Risiko Paparan Radiasi, Apakah Laptop Aman Digunakan oleh Ibu Hamil?

Cek dulu faktor keamanannya sebelum menggunakan laptop, Ma

13 Juni 2021

Risiko Paparan Radiasi, Apakah Laptop Aman Digunakan oleh Ibu Hamil
Freepik/lookstudio

Laptop menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja termasuk ibu hamil. Tetapi apakah laptop aman untuk digunakan? Bagaimana dengan radiasi yang dipancarkan dari laptop, apakah akan memengaruhi perkembangan janin?

Berita baiknya, tidak ada masalah radiasi yang terkait dengan penggunaan laptop. Jadi Mama boleh bernapas lega jika harus bekerja dengan menggunakan laptop.

Tetapi masih ada beberapa risiko yang harus diperhatikan dalam menggunakan laptop. Apa saja ya? Jawabannya ada pada ulasan Popmama.com berikut ini soal keamanan penggunaan laptop pada ibu hamil.

Apakah Laptop Aman untuk Digunakan selama Kehamilan?

Apakah Laptop Aman Digunakan selama Kehamilan
Freepik /Freepik
Abadikan momen kehamilan mama dengan berbagai cara yang unik.

Jawabannya adalah ya. Tidak ada masalah terkait radiasi dari penggunaan laptop atau komputer yang akan memengaruhi kehamilan dan janin. Tetapi hindari penggunaan laptop terus menerus, Ma. Ini berkaitan dengan duduk terlalu lama atau mata lelah.

Ingatlah bahwa laptop dapat mengeluarkan banyak panas, jadi jangan meletakkannya di perut karena jika terlalu panas dapat membahayakan janin.

Juga sebaiknya hindari meletakkan laptop mama langsung di paha, karena panas yang ditimbulkan oleh laptop. Letakkan laptop di atas meja atau di atas bantal di pangkuan. Mama juga bisa menggunakan alas pendingin laptop.

Editors' Picks

Paparan Radiasi dari Laptop dan Televisi selama Kehamilan

Paparan Radiasi dari Laptop Televisi selama Kehamilan
Freepik/katemangostar

Tidak ada masalah radiasi yang terkait dengan penggunaan laptop atau komputer apa pun selama kehamilan mama. Karena laptop mengeluarkan cukup banyak panas, tidak disarankan untuk meletakkannya di perut, tetapi menggunakannya di pangkuan (paha) tidak masalah.

Istilah radiasi adalah istilah luas yang mencakup sejumlah besar energi gelombang (spektrum elektromagnetik) yang dapat kita paparkan. Di salah satu ujung spektrum energi adalah radiasi pengion, yaitu sinar x. Di ujung lain adalah radiasi nonionizing. Komputer memancarkan radiasi nonionisasi. Kita terpapar radiasi jenis ini dari berbagai sumber—ponsel, selimut listrik, gelombang mikro, atau radio AM/FM.

Tidak ada radiasi pengion terukur (sinar x) yang dipancarkan dari monitor komputer. Radiasi nonionisasi atau radiasi elektromagnetik yang mungkin dipancarkan juga tidak mewakili risiko reproduksi. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa baik cacat lahir maupun keguguran tidak berhubungan dengan bekerja di depan komputer.

Meskipun radiasi tidak menjadi masalah, Mama harus waspada terhadap kemungkinan ketegangan mata atau masalah punggung karena duduk di depan layar untuk waktu yang lama. Istirahat berkala dari bekerja di komputer adalah bijaksana baik saat Mama sedang hamil atau tidak.

Efek Samping dari Penggunaan Laptop saat Hamil

Efek Samping dari Penggunaan Laptop saat Hamil
Freepik/jcomp

Mama mungkin tergoda untuk menggunakan baby bump sebagai alas laptop. Posisi ini tidak disarankan, tetapi bukan karena gelombang elektromagnetik yang berbahaya.

Laptop menjadi panas saat digunakan, jadi Mama harus selalu menghindari meletakkannya langsung pada baby bump. Panas yang ekstrem telah diketahui menyebabkan cacat lahir yang serius, karena menghambat siklus pertumbuhan normal.

Selain tingkat panas yang tinggi yang dapat membahayakan janin, menggunakan laptop dalam posisi duduk yang santai dapat membuat tubuh sakit dalam jangka panjang. Duduk untuk waktu yang lama saat hamil telah dikaitkan dengan pembekuan darah, terutama jika tekanannya berada di tempat yang tidak biasa.

Mama harus memastikan untuk duduk dengan postur yang benar saat hamil dengan meletakkan laptop di atas meja atau meja dan duduk tegak di kursi. Dengan begitu, panas tidak akan sampai ke janin, dan Mama akan mengalami lebih sedikit nyeri punggung dan lengan dalam jangka panjang.

Tips Menggunakan Laptop yang Aman saat Hamil

Tips Menggunakan Laptop Aman saat Hamil
Freepik.com/Freepik

Saat menggunakan komputer selama kehamilan dan setelahnya, hal utama yang harus diingat adalah menjaga kesehatan dan kenyamanan. Ikuti langkah ini:

  • Beristirahatlah secara teratur, dan pastikan Mama bangun dan bergerak secara teratur. Ini akan membantu untuk menghindari pembengkakan di kaki dari duduk untuk waktu yang lama.
  • Sesuaikan kursi dan komputer agar postur tubuh baik. Pastikan mata sama tingginya dengan bagian atas layar agar leher tidak tegang. Berhati-hatilah agar punggung ditopang dengan baik dengan kaki rata di lantai atau bersandar pada sandaran kaki.
  • Jika Mama memakai lensa kontak, Mama mungkin merasa kurang nyaman selama kehamilan, karena retensi air dapat memengaruhi bentuk bola mata. Mama juga lebih mungkin menderita mata kering. Gunakan kacamata pelindung untuk mengatasinya.

Itulah informasi mengenai keamanan penggunaan laptop saat hamil. Meski radiasi yang dipancarkan laptop tidak terbukti dapat mengganggu perkembangan janin, penggunaan laptop dalam jangka waktu lama juga tidak disarankan. Jangan lupa beristirahat saat menggunakan laptop ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.