Seperti Apa Perubahan Payudara di Minggu Pertama Kehamilan?

Tidak tampak membesar tapi kok terasa berat ya?

4 Agustus 2021

Seperti Apa Perubahan Payudara Minggu Pertama Kehamilan
Pexels/Karolina Grabowska

Kehamilan mengubah banyak hal dalam diri seorang perempuan. Tak terkecuali tubuh mama yang membawa sang Janin ke dunia ini. Perubahan-perubahan pada tubuh saat hamil memang tidak tampak langsung secara signifikan. Namun, biasanya perubahan awal yang tampak terjadi adalah pada payudara.

Seperti apa sih perubahan payudara pada minggu pertama kehamilan? Kali ini Popmama.com merangkum penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber:

Apakah Rasa Sakit pada Payudara Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

Apakah Rasa Sakit Payudara Merupakan Tanda Awal Kehamilan
Freepik/wayhomestudio

Ya, bisa jadi rasa sakit pada payudara merupakan tanda awal kehamilan, bahkan sebelum Mama mendapati hasil tes kehamilan yang positif. Perubahan lain pada payudara yang mungkin terjadi di minggu awal kehamilan, antara lain payudara membengkak, terasa nyeri, dan lembut.

Editors' Picks

Perubahan Payudara pada Minggu Pertama Kehamilan

Perubahan Payudara Minggu Pertama Kehamilan
Unsplash/Dainis Graveris

Dilansir dari Healthline, selama minggu-minggu awal kehamilan, Mama akan merasakan nyeri pada payudara dengan rasa sakit yang tumpul disertai pegal-pegal. Pada minggu awal ini perubahan hormon membuat payudara menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan sehingga aktivitas-aktivitas seperti berolahraga menjadi tidak nyaman. 

Di minggu pertama ini ukuran payudara mama tidak akan mengalami perubahan yang tampak kasat mata. Tetapi akan berubah ukurannya secara bertahap seiring berjalannya waktu. 

Payudaraku Terasa Berat, Apakah Normal?

Payudaraku Terasa Berat, Apakah Normal
Pexels/sorashimazaki

Di minggu pertama kehamilan hingga trimester pertama kehamilan, banyak ibu hamil yang mengeluhkan payudara yang terasa penuh dan berat. Hal ini normal kok, Ma. Beberapa ibu hamil juga mengalami sensasi kesemutan pada puting dan areola selama trimester pertama. 

Perubahan yang Terjadi pada Puting Payudara di Trimester Pertama

Perubahan Terjadi Puting Payudara Trimester Pertama
Freepik/freepic.diller

Bagi banyak ibu hamil, puting yang menjadi sangat sensitif di minggu-minggu awal ini terasa cukup mengganggu. Puting terasa lembut saat disentuh sehingga sakit terkena gesekan bra atau saat mandi. 

Di trimester pertama, puting payudara mengalami pembesaran ukuran dan warna areola lebih gelap daripada biasanya. Puting mama juga mungkin akan mulai mengembangkan tuberkel Montgomery di areola. Benjolan kecil ini tidak sakit dan bekerja seperti antiseptik dan pelumas untuk membantu mendukung menyusui kelak. 

Memilih Bra yang Tepat sejak Awal Kehamilan

Memilih Bra Tepat sejak Awal Kehamilan
Pixabay/fsHH

Payudara mama akan terus berkembang selama masa kehamilan. Oleh karena itu diperlukan bra yang tepat sesuai dengan perkembangannya. 

Ada tiga prinsip dalam memilih bra di masa kehamilan, yaitu kenyamanan, kemampuan menyangga, dan kemudahan penggunaan. Ingatlah bahwa payudara akan terus membesar di masa ini sehingga bra yang dapat menyesuaikan dengan perubahan ukuran sangat disarankan. Pilihan lain adalah pertimbangkan membeli beberapa bra dalam berbagai ukuran dengan warna-warna dasar yang dapat digunakan sehari-hari.

Sediakan pula bra khusus untuk tidur. Semakin membesarnya payudara dan semakin berat, rasanya lebih nyaman bila tidur dengan mengenakan bra ketimbang tidak sama sekali. 

Berikut ini beberapa hal mendasar yang dapat diterapkan dalam membeli bra khusus kehamilan:

  • Pilih bra dengan bahan kain yang lembut, seperti katun
  • Pilih bra dengan tali pengikat yang pas dan suportif di bawah garis payudara dan tali bahu yang lebar
  • Hindari kawat penyangga yang membuat payudara tidak nyaman di masa-masa sensitif ini

Itulah informasi mengenai perubahan payudara di minggu pertama kehamilan. Semoga informasi di atas dapat membantu ya, Ma!

Baca juga:


 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.