Agar Tidak Kalap dan Tetap Sehat, Ini Tips Atasi Ngidam Saat Hamil!

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan 6 kali sehari dengan porsi mini

1 Desember 2018

Agar Tidak Kalap Tetap Sehat, Ini Tips Atasi Ngidam Saat Hamil
mediaself.com

Fase “ngidam” atau food cravings selalu menjadi tanda hamil yang paling umum dirasakan bagi para perempuan di luar sana. 

Mengingat bahwa ada begitu banyak hal yang diinginkan oleh ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama, maka bukan tidak mungkin juga jika Mama mengidamkan makanan yang tidak sehat, bukan?

Meskipun hal tersebut seringkali terjadi, namun perlu diingat pula bahwa kini Mama sedang mengandung bayi yang memerlukan nutrisi dan asupan gizi yang cukup, bukan makanan tidak sehat yang justru akan menghambat pertumbuhannya di dalam perut.

Maka dari itu, untuk menyeimbangkan antara makanan yang diidamkan dengan makanan sehat, jalan satu-satunya yang dapat Mama lakukan adalah dengan melakukan 6 hal mudah ala Popmama.com di bawah ini.

Simak baik-baik dan jangan sampai ada yang terlewatkan ya, Ma!

1. Mencukupi asupan protein dan nutrisi

1. Mencukupi asupan protein nutrisi
healthmummy,.com

Untuk mencukupi asupan protein dan nutrisi pada janin, maka jangan lupa untuk mengonsumsi roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan produk-produk olahan sapi yang rendah lemak.

Dengan cara ini, janin tetap bisa mendapatkan sumber protein dan nutrisi yang dibutuhkannya meskipun tidak jarang Mama mengonsumsi beberapa makanan yang tidak sehat.

Meskipun merasa bahwa Mama telah mencukupi segala kebutuhannya, namun bukan berarti Mama bisa mengonsumsi makanan tidak sehat lainnya hanya untuk memuaskan 
hasrat mengidam Mama.

Cobalah untuk tetap mengontrolnya, setidaknya saat Mama sedang mengandung si Kecil di dalam perut.

Kasihan kan Ma kalau ia harus menerima dampak makanan tidak sehat yang Mama konsumsi.

2. Makan secara rutin

2. Makan secara rutin
parent24.com

Jika Mama merasa seringkali lapar atau justru tidak nafsu makan di masa awal kehamilan, maka hal tersebut merupakan kondisi yang wajar. 

Sudah dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah makhluk kecil yang berdiam di perut Mama.

Nah, untuk mengontrol pola makan Mama yang berantakan di masa kehamilan, hal yang dapat Mama lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sebanyak 4 kali sehari dengan porsi normal.

Namun, jika Mama hanya bisa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, maka usahakan untuk mengomsumsinya sebanyak 6 kali sehari ya agar nutrisi si Kecil tetap dapat terpenuhi.

3. Melakukan aktivitas fisik

3. Melakukan aktivitas fisik
anmum.com

Tidak melulu tentang makanan, Mama juga perlu melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu menguras tenaga.

Lakukanlah hal-hal simpel seperti berjalan kecil.

Ingat ya Ma, pada kehamilan trimester pertama, janin yang ada di dalam perut belum terlalu kuat, jadi pastikan bahwa kegiatan Mama tidak akan banyak menguras tenaga dan pastinya tidak mencelakakan kondisi si Kecil di dalam perut.

Editors' Picks

4. Sebisa mungkin, alihkan pikiran dari makanan yang diidamkan

4. Sebisa mungkin, alihkan pikiran dari makanan diidamkan
fitpregnancy.mdpcdn.com

Mengidamkan suatu makanan pada masa kehamilan memanglah hal yang wajar, namun pastikan kalau apa yang Mama inginkan bukanlah hal yang aneh dan sulit untuk di dapatkan.

Jika Mama merasa sudah mengidamkan hal-hal yang aneh, ada baiknya jika Mama mengalihkan pikiran akan makanan tersebut ke kegiatan lain yang lebih positif, misalnya seperti menjahit atau memasak makanan favorit Papa.

5. Tambahkan menu makanan sehat dalam makanan yang dikonsumsi

5. Tambahkan menu makanan sehat dalam makanan dikonsumsi
skinnyms.com

Jika Mama sudah bisa menahan hasrat akan mengonsumsi makanan tidak sehat, maka usahakan untuk tetap menambahkan sayuran ataupun makanan sehat lainnya ke dalam menu makanan Mama.

Meskipun sepele, namun hal tersebut setidaknya dapat menetralisir racun yang terdapat dalam makanan tidak sehat yang Mama konsumsi lho!

Jadi, jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah ke dalam makanan Mama ya.

6. Hindari makanan mentah

6. Hindari makanan mentah
jpninfo.com

Selalu hindari makanan mentah, meskipun Mama sangat mengidamkan makanan tersebut.

Pasalnya, haram bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sayuran mentah, serta telur, daging, dan ikan mentah.

Bukan sekedar larangan biasa, makanan tersebut tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena terdapat banyak bakteri yang terkandung di dalamnya, seperti bakteri salmonela dan parasit toksoplasmosis.

Bakteri salmonela dapat mengakibatkan Sang Ibu terkena typus atau keracunan makanan bagi bayi dalam kandungan hingga memicu keguguran.

Sedangkan parasit toksoplasmosis atau infeksi akibat toksoplasmosis dapat mengancam pertumbuhan janin seperti cacat bawaan antara lain kerusakan pada otak atau mata hingga menyebabkan keguguran.

Nah, itulah 6 hal yang perlu Mama lakukan ketika mengidam di masa kehamilan trimester pertama.

Jangan sampai makanan yang Mama idamkan dapat mengancam keselamatan si Kecil ya, Ma.