Bagaimana Rahim Ganda Memengaruhi Kehamilan?

Rahim ganda merupakan kondisi yang cukup langka di mana seorang perempuan memiliki dua rahim

23 Juli 2022

Bagaimana Rahim Ganda Memengaruhi Kehamilan
Freepik/Jcomp

Di dalam sistem reproduksi, pada umumnya perempuan hanya memiliki satu rahim. Namun terdapat beberapa kasus di mana seorang perempuan memiliki dua rahim. Kondisi ini dikenal dengan istilah double uterus.

Double uterus atau rahim ganda merupakan kelainan bawaan yang terjadi saat janin perempuan berada di dalam rahim ibunya.

Pada umumnya, setiap rahim dimulai sebagai dua saluran kecil yang dikenal sebagai saluran Mullerian. Saluran ini biasanya menyatu dan kemudian membentuk satu rahim. Namun, dalam kasus ini, saluran tersebut tidak menyatu dan membentuk dua uterus.

Mengingat rahim atau uterus ini merupakan tempat menampung sel telur yang telah dibuahi oleh sperma hingga menjadi janin, lalu bagaimana seseorang yang memilki dua rahim? Apakah kondisi ini bisa mempengaruhi kehamilan?

Jika iya, bagaimana rahim ganda memengaruhi kehamilan? Kali ini Popmama.com telah rangkum informasinya dari berbagai sumber. Yuk, kita simak sama-sama!

Apa itu Rahim Ganda, dan Apa Penyebab Seseorang Bisa Memiliki Rahim Ganda?

Apa itu Rahim Ganda, Apa Penyebab Seseorang Bisa Memiliki Rahim Ganda
Freepik/marymarkevlch

Rahim ganda atau double uterus merupakan kondisi yang cukup langka di mana seorang perempuan memiliki dua rahim. Kondisi ini merupakan bawaan yang terjadi saat janin perempuan berada di dalam rahim ibunya ketika saluran Mullerian gagal menyatu dan berkembang.

Pada umumnya, saluran Mullerian ini menyatu dan kemudian membentuk satu rahim. Namun, dalam kasus ini, saluran tersebut tidak menyatu dan akhirnya membentuk dua uterus.

Sampai saat ini, penyebab dari double uterus belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menyatakan bahwa kelainan ini bisa terjadi karena genetika yang diturunkan dari keluarga.

Editors' Picks

Apakah Kondisi Rahim Ganda Menunjukkan Gejala?

Apakah Kondisi Rahim Ganda Menunjukkan Gejala
Pexels/Amina Filkins

Sayangnya, seseorang yang memiliki rahim ganda seringkali tidak menunjukkan gejala. Sehingga seorang perempuan bisa saja tidak mengetahui jika ia mengalami kondisi ini.

Kondisi rahim ganda dapat ditemukan selama pemeriksaan panggul rutin atau selama prosedur pencitraan untuk memastikan penyebab keguguran berulang.

Selain itu, perempuan dengan rahim ganda harus memeriksakan diri ke dokter jika darah saat menstruasi yang dihasilkan sangat berlebih.

Bagaimana Rahim Ganda Bisa Diidentifikasi?

Bagaimana Rahim Ganda Bisa Diidentifikasi
Freepik
  • Melalui Tes USG

Tes USG atau ultrasonografi dapat dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki rahim ganda atau tidak.

Sonografer akan menempatkan beberapa jeli dingin di ujung alat yang bernama transduser dan menyebarkannya ke perut untuk memeriksa rahim dengan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar bagian dalam tubuh.

Jika ingin melihat kondisi yang lebih jelas, biasanya sonografer akan merekomendasikan USG transvaginal, dimana transduser ke dalam vagina.

  • Tes Sonohisterogram

Pada dasarnya, tes sonohisterogram ini merupajan USG jenis lain. Pada tes ini gambar rahim diambil setelah cairan disuntikkan ke dalam rahim dengan tabung sempit yang dimasukkan ke dalam vagina. Hal ini ditujukan untuk membantu dokter mendeteksi penyimpangan dalam bentuk rahim.

  • MRI

Salah satu tes lain yang dapat mengidentidikasi rahim ganda adalah pemindaian MRI. MRI atau Magnetic Resonance Imaging ini merupakan tes menggunakan teknik pemindaian radiologi yang menggunakan magnet gelombang radio, dan komputer untuk menghasilkan gambar struktur tubuh.

  • Histerosalpingografi (HSG)

Pada tes histerosalpingografi, pewarna akan disuntikkan ke dalam rahim melalui serviks. Setelah itu, melalui bantuan sinar-X, dokter akan melihat skala dan bentuk rahim melalui pewarna yang dimasukkan.

Bagaimana Rahim Ganda Memengaruhi Kehamilan?

Bagaimana Rahim Ganda Memengaruhi Kehamilan
Pexels/PNW Production

Seorang perempuan yang memiliki rahim ganda akan tetap bisa hamil, tetapi kehamilanya ini dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran atau persalinan prematur.

Perempuan yang memiliki rahim ganda selama kehamilan harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Pada umumnya dokter akan meminta perempuan yang memiliki rahim ganda untuk selalu berhati-hati dan akan mengawasi kehamilan dan melihat bagaimana bayi berkembang.

Selain itu, jika bayi tidak dalam kondisi baik, dokter biasanya dapat merekomendasikan persalinan dini dengan operasi caesar (C-section).

Apakah Rahim Ganda dapat Diobati?

Apakah Rahim Ganda dapat Diobati
Freepik/freepik

Pada umumnya seseorang yang memiliki rahim ganda dan tidak menunjukan gejala, dokter hanya akan melakukan pemeriksaan dan pemantauan secara berkala.

Namun, apabila rahim ganda itu membuat seorang perempuan selalu mengalami keguguran berulang dan sangat mengganggu, dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Operasi ini ditujukan untuk mengangkat selaput pemisah.

Kemungkinan besar operasi itu akan membantu mereka mempertahankan kehamilannya dan hal ini bisa membuat persalinan mereka nantnya terasa lebih nyaman.

Itulah beberapa informasi mengenai rahim ganda dan bagaimana rahim ganda memengaruhi kehamilan. Semoga dapat menambah wawasan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk