Umur Berapa Ibu Hamil Mulai Merasakan Ngidam? Benarkah Harus Dituruti?

Beberapa orang percaya bahwa ngidam saat hamil harus dituruti karena bisa berpengaruh pada janin

7 Juni 2021

Umur Berapa Ibu Hamil Mulai Merasakan Ngidam Benarkah Harus Dituruti

Saat hamil, Mama akan merasakan perubahan-perubahan pada tubuh di antaranya keinginan untuk makan makanan tertentu atau melakukan kegiatan tertentu. Kondisi itu biasa disebut ngidam

Ngidam memang identik dengan ibu hamil karena Mama akan memiliki beberapa keinginan yang harus dituruti selama masa kehamilan. 

Kadang kala, Mama ngidam makan makanan manis seperti kue atau cokelat, padahal sebelumnya Mama tidak menyukai makanan manis. Ada juga ibu hamil yang ngidam melakukan kegiatan ekstrem seperti mendaki gunung atau jalan-jalan mengendarai sepeda motor. 

Beberapa orang percaya bahwa ngidam yang dialami ibu hamil harus dituruti karena bisa berpengaruh pada tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Lantas, umur berapa ibu hamil mulai ngidam? Apakah ngidam ibu hamil memang harus dituruti? 

Untuk menjawab rasa penasaran mama, Popmama.com telah merangkum penjelasan seputar ngidam saat hamil dan penyebabnya yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan. 

1. Perubahan hormon sebabkan ngidam

1. Perubahan hormon sebabkan ngidam
Freepik

Sebelum membahas lebih jauh mengenai umur berapa ibu hamil mulai ngidam, sebaiknya Mama mengetahui penyebab ngidam itu sendiri. Untuk diketahui, saat hamil, terjadi perubahan hormon pada tubuh mama. Perubahan hormon itulah yang diyakini sebagai penyebab ngidam pada ibu hamil. 

Pasalnya, perubahan hormon memengaruhi reseptor lidah mama sehingga muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Indra perasa yang lebih peka juga menjadi penyebab ngidam pada ibu hamil. 

Selain keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, terkadang Mama juga tidak ingin makan, mencium aroma tertentu, atau melihat makanan yang sebelumnya begitu disukai. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh mama. 

Editors' Picks

2. Ngidam tanda tubuh kurang nutrisi

2. Ngidam tanda tubuh kurang nutrisi
Freepik/bilahata

Selain disebabkan perubahan hormon, ngidam juga bisa menandakan tubuh mama kekurangan nutrisi tertentu. Misalnya, ketika Mama ngidam makan makanan yang asam, manis, atau asin, bisa saja itu menandakan tubuh mama membutuhkan nutrisi berupa vitamin dan natrium. 

Contoh lainnya, ketika Mama ngidam untuk mengonsumsi mangga muda, itu bisa menandakan bahwa tubuh mama kekurangan zat besi, vitamin C, atau kalsium. Oleh sebab itu, Mama sebaiknya memerhatikan asupan nutrisi harian agar tubuh tetap sehat selama hamil. 

3. Kapan Mama mulai merasakan ngidam?

3. Kapan Mama mulai merasakan ngidam
Pexels/Polina Tankilevitch

Hingga kini memang belum ada patokan usia kehamilan yang menandakan munculnya ngidam pada ibu hamil. Namun, dilansir dari laman Intermountain Healthcare, ngidam umumnya muncul sejak trimester pertama kehamilan ketika kadar hormon dalam tubuh mulai berubah.

Perubahan hormon hingga trimester kedua kehamilan juga menyebabkan ngidam semakin memuncak. Ngidam akan mulai menghilang dengan sendirinya ketika kehamilan memasuki trimester ketiga. 

Meski begitu, ngidam bisa terjadi kapan saja selama masa kehamilan. Maka tidak heran jika seorang ibu hamil bisa ngidam saat hamil muda, sedangkan ibu hamil lainnya baru merasakan ngidam saat hamil tua. 

4. Apakah ngidam harus selalu dituruti?

4. Apakah ngidam harus selalu dituruti
Freepik/diignat

Beberapa orang percaya bahwa ngidam yang dirasakan ibu hamil harus selalu dituruti. Namun, mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Meksi kebutuhan nutrisi meningkat selama kehamilan, Mama tetap harus memerhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar karena bisa menyebabkan diabetes gestasional. Apabila Mama ngidam mengonsumsi makanan manis, sebaiknya batasi porsi makannya agar tubuh mama tetap sehat. Ngidam boleh dituruti selama porsi makanan masih dalam jumlah yang wajar. 

5. Ngidam yang tidak perlu dituruti

5. Ngidam tidak perlu dituruti
Freepik/wirestock

Apabila Mama ngidam untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, sebaiknya perhatikan seberapa bahaya kegiatan tersebut. Apabila kegiatan tersebut dapat membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan, Mama sebaiknya mengurungkan niat untuk melakukannya.

Selain itu, apabila Mama ngidam sesuatu yang tidak wajar seperti mengonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu, tentu saja kondisi tersebut tidak perlu dituruti. Sebab, alkohol dan obat-obatan yang dikonsumsi tanpa resep dokter, dapat menyebabkan keracunan dan membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Itulah jawaban dari pertanyaan mengenai umur berapa ibu hamil mulai ngidam. Ngidam memang kondisi normal yang biasa terjadi selama kehamilan, baik trimester pertama atau trimester ketiga kehamilan. Ngidam tidak perlu selalu dituruti karena Mama masih bisa mengendalikan ngidam yang muncul dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan rutin memeriksakan diri ke dokter. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.