Bercinta di Siang Hari, Apakah Peluang Kehamilannya Lebih Besar?

Pernahkah kamu terpikirkan untuk berhubungan seks di siang hari saat sedang program hamil?

17 Mei 2022

Bercinta Siang Hari, Apakah Peluang Kehamilan Lebih Besar
Freepik/cookie_studio

Selama ini, waktu berhubungan seks yang paling sering dilakukan pasangan suami-istri adalah di pagi atau malam hari. Karena, biasanya mereka sibuk beraktivitas atau bekerja di siang hari. Namun, tak ada salahnya sesekali mencoba berhubungan seks di siang hari.

Bagi pasangan yang sedang berlibur, melakukan hubungan seks di siang hari mungkin bisa jadi pilihan, ya, terlebih jika sedang program hamil. Namun, bagaimana dengan peluang kehamilan jika berhubungan di siang hari?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang berhubungan di siang hari apakah bisa hamil, Popmama.com akan merangkumkan informasi dan penjelasan ilmiahnya khusus untuk kamu lewat artikel yang satu ini. Jangan sampai terlewat, ya!

Editors' Picks

Benarkah Siang Hari adalah Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks?

Benarkah Siang Hari adalah Waktu Tepat Berhubungan Seks
Freepik.com/master1305

Saat ingin hamil, kamu tentu sangat berhati-hati dalam memilih waktu dan frekuensi berhubungan seks bersama pasangan. Selama ini, masa subur dinilai sebagai momen yang tepat untuk bercinta demi mendapatkan buah hati.

Namun, apakah ada waktu khusus yang memiliki persentase kehamilan yang tinggi? Apakah benar siang hari adalah waktu terbaik untuk melakukannya?

Beberapa kelompok ilmuwan telah meneliti bagaimana parameter sperma bisa berubah di sepanjang hari. Menurut mereka, sperma yang paling banyak berada di pagi hari.

Namun, beberapa kelompok lain melihat bahwa ternyata jumlah dan motilitas sperma terbanyak ada di siang hari. Artinya, kemampuan sperma untuk menuju sel telur akan lebih baik di siang hari.

Penemuan ini terlihat cukup kontradiktif, ya. Meski demikian, tidak ada persetujuan antar dokter kandungan atau ahli fertilitas tentang hal ini. Sebab, perbedaan antara pagi, siang, sore, atau pun malam tidak terlalu signifikan.

Jadi, daripada memusingkan tentang hal tersebut, lebih baik fokus pada gaya hidup, kondisi kesehatan, pengobatan, atau pun frekuensi ejakulasi yang bisa mempengaruhi kondisi dan kualitas sperma.

Setelah Berhubungan Seks, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Bisa Hamil?

Setelah Berhubungan Seks, Berapa Lama Waktu Dibutuhkan agar Bisa Hamil
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Ini sangat tergantung pada masa ovulasi, di mana sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, dan ini membutuhkan waktu sekitar 5 hari setelah berhubungan seks. Setelah itu, butuh 6-10 hari agar sel telur yang sudah dibuahi menempel sempurna di dinding rahim.

Menempelnya sel telur di dinding rahim ini disebut dengan implantasi. Setelah implantasi selesai dilakukan, barulah testpack bisa menunjukkan hasil yang positif dan kamu dinyatakan sedang hamil.

Namun untuk lebih amannya, kamu sebaiknya melakukan tes kehamilan setelah terlambat menstruasi dan lupa untuk melakukannya di pagi hari setelah bangun tidur, ya, agar hasilnya lebih akurat.

Bisakah Hamil jika Berhubungan Seks di Luar Masa Subur?

Bisakah Hamil jika Berhubungan Seks Luar Masa Subur
Freepik.com

Dokter atau ahli fertilitas biasanya memang merekomendasikan setiap pasangan yang ingin punya anak untuk melakukan hubungan seks saat masa subur.

Namun, bukan berarti jika melakukan hubungan seks di luar masa subur artinya tidak bisa hamil, ya. Melakukan seks di luar masa subur tetap memiliki kemungkinan hamil, tapi persentasenya sangat kecil.

Ini pun terjadi dengan catatan, yaitu jika ternyata perhitungan ovulasi dan masa suburnya salah, entah karena dihitung manual sendiri atau siklus menstruasimu berantakan.

Jadi, jika memang ingin program hamil dan punya siklus menstruasi yang berantakan, segeralah ke dokter untuk mengetahui kapan masa suburmu. Atau, kamu bisa membeli alat tes pendeteksi masa subur yang dijual di apotek.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang berhubungan di siang hari apakah bisa hamil. Semoga informasinya bermanfaat, ya, terutama untuk kamu dan pasangan yang sedang menanti momongan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk