Apa Saja Perbedaan antara Kehamilan Pertama dan Kedua?

Mama akan mengalami perubahan dan kejutan selama kehamilan kedua

25 September 2020

Apa Saja Perbedaan antara Kehamilan Pertama Kedua
Pexels/Andreas Wohlfahrt

Kehamilan adalah salah satu momen yang dinanti oleh keluarga, baik itu kehamilan pertama, kedua, ketiga, atau bahkan lebih.

Kehamilan kedua memang memiliki perbedaan dengan kehamilan pertama. Terlepas dari kenyataan bahwa Mama sudah pernah mengalaminya sebelum ini, Mama akan menghadapi beberapa kejutan, baik fisik maupun mental. Selain itu, Mama juga harus mempersiapkan calon kakak untuk menyambut kelahiran.

Untuk membantu Mama mempersiapkan kehamilan, berikut Popmama.com akan mengulas perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua. Apa saja, ya?

1. Perbedaan fisik

1. Perbedaan fisik
Freepik

Secara fisik, Mama akan mengalami banyak sensasi menarik dan perkembangan kehamilan lebih cepat dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Ini karena rahim cenderung tidak mengempis setelah meregang sebelumnya. Selain itu juga karena Mama lebih menyadari akan apa yang Mama rasakan. Ini termasuk lebih menyadari pergerakan janin selama masa kehamilan kedua ini, Ma.

Editors' Picks

2. Pemeriksaan kandungan

2. Pemeriksaan kandungan
Freepik/pressfoto

Meski Mama sudah mengalami kehamilan sebelumnya dan lebih sadar akan perubahan, perawatan prenatal cenderung sama dengan perawatan yang Mama terima pada kehamilan pertama. Setiap kehamilan itu unik dan membutuhkan tingkat perawatan yang sama.

Ini berarti Mama harus melakukan pemeriksaan prenatal pada frekuensi yang sama seperti yang dilakukan dengan kehamilan sebelumnya. Mama akan menjalani pemeriksaan dasar yang sama seperti yang dilakukan pada kehamilan pertama.

Jika Mama mengalami komplikasi pada kehamilan pertama, mungkin ada kebutuhan untuk meningkatkan pemantauan pada kehamilan kedua. Contohnya jika Mama mengalami diabetes gestasional pada kehamilan pertama, pemantauan kehamilan mungkin akan lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

Pada kehamilan kedua, Mama mungkin mengalami kontraksi palsu yang lebih sering dan mungkin lebih menyakitkan, terutama menjelang akhir kehamilan.

3. Perbedaan emosional dan mental

3. Perbedaan emosional mental
Freepik/tirachardz
ilustrasi

Dengan kehamilan pertama, Mama mungkin menghabiskan banyak energi mental dan emosional untuk mempersiapkan kelahiran anak pertama.

Sekarang karena Mama memiliki anak lain untuk diasuh, Mama tidak akan terlalu stres atau emosional seperti pada kehamilan pertama. Ini adalah reaksi yang normal dan sama sekali bukan indikasi bahwa Mama tidak mencintai bayi kedua.

Mama juga mungkin khawatir bagaimana membagi cinta. Ingatlah bahwa janin yang ada di dalam kandungan adalah individu yang berbeda dan akan memiliki bakat dan karakteristik uniknya sendiri. Cinta bukanlah angka yang terbatas melainkan merupakan persediaan emosi yang tidak pernah berakhir.

Jadi luangkan waktu Mama. Mama mungkin harus meluangkan waktu untuk jatuh cinta dengan bayi kedua, ini bahkan terjadi dengan bayi pertama, Ma.

4. Pikiran akan proses persalinan

4. Pikiran akan proses persalinan
Scarymommy.com

Ada yang menyebutkan bahwa ibu baru khawatir akan kelahiran karena mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Sedangkan ibu yang sudah hamil sebelumnya khawatir karena mereka tahu apa yang diharapkan. Apakah ini benar?

Kecemasan tentang persalinan yang akan datang sangat normal. Terlepas dari kenyataan bahwa Mama pernah melahirkan sebelumnya, sangat normal jika Mama mempertanyakan bagaimana proses persalinan kedua akan berjalan. Ini mungkin termasuk mencoba untuk menghindari beberapa hal yang terjadi sebelumnya atau untuk memastikan bahwa itu berjalan seperti yang pertama.

Mama dapat mengatasi rasa cemas akan persalinan dengan berkonsultasi kepada dokter atau melakukan kelas melahirkan.

Banyak ibu yang sedang hamil untuk kedua kali mungkin cemas tentang persalinan dan kelahiran karena apa yang mereka ketahui dari pengalaman sebelumnya. Di saat ini Mama juga terbuka terhadap lebih banyak kemungkinan, mengetahui bahwa persalinan bukanlah hal yang dapat diprediksi. Ini juga memberi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan dan fokus pada kehamilan ini.

Itulah perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua. Cobalah untuk menikmati kehamilan kedua ini, Ma. Perbedaan selalu ada, jadi tidak perlu terlalu cemas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.