Wajib Tahu! Ini 5 Aturan Dasar Makan Sehat selama Hamil

Makan sehat selama hamil bukan berarti Mama harus makan banyak, lho

3 Juni 2020

Wajib Tahu Ini 5 Aturan Dasar Makan Sehat selama Hamil
freepik.com/ronnachaipark

Perubahan selera makan tentunya akan terjadi selama kehamilan, tapi Mama harus tetap mengatur kebutuhan asupan nutrisi harian supaya tetap sehat. Makanan sehat yang Mama konsumsi selama hamil akan sangat mendukung tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan.

Yang perlu Mama ingat, makan yang sehat selama hamil bukan berarti Mama harus makan banyak. Mama tetap harus memerhatikan aturan dasar makan sehat selama kehamilan. Makan sehat akan membantu Mama mencukupi kebutuhan gizi dan juga menjaga berat badan ideal selama kehamilan.

Supaya Mama bisa makan sehat selama hamil, Mama bisa mengikuti aturan dasarnya berikut ini yang sudah Popmama.comlansir dari Babycenter.com.

1. Sesuaikan diet dengan kebutuhan nutrisi saat hamil

1. Sesuaikan diet kebutuhan nutrisi saat hamil
freepik.com/freepik

Hampir semua wanita hamil butuh lebih banyak asupan protein, vitamin, dan mineral tertentu seperti asam folat dan zat besi, serta butuh lebih banyak kalori. Mama bisa menyesuaikan kebutuhan asupan nutrisi apa yang lebih Mama perlukan sesuai dengan kondisi kehamilan mama.

Jika pada awal kehamilan Mama sudah memiliki berat badan yang sehat dan ideal, Mama tidak perlu tambahan kalori pada trimester pertama. Baru pada trimester kedua, Mama butuh sekitar 340 kalori ekstra setiap hari, dan 450 kalori ekstra pada trimester ketiga setiap harinya.

Editors' Picks

2. Hindari makanan berikut selama hamil

2. Hindari makanan berikut selama hamil
freepik.com/andreycherkasov

Beberapa makanan bisa berbahaya bagi kesehatan kehamilan. Makanan berikut ini mengandung bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan janin.

  • Makanan laut mentah seperti kerang dan sushi mentah, serta ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan hiu, ikan pedang, dan mackerel.
  • Susu yang tidak dipasteurisasi, dan keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.
  • Keju lunak, seperti Brie atau Camembert.
  • Keju Meksiko, seperti queso blanco dan panela.
  • Daging dan unggas mentah atau kurang matang

3. Minum suplemen prenatal

3. Minum suplemen prenatal
freepik.com/burkindenis

Dengan perubahan selera makan selama hamil, wanita hamil sering kesulitan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi sehari-hari. Suplemen vitamin-mineral prenatal membantu Mama untuk mendapatkan nutrisi yang Mama dan si Kecil butuhkan dalam kandungan.

Pastikan suplemen prenatal mama mengandung asam folat untuk mencegah cacat lahir tabung syaraf, seperti spina bifida. Dokter kandungan mama mungkin juga akan merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan.

4. Makan porsi kecil, tapi sering

4. Makan porsi kecil, tapi sering
freepik.com/user4265739

Mual, tidak nafsu makan, atau gangguan pencernaan selama hamil membuat mama tidak bisa makan dengan porsi penuh. Kehamilan yang semakin membesar juga akan memadati perut dan organ pencernaan lainnya, sehingga Mama memiliki lebih sedikit ruang untuk makan besar. Karena itulah Mama bisa mencoba makan dengan porsi kecil sesering mungkin, sekitar 5-6 kali sehari.

Sesuaikan pola makan dengan kondisi kehamilan mama, yang paling penting adalah asupan nutrisi mama dan si Kecil selama kehamilan bisa terpenuhi.

5. Katakan tidak pada alkohol dan batasi kafein

5. Katakan tidak alkohol batasi kafein
freepik.com/alexander-safonov

Konsumsi alkohol selama kehamilan bisa mengakibatkan cacat fisik, ketidakmampuan belajar, dan masalah emosional pada anak-anak, sehingga banyak ahli menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi alkohol.

Konsumsi kafein juga harus dibatasi selama hamil, yakni kurang dari 200 mg per hari atau sekitar 12 ons kopi per harinya. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara jumlah kafein dan keguguran yang lebih tinggi atau berat badan lahir rendah.

Sebaiknya Mama pilih minuman yang lebih sehat tanpa kafein, seperti susu skim, 100 persen jus buah, atau air dengan perasan lemon.

Itulah 5 prinsip dasar makan sehat selama hamil yang bisa Mama ikuti untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Selalu pastikan asupan nutrisi Mama dan si Kecil selama dalam kandungan terpenuhi ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.