Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi saat Hamil

Sejumlah ikan ini aman dikonsumsi dan baik untuk perkembangan janin

24 November 2022

12 Jenis Ikan Aman Dikonsumsi saat Hamil
Freepik.com/bearfotos

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan laut seperti ikan. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) menyarankan ibu hamil untuk makan ikan sekitar dua hingga tiga kali per minggunya.

Ikan memiliki beragam nutrisi baik seperti protein, zat besi, dan asam lemak omega-3, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Beberapa jenis ikan memang dapat membahayakan ibu hamil dan janin karena mengandung terlalu banyak merkuri, namun ada juga jenis ikan yang aman dikonsumsi dan baik untuk perkembangan janin.

Kali iniPopmama.comtelah merangkum 12 jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Yuk, Ma, kita lihat ada ikan jenis apa saja!

1. Ikan gurami

1. Ikan gurami
Freepik.com/suksao

Ikan yang mudah ditemukan ini punya banyak manfaat untuk ibu hamil, lho. Ikan gurami dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil karena mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang cukup tinggi.

Selain itu, ikan gurami juga dapat mencegah penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

Mama juga perlu tahu bahwa sel-sel dalam tubuh setiap harinya mengalami kerusakan, dengan rutin mengonsumsi ikan gurami, maka sel-sel tubuh yang rusak tersebut dapat digantikan dengan sel yang baru.

2. Ikan kod

2. Ikan kod
Pexels/Диана Дунаева

Dibandingkan dengan ikan laut lainnya, ikan kod merupakan salah satu jenis ikan laut yang rendah merkuri, sehingga ikan kod ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Di dalam ikan kod terkandung protein, potasium, kalsium, zat besi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja, mengonsumsi ikan kod selama kehamilan pun dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bagi janin yang ada dalam kandungan.

3. Ikan kembung

3. Ikan kembung
pixabay.com/cgowson1

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan kembung memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Kandungan kalium yang tingggi pada ikan kembung dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Selain itu, kandungan omega-3 dan protein di dalam ikan ini juga dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan serta membantu menurunkan berat badan.

Sementara bagi ibu hamil penderita diabetes, kandungan omega-6 pada ikan kembung dipercaya dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh.

4. Ikan lele

4. Ikan lele
Tokopedia.com

Sering tidak disadari, ternyata ikan lele aman dikonsumsi dan bagus untuk ibu hamil. Ikan yang murah dan mudah ditemukan ini bisa menjadi sumber protein untk menjaga energi dan kesehatan selama masa kehamilan.

Ikan lele juga tinggi akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mampu untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak, jantung, mata, dan sistem kekebalan janin.

5. Ikan makarel

5. Ikan makarel
pixabay.com/anaterate

Ikan makarel merupakan salah satu ikan laut yang aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk janin dan ibu hamil.

Kandungan DHA dalam ikan makarel dipercaya dapat mengurangi risiko autisme, cerebral palsy, dan keterlambatan perkembangan pada bayi. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 juga sangat membantu untuk perkembangan bayi.

Sementara itu, manfaat ikan makarel bagi ibu hamil adalah untuk membantu mengatasi stres. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal CNS Neuroscience & Therapeutics, kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan ini dapat mengurangi gejala depresi berat hingga 50 persen.

Editors' Picks

6. Ikan mas

6. Ikan mas
Freepik/Timolina

Ikan mas tidak terkontaminasi oleh merkuri, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sama seperti ikan lainnya, ikan mas juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Kandungan asam lemak omega-3 dan DHA dalam ikan mas dapat membantu untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Sementara itu, kandungan zat besi pada ikan mas dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia.

7. Ikan nila

7. Ikan nila
Freepik/topntp26

Ikan nila tergolong ikan yang aman untuk dikonsumsi karena memiliki kadar merkuri yang rendah. Dalam ikan nila terdapat kandungan protein, fosfor, selenium dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi janin.

Ikan nila pun memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga Mama yang memiliki riwayat kolesterol tidak perlu khawatir apabila ingin mengonsumsi ikan nila.

8. Ikan salmon

8. Ikan salmon
Freepik/Racool_studio

Sudah bukan rahasia lagi apabila ikan salmon merupakan ikan yang aman dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan nutrisi di dalam ikan salmon seperti asam lemak omega-3, protein, magnesium, dan kalium memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil dan juga janin.

9. Ikan pollock

9. Ikan pollock
Pexels/Geraud pfeiffer

Di Jepang, ikan pollock umumnya dijadikan sebagai bahan crab stick. Sementara di Korea, ikan pollock sering dijadikan makanan kering atau sup.

Ikan pollock ini sendiri memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan seperti niasin, vitamin B6, asam lemak omega-3, dan jenis antioksidan lainnya dapat bermanfaat untuk meradakan peradangan seperti misalnya radang sendi.

Tak hanya itu, kandungan protein, vitamin B2, dan vitamin B12 juga dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

10. Ikan sarden

10. Ikan sarden
Pixabay/pasja1000

Jenis ikan yang aman dikonsumsi selanjutnya adalah ikan sarden. Kandungan yodium dalam ikan sarden bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Apabila dikonsumsi secara rutin, kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan akan terjaga. Hal ini karena ikan sarden mengandung kalsium dan vitamin D.

Tak hanya itu, kandungan DHA dan EPA dalam ikan sarden juga dapat bermanfaat untuk pertumbuhan janin.

11. Ikan teri

11. Ikan teri
Pexels/Mumtahina Tanni

Mama tidak perlu lagi ragu dan khawatir apabila selama kehamilan ingin mengonsumsi ikan teri. Ikan berukuran kecil ini memiliki kadar merkuri yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Apabila dikonsumsi secara teratur, ikan teri dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Hal ini karena ikan teri memiliki kandungan bernama selenium.

Ikan teri juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia.

12. Ikan tuna

12. Ikan tuna
Freepik/freepik

Ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang merupakan sumber asam lemak omega-3, DHA, EPA, dan omega-6.

Kandungan DHA pada ikan tuna disebut dapat mencegah keguguran, sementara EPA bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah dan menyehatkan jantung.

Itu tadi 12 jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski ikan-ikan tersebut aman untuk dikonsumsi dan memilki banyak manfaat, hindari untuk mengonsumsinya secara berlebihan, ya, Ma.

Selain itu perhatikan juga cara memasaknya. Hindari mengonsumsi ikan secara mentah dan ada baiknya kurangi pengolahan dengan cara digoreng atau dibakar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk