Penyebab Tuba Falopi Tersumbat sehingga Sulit Hamil

Duh, ini dia penyebab tuba falopi tersumbat sehingga Mama sulit hamil

17 Mei 2022

Penyebab Tuba Falopi Tersumbat sehingga Sulit Hamil
Freepik

Mama mengalami masalah pada tuba falopi sehingga sulit hamil? Ini penyebab tuba falopi tersumbat.

Banyak pasangan suami-istri (pasutri) yang sudah mendambakan punya keturunan setelah bertahun-tahun menikah. Namun belum kunjung mendapatkannya karena ternyata tuba falopi bermasalah? Coba cari tahu penyebabnya.

Masalah dengan tuba falopi tersumbat menyumbang persentasi yang signifikan terhadap kasus infertilitas (kemandulan). Penyebab tuba falopi tersumbat bisa karena dua hal, penyakit atau infeksi.

Jadi, ketika sel telur dilepaskan dari salah satu ovarium yang dimiliki wanita maka akan bergerak melalui tuba falopi (saluran sempit atau leher rahim yang menghubungkan ovarium dan rahim). Baru kemudian sel telur akan bergabung dengan sperma di tuba falopi selama pembuahan . Sel telur yang sudah dibuahi lanjut 'jalan' ke dalam rahim.

Jika tuba falopi tersumbat maka sel telur tidak mungkin dibuahi oleh sperma sehingga gagal menjadi janin.

Nah, ketika kamu diberitahu dokter kalau tuba falopi tersumbat sehingga sulit hamil maka perlu melakukan 'perawatan' demi bisa mendapatkan keturunan.

Berikut Popmama.com ulas informasi selengkapnya.

1. Penyebab tuba falopi tersumbat

1. Penyebab tuba falopi tersumbat
Freepik

Sebelum menjalani pengobatan, ketahui dulu faktor penyebab tuba falopi tersumbat. Popmama sudah merangkum apa saja kemungkinan penyebab tuba falopi tersumbat.

1. Endometriosis
Endometriosis merupakan penyakit yang umum menyerang sekitar 5,5 juta wanita di Amerika Utara. Penyakit ini juga menjadi penyebab terbesar dari kasus infertilitas pada wanita.

Selama siklus menstruasi yang normal, lapisan rahim (disebut endometrium) mulai menebal sebagai persiapan hamil. Bila tidak hamil maka tubuh akan melepaskan endometrium selama menstruasi.

Pada kasus endometriosis--untuk alasan yang tidak dipahami bahkan oleh para peneliti--jaringan yang sangat mirip dengan endometrium tumbuh di berbagai tempat bukan dalam rahim. Jaringan tersebut bisa tumbuh di ovarium, tuba falopi, hingga lapisan rongga panggul.

Masalahnya, jaringan itu memiliki sifat seperti endometrium normal yang bisa menumpuk dan merusak siklus menstruasi. Namun bedanya tidak 'dikeluarkan' layaknya menstruasi.

Hal tersebut yang akhirnya menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga mencegah sel telur keluar dari ovarium dan dibuahi sperma. Jaringan yang sangat mungkin menjadi penyebab tuba falopi tersumbat.

2. Penyakit Radang Panggul
Penyakit radang panggul atau yang disebut pelvic inflammatory disease (PID) menjadi salah satu penyebab tuba falopi tersebut. Radang panggul merupakan suatu infeksi yang memberikan masalah pada serviks, uterus, tuba falopi, hingga ovarium.

Wanita yang masih aktif secara seksual (usia 15 sampai 24 tahun) paling berisiko mengalaminya. Jika tak segera ditangani bisa menyebabkan kehamilan ektopik karena tuba falopi tersumbat.

3. Infeksi
Infeksi yang sulit dijelaskan dari mana asalnya karena bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk gaya hidup dan lingkungan menjadi penyebab tuba falopi tersumbat. Saat terjangkit infeksi maka sulit terjadi pembuahan karena tuba falopi bermasalah.

Ketika berhasil dibuahi dan terjadi pembuahan saat tuba falopi tersumbat maka dapat berisiko mengalami kahamilan ektopik. Operasi laparatomi atau laparaskopi menjadi alternatif saat mengalami hamil ektopik.

4. Hydrosalpinx
Apa itu hydrosalpinx? Hydrosalpinx adalah penyumbatan cairan pada tuba falopi. Penyebabnya bisa karena penyakit endrometriosis, radang panggul, atau infeksi lainnya. Ketika mengalami hydrosalpinx sehingga tuba falopi tersumbat maka Anda akan sulit punya anak.

    Editors' Picks

    2. Cara mengetahui penyebab tuba falopi tersumbat

    2. Cara mengetahui penyebab tuba falopi tersumbat
    Unsplash/Sandro Porfirio

    Ada beberapa cara yang disarankan untuk mengetahui penyebab tuba falopi tersumbat:

    1. Tes HSG
    Untuk menentukan apakah tuba falopi tersumbat atau tidak, dokter  mungkin menyarankan melakukan hysterosalpingogram (HSG). Dalam tes HSG, zat cair dimasukkan oleh kateter melalui vagina (serviks) ke dalam rahim.

    Kemudian, sinar-X diambil untuk melihat apakah ada penyumbatan atau cairan mengalir bebas ke perut? Metode lain HSG menggunakan saline dan udara daripada cairan.

    Jika kamu memiliki masalah pada tuba falopi , dokter  dapat merekomendasikan operasi untuk memperbaiki kerusakan sehingga bisa menyelesaikan masalah tuba falopi.

    2. Tes USG
    Mirip seperti HSG untuk mengetahui penyebab tuba falopi tersumbat. Tes USG juga bisa mendeteksinya. Hanya saja tes ini menggunakan gelombang suara untuk memeriksa penyebab tuba falopi tersumbat.

    3. Laparaskopi
    Laparaskopi juga bisa mengetahui tuba falopi tersumbat atau tidak. Ahli bedah akan membuat sayatan kecil di tubuh (biasanya perut) untuk memasukkan kamera kecil dan mengambil gambar tuba falopi dari dalam.

    Laparaskopi menjadi tes paling akurat untuk mencari tahu penyebab tuba falopi tersumbat. Namun dokter jarang merekomendasikannya karena bersifat invasif dan tidak dapat mengobati masalah tuba falopi tersumbat.

    3. Pengobatan tuba falopi tersumbat

    3. Pengobatan tuba falopi tersumbat
    Freepik/peoplecreation

    Wanita yang memiliki masalah tuba falopi tersumbat biasanya disarankan dokter untuk melakukan pembedahan. Dokter mungkin juga mempertimbangkan teknik reproduksi bantuan yang memotong tuba falopi sepenuhnya.

    Semua tergantung pada luasnya jaringan jahat dan di mana letak tersumbatnya. Pembedahan bertujuan untuk membuka tuba falopi yang tersumbat sehingga meningkatkan peluang bisa hamil.

    4. IVF

    4. IVF
    Freepik/jcomp

    Jika tidak berhasil dengan pembedahan maka dokter akan merekomendasikan in vitro fertilization (IVF).

    IVF dilakukan dengan melibatkan penempatan sel telur langsung dibuahi di dalam rahim sehingga tuba falopi tidak difungsikan dalam kehamilan. IVF banyak digunakan untuk mendapatkan keturunan ketika tuba falopi tidak berfungsi atau sudan diputus jalannya arena faktor infeksi atau penyakit.

    Baca juga:

    5. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

    5. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat
    Freepik/senivpetro

    Untuk menjaga tuba falopi tetap sehat, Mama harus memiliki gaya hijup sebat. Infeksi yang terjadi dalam tuba falopi bisa karman berbagai faktor dan gaya hijup memiliki peran penting di dalamanya. Oleh karena itu, penting menjaga pola makan dan lingkungan sehat.

    Ketika Mama sudah mengetahui penyebab tuba falopi tersumbat maka segera lah melakukan pengobatan untuk mengatasinya. Jangan putus asa, Mama masih bisa hamil kok walau tuba falopi tersumbat dengan berbagai perawatan yang disarankan dokter.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk