4 Bahaya Ibu Hamil Sering Makan Mie Instan dan Tips Mengatasinya

Sebaiknya konumsi mie instan saat hamil lebih diperhatikan, Ma

11 September 2021

4 Bahaya Ibu Hamil Sering Makan Mie Instan Tips Mengatasinya
Youtube.com/abu tosca

Sesuai dengan namanya, mie instan merupakan makanan yang mudah dibuat, tetapi memiliki rasa yang tak kalah lezat.

Mie instan dikenal sebagai makanan berbahan tepung yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, kalori, serta MSG yang menambah rasa gurih pada rasanya.

Meski mie instan masih menajdi favorit banyak orang, namun penggunaannya untuk ibu hamil tetap perlu diperhatikan. Tingginya jumlah kalori dan MSG pada mie instan lah yang harus Mama perhatikan.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi kandungan tersebut juga akan memicu masalah kesehatan saat hamil. Di antaranya adalah obesitas dan juga tekanan darah tinggi.

Mie instan memang bisa jadi solusi cepat bagi ibu hamil saat merasa mudah lapar. Namun, bagaimana dampaknya jika Mama terlalu sering mengonsumsinya ketika hamil?

Melansir dari berbagi sumber, berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya untuk Mama ketahui. Lebih diperhatikan lagi yuk, Ma!

1. Membuat nutrisi tidak terserap baik

1. Membuat nutrisi tidak terserap baik
Freepik/gpointstudio

Saat hamil, sudah menjadi hal yang wajar jika setiap Mama mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Salah satunya adalah perubahan pola makan, di mana ibu hamil menjadi lebih cepat lapar karena makanan yang dikonsumsi harus  dibagi berdua dengan janin yang dikandung.

Meski mie instan menjadi pilihan cepat, namun bagi ibu hamil justru ini akan membuat perut lebih cepat merasa lapar. Hal ini karena kandungan karbohidrat tinggi yang dapat menaikkan kadar gula darah lebih cepat.

Mie juga menjadi makanan yang memiliki waktu lebih lama untuk dicerna oleh saluran pencernaan, lambatnya proses pencernaan nantinya akan berdampak pada penyerapan nutrisi. Sehingga dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi mie instan saat hamil.

Editors' Picks

2. Bisa mengakibatkan darah tinggi

2. Bisa mengakibatkan darah tinggi
Freepik/user15285612

Rasa lezat dari mie instan didapat dari kandungan banyak garam dan monosodium glutamat (MSG) di dalamnya. Ketika ibu hamil mengonsumsi terlalu banyak garam dalam waktu yang lama, ini juga tidak baik bagi kesehatan, Ma.

Adapun dampaknya adalah ibu hamil berisiko alami tekanan darah tinggi, lebih bahaya lagi jika sebelumnya Mama sudah memiliki risiko hipertensi.

Meski tak selalu membahayakan, tetapi ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi juga bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan seperti misalnya preeklampsia.

3. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh

3. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh
Freepik/valuavitaly

Melanjutkan dampak sebelumnya, ibu hamil yang kekurangan nutrisi akibat terus menerus mengonsumsi mie instan juga berdampak pada penurunan kadar insulin dalam tubuh. Tak hanya membuat perut merasa mudah lapar, tubuh nantinya bisa melepaskan banyak insulin yang berakibat pada penurunan gula darah yang begitu cepat.

Seperti yang mama tahu, ibu hamil rentan mengalami diabetes gestational. Nah, jangan sampai makanan yang Mama makan menambah tinggi risiko tersebut.

4. Memicu risiko berat badan berlebih

4. Memicu risiko berat badan berlebih
Freepik/Dragana_Gordic

Saat gula darah turun begitu cepat, maka hal ini akan membuat tubuh Mama menjadi lebih mudah lemas. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan makan lebih banyak untuk mengembalikan energi yang hilang.

Saat Mama merasa lebih mudah lapar dan kondisi tersebut tak terkendalikan, maka hal ini akan menjadi pemicu kenaikan berat badan berlebih yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya.

Tips aman mengonsumsi mie instan saat hamil

Tips aman mengonsumsi mie instan saat hamil
Freepik/valuavitaly

Meski memiliki dampak yang kurang menyenangkan bagi kesehatan tubuh, Mama tetap diperbolehkan kok mengonsumsinya. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi mie instan saat hamil harus dalam batas wajar dan memasaknya dengan benar ya, Ma.

Melansir dari laman Babycenter, berikut tips aman mengonsumsi mie instan saat hamil:

  1. Kurangi garam dan bahan tambahan. Mama bisa menggunakannya hanya setengah dari takaran yang sudah disajikan. Cara lebih aman adalah dengan mengganti garam atau bahan tambahan dari mie instan dengan bahan-bahan yang ada di rumah.
  2. Mengganti rebusan air menggunakan menggunakan kaldu serta menambahkan bumbu atau rempah-rempah segar ke dalam air.
  3. Masak dengan cara yang lebih sehat yakni dengan menambahkan makanan kaya nutrisi ke dalam mie. Misalnya saja sayur-sayuran, tahu, telur rebus, ayam atau ikan.
  4. Cari mie instan yang menggunakan gandum utuh atau yang mengurangi penggunaan tepung di dalamnya. Meski rasa mie berbahan gandum tidak selezat mie instan pada umumnya, tetapi pengguunaan mie instan jenis ini akan jauh lebih sehat bagi ibu hamil.
  5. Mengganti ide makanan lain yang lebih sehat dibanding mie instan. Saat Mama merasa lapar dan membutuhkan makanan yang cepat, sebaiknya mulai mempersiakan berbagai makanan atau camilan yang jauh lebih sehat dari mie instan.

Itu dia dampak terlalu sering makan mie instan saat hamil, serta tips aman mengonsumsinya bagi ibu hamil. Mama juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan dan juga dokter gizi sebelum mengonsumsi mie instan. 

Semoga informasinya bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan yang sehat ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.