Bisa Dilakukan Sendiri, Inilah Perawatan Mudah untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Selain menjaga kesehatan, rutinitas perawatan ini jadi investasi dan sarana memanjakan diri

9 Juni 2021

Bisa Dilakukan Sendiri, Inilah Perawatan Mudah Ibu Hamil 2 Bulan
Freepik/KamranAydinov

Selamat, Ma, bulan pertama kehamilan telah dilewati. Meski sebagian Mama mengalami berbagai tantangan dan kesulitan di bulan pertama kehamilan, tetapi Mama pasti bisa menjalaninya dengan baik di bulan kedua ini. 

Di bulan kedua kehamilan ini, Mama akan mulai merasakan perubahan-perubahan di tubuh mama walaupun belum signifikan. Untuk itulah perawatan diri itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan diri sendiri. 

Kali ini Popmama.com punya beberapa tips perawatan untuk ibu hamil dua bulan yang bisa Mama lakukan sendiri di rumah:

1. Perawatan kulit untuk mencegah stretch marks

1. Perawatan kulit mencegah stretch marks
Freepik/sri_sakorn42

Di usia kehamilan dua bulan ini, mungkin stretch marks belum muncul. Tetapi tak ada salahnya merawat kulit sejak dini untuk mencegah munculnya garis-garis berlekuk yang berbeda warna di beberapa area tubuh mama. 

Jangan tunggu sampai stretch marks meluas, Ma. Mulai sekarang rajin-rajinlah menggunakan pelembap di seluruh tubuh. Khususnya pada bagian-bagian yang terdapat penumpukan lemak, seperti perut, paha, maupun bokong. Pilih pelembap yang dapat menghidrasi kulit dengan baik, misalnya minyak zaitun atau minyak almond.

Editors' Picks

2. Perawatan kulit kering dan bersisik

2. Perawatan kulit kering bersisik
Pexels/cottonbro

Sebagian ibu hamil merasakan perubahan pada kulit yang cukup drastis, antara lain adalah kulit kering dan bersisik. Tentu saja masalah kulit kering ini cukup mengganggu ya, Ma. Selain menimbulkan rasa gatal dan mudah terluka jika tergores, kulit kering dan bersisik juga mengganggu penampilan. 

Untuk merawat kulit kering ini, Mama bisa menggunakan losion yang mengandung bahan yang mengikat air serta menghidrasi dengan baik. Pilih losion yang mengandung shea butter, cocoa butter, minyak zaitun, atau pun minyak almond. Selain itu, pastikan Mama banyak minum air putih ya untuk mendukung kelembapan kulit dari dalam dan mencegah dehidrasi.

3. Perawatan gigi dan gusi

3. Perawatan gigi gusi
Freepik/serhii_bobyk

Kehamilan turut memengaruhi kesehatan gigi dan gusi lho, Ma. Meski mungkin terdengar janggal, tetapi di masa kehamilan gigi dan gusi mengalami perubahan karena hormon. Beberapa ibu hamil mengeluhkan gusi yang mudah berdarah di usia kehamilan dua bulan ini. 

Gigi dan gusi tidak dapat disepelekan begitu saja. Penting untuk menjaga dan merawatnya, terutama bagi Mama yang memiliki masalah gigi berlubang karena bakteri yang masuk dapat memengaruhi kesehatan janin. 

Terapkan kebiasaan menyikat gigi rutin setiap selesai makan dan sebelum tidur. Periksakan diri ke dokter gigi secara berkala karena perubahan hormon meningkatkan risiko berbagai penyakit mulut dan gusi serta memperparah penyakit yang telah diderita sebelumnya

4. Perawatan wajah yang disebabkan oleh jerawat

4. Perawatan wajah disebabkan oleh jerawat
Freepik/gpointstudio

Sekali lagi hormon 'berulah' dalam kehamilan yang memunculkan berbagai masalah kulit, antara lain jerawat. Fluktuasi hormon menyebabkan produksi minyak berlebih di area wajah. 

Jerawat di masa kehamilan dapat diatasi dengan perawatan rumahan maupun obat-obatan. Pilih sabun wajah yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang lembut. Hindari penggunaan produk eksfoliasi, seperti facial scrub, yang justru dapat memperburuk kondisi jerawat. 

Meskipun mungkin Mama merasa gemas, tetapi jangan memencet jerawat karena dapat menyebabkan iritasi dan bekas jerawat yang membandel. Selain itu hindari terlalu sering menyentuh area wajah dan tak perlu terlalu sering mencuci muka karena dapat menyebabkan jerawat semakin banyak.

Hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit berjerawat karena beberapa bahan aktif dapat memengaruhi kehamilan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mama sebelum memutuskan menggunakan produk perawatan jerawat.

5. Perawatan area genital yang gatal

5. Perawatan area genital gatal
Freepik/gballgiggsphoto

Salah satu masalah yang mengganggu kenyamanan di masa kehamilan yang biasanya muncul sejak trimester pertama adalah gatal pada vagina. Hal ini termasuk umum sebagai akibat perubahan hormon pada tubuh mama. Tetapi, penyebab lainnya bisa dikarenakan hal lain di luar kehamilan, misalnya vaginosis bakterial, infeksi jamur, kekeringan vagina, sensitivitas terhadap produk seperti deterjen dan pelembut pakaian, hingga koletasis.

Untuk problem ini, pengobatannya disesuaikan dengan penyebab gatalnya. Secara umum, jika vagina mama terasa gatal di masa kehamilan, pastikan untuk menjaga area vagina senantiasa kering dengan rutin mengganti celana dalam dua kali sehari atau setiap kali basah. Pilih produk deterjen alami yang lembut untuk mencuci pakaian dalam. Bersihkan area vagina secara rutin menggunakan air dan kompres dingin. 

Dokter akan meresepkan antibiotik atau obat jamur jika diperlukan untuk mengatasi masalah yang diderita. 

Itu dia perawatan ibu hamil dua bulan untuk menjaga kesehatan di masa kehamilan. Perawatan-perawatan ini mudah dilakukan kok, Ma. Jadikan perawatan ini sebagai rutinitas untuk memanjakan diri di masa kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.