Jangan Asal Minum, Ini 4 Jenis Minuman Terbaik untuk Ibu Hamil

Kebutuhan tubuh akan air meningkat selama kehamilan, pastikan selalu terhidrasi, Ma

11 Desember 2020

Jangan Asal Minum, Ini 4 Jenis Minuman Terbaik Ibu Hamil
Freepik/phduet

Kebutuhan tubuh akan air meningkat selama kehamilan. Sehingga sangat penting bagi Mama untuk tetap terhidrasi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tubuh mama dan janin sebagian besar terdiri dari cairan. Mama membutuhkan lebih banyak cairan untuk mendukung peningkatan volume darah, serta untuk menghasilkan cairan ketuban yang cukup dan mendukung sirkulasi janin yang sehat.

Pemenuhan cairan dapat membantu mengatasi keluhan kehamilan umum seperti ISK, sembelit, wasir, dan kelelahan. Ini juga akan membantu Mama mengganti cairan yang hilang karena berkeringat saat hamil.

Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk minum minimal 10 gelas air setiap hari. Tetapi tidak semua harus dalam bentuk air putih. Buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi (seperti semangka, mentimun, tomat, jeruk) juga dapat membantu Mama tetap terhidrasi, seperti halnya minuman sehat lainnya.

Berikut beberapa jenis minuman yang baik untuk ibu hamil yang dirangkum Popmama.com.

1. Air putih

1. Air putih
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jadikan air putih sebagai minuman utama selama kehamilan. Air membantu tubuh menyerap nutrisi penting dari makanan. Sel darah kaya nutrisi itulah yang mencapai plasenta dan janin.

Menjadikan air putih sebagai minuman penunjang kehamilan juga merupakan cara mudah untuk menghindari konsumsi kalori dan gula berlebih. Sehingga dapat membantu Mama menjaga berat badan selama kehamilan.

Ini juga merupakan strategi cerdas untuk menjaga kadar gula darah, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.

Jika Mama tidak dapat menghabiskan segelas besar air karena itu membuat Mama merasa mual, jangan dipaksa. Mama dapat meminumnya sedikit demi sedikit.

Menambahkan irisan strawberry atau timun untuk menambah rasa juga diperbolehkan, Ma.

Editors' Picks

2. Susu rendah lemak

2. Susu rendah lemak
Unsplash/Nikolai Chernichenko

Mama membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga sistem peredaran darah, otot, dan saraf mama tetap berfungsi dengan baik.

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Meskipun Mama bisa mendapatkan kalsium dari makanan non-susu seperti brokoli atau kangkung, makanan olahan susu seperti susu, yoghurt, dan keju adalah cara lain yang menyenangkan untuk memenuhi asupan kalsium harian.

Protein dalam susu juga bermanfaat selama kehamilan, Ma. Protein mendukung pertumbuhan janin secara keseluruhan. Selain itu juga dapat membantu Mama tetap kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

Selain susu sapi, susu kedelai juga dapat dijadikan pilihan untuk pemenuhan protein dan kalsium meski tidak sebaik susu hewani.

3. Teh jahe

3. Teh jahe
Freepik/jcomp

Teh jahe panas atau dingin adalah pilihan yang aman diminum selama kehamilan dan bahkan memiliki beberapa manfaat tambahan. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menenangkan perut yang tidak stabil dan meredakan mual terkait kehamilan.

Karena sulit untuk mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam teh herbal dalam kemasan, Mama dapat membuat sendiri teh jahe di rumah. Seduh irisan jahe di segelas air panas, biarkan beberapa saat dan siap untuk dinikmati.

4. Smoothie buah dan sayuran

4. Smoothie buah sayuran
Freepik

Smoothie adalah cara cepat dan mudah untuk mengonsumsi buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran yang dicampur adalah cara yang enak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan memastikan Mama tetap terhidrasi.

Usahakan untuk tidak menambahkan gula pada smoothie, Mama dapat menggunakan buah untuk pemanis alami. Agar smoothie dapat membuat Mama kenyang lebih lama, tambahkan sumber lemak sehat seperti selai kacang atau almond.

Jenis Minuman yang Harus Dibatasi atau Dihindari selama Kehamilan

Jenis Minuman Harus Dibatasi atau Dihindari selama Kehamilan
Pexels/Chris F

Sekarang setelah Mama mengetahui jenis minuman terbaik untuk ibu hamil, ketahui jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat hamil:

  • Alkohol.
  • Jus dan susu yang tidak dipasteurisasi karena dapat mengandung bakteri.

Mama juga harus membatasi beberapa jenis minuman berikut:

  • Minuman berkafein
  • Soda
  • Jus kotak

Itulah tadi jenis minuman yang baik untuk ibu hamil yang bisa Mama konsumsi setiap hari. Tetap terhidrasi adalah suatu keharusan untuk kehamilan yang sehat. Jangan lupa untuk menjadikan air putih sebagai asupan cairan utama mama. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.