  • Menghilangkan bau badan dengan cuka apel sebagai deodoran.  
  • Menghilangkan jamur, kutu, kutil, infeksi telinga bahkan dapat membunuh patogen termasuk bakteri. 
  • Mengatasi jerawat karena cuka apel dapat menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga lebih menyerap minyah berlebih pada kulit. 
  • Meredakan diare karena cuka apel mengandung zat pektin, sehingga mampu melapisi lapisan usus agar tidak semakin meradang.
  • Mampu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes dan pra-diabetes sekaligus menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi rendah. 

Itulah beberapa fakta mengenai cuka apel yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Secara garis besar, penggunaan dan mengonsumsi cuka apel memang masih diperbolehkan selama masa kehamilan asalkan tidak terlalu berlebihan. 

Selain itu, bila terjadi sesuatu setelah mengonsumsi cuka apel sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Semoga informasi kali ini bisa berguna selama menjalani masa-masa kehamilan ya, Ma!

Tetap semangat dan terus lancar hingga proses persalinan nanti!

Baca juga: Tak Disangka, Ini Manfaat Apel yang Bikin Perempuan Tampil Menarik

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!