TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Karena Diet, Tasyi Athasyi Keguguran saat Hamil Anak Pertama

Selain karena diet, tekanan psikologis juga jadi penyebab Tasya Athasyia keguguran

23 September 2022

Karena Diet, Tasyi Athasyi Keguguran saat Hamil Anak Pertama
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Nama Tasyi Athasyia baru-baru ini kembali menjadi sorotan netizen. Usai sempat disudutkan oleh netizen, Tasyi dan suaminya, Syech Zaki Alatas, kembali membuat video klarifikasi untuk meluruskan fitnah yang menghujaninya. 

Food vlogger sekaligus influencer ini membuat klarifikasi untuk meluruskan sederet tudingan netizen terkait permasalahannya dengan saudara kembarnya, Tasya Farasya.

Selain itu, dalam video klarifikasinya, Tasyi juga membocorkan alasan mengapa dirinya tidak diizinkan diet oleh sang suami. Rupanya, Tasyi sempat mengalami keguguran karena didesak keluarganya untuk melakukan diet, karena dinilai akan ditinggal suami jika berpenampilan gemuk.

Lebih lanjut, berikut Popmama.com rangkum kabar mengenai Tasyi Athasyia keguguran saat hamil anak pertama karena diet.

1. Tasyi Athasyia sempat mengalami keguguran saat hamil anak pertama

1. Tasyi Athasyia sempat mengalami keguguran saat hamil anak pertama
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Menikah pada tahun 2015 lalu, Tasyi Athasyia dan suaminya, Syech kini telah dikaruniai tiga orang anak. Namun, tak banyak yang tahu bahwa rupanya Tasyi telah mengandung sebanyak 4 kali. 

Sayangnya, saat hamil anak pertama, Tasyi mengalami keguguran. Hal ini diungkapkan sendiri oleh sang suami melalui video klarifikasi yang diunggah di kanal YouTube Tasyi Athasyia.

Editors' Picks

2. Penyebab keguguran yang dialami Tasyi karena tuntutan diet dan tekanan psikologis

2. Penyebab keguguran dialami Tasyi karena tuntutan diet tekanan psikologis
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Dalam video berdurasi 1 jam 24 menit tersebut, Syech juga mengungkapkan alasan mengapa Tasyi bisa mengalami keguguran saat hamil anak pertama. Syech mengatakan bahwa kala itu Tasyi mendapat tuntutan untuk menjalani diet. 

“Kenapa anak pertamaku bisa meninggal? Karena tekanan keluarga untuk Kak Tasyi yang terlalu berat. Dituntut untuk diet, untuk kurus, untuk menjaga fisik terlalu berlebihan,” tutur Syech. 

Selain itu, Tasyi juga sempat mengalami tekanan psikologis karena merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya. Pasalnya, Tasyi sempat ditakuti keluarga kalau tubuhnya gemuk, ia akan ditinggalkan oleh suaminya.

“Sampai Kak Tasyi ini tidak bisa aku suapin makanan. Karena tekanan psikologis itu, Kak Tasyi insecure. Karena Kak Tasyi tidak nyaman, karena kak Tasyi selalu ditakuti dan diintimidasi bahwa kalau kamu gendut, nanti suami kamu pergi,” sambung Syech. 

Akibatnya, Tasyi tidak bisa makan dan kekurangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh ibu hamil. Termasuk juga kekurangan asam folat yang akhirnya menyebabkan Tasyi mengalami keguguran.

3. Tasyi Athasyia juga hampir kehilangan nyawa saat melahirkan anak kedua

3. Tasyi Athasyia juga hampir kehilangan nyawa saat melahirkan anak kedua
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Syech pun melanjutkan cerita di mana Tasyi juga sempat diberi ujian saat hamil anak kedua, yakni Malik Umar Boschr. Syech mengungkapkan bahwa kala itu Tasyi melahirkan putranya melalui persalinan normal tanpa dibius, hingga hampir kehilangan nyawa.

“Pada kehamilan kedua, Tasya ada di situ. Dan saksi hidupnya, dokter dokter yang membantu Kak Tasyi melahirkan masih ada. Teman-teman bisa periksa jejak digital siapa dokternya. Dan suster-suster yang membantu melahirkan juga masih ada. Kejadian apa yang ada disitu? Yang membuat Kak Tasyi ini melahirkan normal dan tanpa dibius, hingga hampir meninggal," tutur Syech.

Syech sendiri tidak mengungkapkan secara rinci apa yang menjadi penyebab Tasyi hampir kehilangan nyawa saat melahirkan Malik pada tahun 2016 silam.

4. Saat melahirkan anak ketiga, Tasyi sempat merangkak usai persalinan untuk menjaga auratnya

4. Saat melahirkan anak ketiga, Tasyi sempat merangkak usai persalinan menjaga auratnya
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Tak usai sampai di situ, Syech juga menceritakan pengalaman saat Tasyi melahirkan anak ketiganya, Noora Boschr.

Syech mengungkapkan bahwa saat melahirkan, perempuan mengenakan baju yang tidak menutup aurat sehingga tidak semua orang bisa masuk ke ruangan untuk menjenguk istrinya. Namun, terdapat pihak yang tidak setuju dengan aturan tersebut sampai-sampai membahayakan Tasyi.

Pasalnya, Tasyi yang kala itu baru melahirkan sampai merangkak dan keluar secara diam-diam dengan kursi roda demi menjaga auratnya dari pandangan orang lain yang bukan muhrim. 

“Setelah melahirkan, Kak Tasyi sampai merangkak dari bawah tirai dan keluar diam-diam dengan kursi roda, hanya karena takut melanggar aturan dari aku,” ujar Syech.

"Aku tahu ketika aku melahirkan, aurat aku tidak pantas untuk dilihat orang, Dan aku harus menjaga amanah dari suami, kalau ada laki-laki jangan masuk," kata Tasyi, menyambung ucapan suaminya. 

5. Saat hamil anak keempat, Tasyi juga hampir mengalami keguguran karena stres mendapatkan hujatan dari netizen

5. Saat hamil anak keempat, Tasyi juga hampir mengalami keguguran karena stres mendapatkan hujatan dari netizen
YouTube.com/Tasyi Athasyia

Saat hamil anak bungsunya yakni Ali Boschr, Tasyi Athasyia hampir mengalami kejadian yang serupa saat hamil anak pertamanya. Tasyi hampir mengalami keguguran lantaran stres karena mendapat hujatan dari netizen. 

“Saat hamil Ali, dia itu dihujat se-Indonesia oleh video-video yang Tasya publikasikan. Dan kejadian stres yang dialami saat hamil anak pertama hampir terjadi lagi di anak keempat. Makanya aku ngejaga banget Kak Tasyi,” ucap Syech.

Demikian kabar mengenai Tasyi Athasyia keguguran saat hamil anak pertama karena diet.

Ibu hamil yang mengalami stres memang berisiko lebih besar untuk mengalami keguguran. Maka dari itu, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan selama kehamilan, bukan hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Semoga ada pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan kehamilan Tasyi ini, ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk