5 Penyebab Perempuan Alami Keguguran Berulang Kali

Ternyata ada banyak hal yang bisa menyebarkan keguguran berulang

17 Mei 2019

5 Penyebab Perempuan Alami Keguguran Berulang Kali
Freepik/Pressfoto.ru

Mendapati kondisi janin sehat merupakan kabar yang membahagikan bagi ibu hamil. Sayangnya tak jarang di tengah kehamilan, kabar buruk berupa keguguran janin harus dihadapi sebagian ibu hamil.

Kabar buruk ini memang seperti petir di siang bolong, apalagi jika Mama pernah mengalami keguguran sebelumnya atau alami keguguran berulang kali.

Mengapa keguguran berulang kali bisa terjadi? Beberapa masalah kesehatan ibu dan janin yang dikandung ditengarai menjadi penyebabnya. Berikut diantaranya:

1. Mengalami sindrom APS

1. Mengalami sindrom APS
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Keguguran berulang yang Mama alami bisa jadi karena sindrom antifosfolipid atau APS.

Ini merupakan sindrom darah kental, yang membuat darah cenderung mengental. 15-20 persen wanita yang mengalami keguguran berulang menderita penyakit ini.

3. Hormon tiroid yang kurang

3. Hormon tiroid kurang
Freepik

Kurangnya hormone tiroid pada ibu hamil rupanya juga ddapat menyebabkan terjadinya keguguran berulang Ma.

Sebab pada ibu yang memiliki hormon tiroid yang rendah, janin tidak dapat berkembang dengan baik sehingga keguguran pun akhirnya tak terhindarkan.

Editors' Picks

2. Menderita thrombophilia

2. Menderita thrombophilia
Freepik

Peyakit ini merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan terjadinya kelainan pembekuan pembuluh darah.

Pembekuan pembuluh darah pada penderita Thrombophilia terbilang lebih cepat dibandingkan dengan orang pada umumnya dan ibu hamil yang menderita penyakit ini terbilang dapat mengalami keguguran berulang kali.

4. Adanya masalah pada rahim

4. Ada masalah rahim
Freepik

Penyebab keguguran berulang berikutnya bisa juga disebabkan karena adanya kelainan pada rahim.

Kelainan pada rahim ini terbilang dapat mempengaruhi perkembangan janin sehingga kemungkinan janin tidak dapat menempel dan bertahan dengan sempurna didalam rahim bisa saja terjadi.

Jadi cek kesehatan Mama yang secara rutin untuk hindari alami keguguran saat hamil.

5. Merokok, konsumsi alkohol, dan kafein

5. Merokok, konsumsi alkohol, kafein
Freepik/Kate Mangostar

Ini memang menjadi musuh bagi ibu hamil. Karena itu, bagi Mama yang perokok ataupun peminum berat harus berhenti demi kesehatan janin yang dikandung.

Sebab konsumsi rokok, alcohol dan minuman atau makanan berkafein secara berlebih dan rutin bisa meningkatkan risiko keguguran berulang.

Baca Juga: Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok Sebelum dan Selama Kehamilan

Bagi Mama yang mengalami keguguran berulang, ada baiknya untuk melakukan tes darah. Dengan tes darah, Mama bisa mengetahui penyebab dari keguguran berulang yang diderita.

Selain melakukan tes darah, pastikan bahwa selama kehamilan Mama telah menjaga kesehatan dengan baik dengan cara menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat.

Menjaga beratbadan ideal dan melakukan tindak ppencegahan terhadap infeksi dalam kehamilan juga penting agar kehamilan tetap sehat dan keguguran kembali terhindarkan.

Baca juga:

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!