Perut Kram tapi Bukan Menstruasi, Bisa Jadi Kamu Hamil

Seperti gejala menstruasi biasa, namun bisa jadi ini merupakan tanda-tanda pada awal kehamilan

9 Oktober 2021

Perut Kram tapi Bukan Menstruasi, Bisa Jadi Kamu Hamil
Pexels.com/NegativeSpace

Kehamilan merupakan sebuah kabar bahagia yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Hadirnya buah hati diyakini akan menjadi pelengkap kebahagian pada pasangan suami istri.

Namun, terkadang banyak perempuan tidak sadar bahwa dirinya sedang memasuki periode awal kehamilan karena tanda-tanda pada awal kehamilan biasanya memang hampir mirip dengan gejala menstrusi pada umumnya.

Seperti, perut kram dan perubahan pada bagian payudara. Tetapi, kemungkinan tidak semua perempuan mengalami gejala tersebut. Sehingga, untuk mengetahuinya tetap harus diketahui melalui test pack atau alat tes kehamilan.

Nah, untuk membantu Mama mengenali tanda-tanda pada awal kehamilan. Berikut Popmama.com rangkum informasinya dilansir dari Healthline. Yuk, disimak sampai habis!

1. Seperti gejala menstruasi biasa, perut kram ternyata juga merupakan tanda pada awal kehamilan

1. Seperti gejala menstruasi biasa, perut kram ternyata juga merupakan tanda awal kehamilan
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Merasakan kram pada bagian perut mungkin menjadi salah satu gejala menstruasi seperti pada umumnya yang dirasakan oleh hampir semua perempuan.

Namun, bagi beberapa perempuan timbulnya gejala kram pada bagian perut juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri yang di alami pada periode awal-awal kehamilan. Tapi, kram perut yang dirasakan lebih ringan dibandingkan kram saat menstruasi.

2. Bagian payudara terasa berbeda dan kemungkinan terasa lebih sakit dan bengkak

2. Bagian payudara terasa berbeda kemungkinan terasa lebih sakit bengkak
Pexels.com/RF._.studio

Tanda selanjutnya adalah perubahan pada payudara. Kamu mungkin akan merasakan payudara menjadi lebih kencang, terasa sakit, hingga lebih bengkak dibandingkan biasanya.

Gejala ini merupakan hal yang normal karena dalam minggu-minggu pertama kehamilan, ibu hamil umumnya akan merasakan payudara yang terasa lebih kencang hingga terasa nyeri dan menyesakkan, sehingga payudara menjadi lebih sensitif.

Editors' Picks

3. Mengalami morning sickness yang memicu timbulnya rasa mual

3. Mengalami morning sickness memicu timbul rasa mual
Pexels.com

Mengalami morning sickness merupakan gejala paling umum yang dirasakan oleh hampir semua perempuan pada awal-awal kehamilan. Sehingga gejala yang satu ini merupakan gejala yang paling mudah disadari oleh banyak perempuan yang tengah hamil muda.

Terlepas dari namanya, kamu mungkin akan merasa mual kapan saja, mulai dari pagi, siang atau malam hari. Diketahui, bahwa morning sickness akan dirasakan oleh sebagian perempuan hamil sampai trimester kedua atau bahkan sampai persiapan melahirkan.

Semuanya tergantung dari individu masing-masing. Dan tidak semua perempuan hamil merasakan hal tersebut.

4. Sakit kepala hingga migrain juga menjadi ciri-ciri lainnya

4. Sakit kepala hingga migrain juga menjadi ciri-ciri lainnya
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Pada awal-awal kehamilan, hormon dan tekanan darah akan sangat memengaruhi munculnya rasa sakit pada kepala, mulai dari kepala terasa berat, pusing, hingga migrain.

Penyebab sakit kepala adalah karena adanya peningkatan hormon tiba-tiba dan aliran darah yang membuat kamu mengalami sakit kepala.

5. Lebih mudah merasa lelah dan capek saat melakukan aktivitas biasa

5. Lebih mudah merasa lelah capek saat melakukan aktivitas biasa
Pexels.com/RonLach

Melonjaknya hormon pada awal kehamilan, salah satunya adalah progesteron yang meningkat secara drastis akan mengubah metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah dan capek saat melakukan aktivitas biasa yang dilakukan setiap hari. Selain itu, imun pada tubuh perempuan hamil juga akan melemah yang mengakibatkan risiko ibu hamil mudah kelelahan.

6. Menolak untuk mengonsumsi makanan tertentu

6. Menolak mengonsumsi makanan tertentu
Pexels.com/AneteLusina

Merasa tidak nafsu makan hingga menolak untuk mengonsumsi makanan tertentu merupakan gejala klasik yang sering dialami oleh banyak perempuan saat awal-awal kehamilan. 

Namun di sisi lain, biasanya ibu hamil juga akan merasa mengidam untuk mengonsumsi makanan atau membeli barang tertentu. Hal ini juga merupakan hal yang wajar karena hormon pada ibu hamil akan meningkat secara drastis dibandingkan dengan saat tidak hamil.

7. Segera lakukan tes kehamilan jika merasakan gejala-gejala di atas, terutama jika sudah telat menstruasi

7. Segera lakukan tes kehamilan jika merasakan gejala-gejala atas, terutama jika sudah telat menstruasi
Freepik/Jcomp

Jika kamu sudah merasakan gejala-gejala di atas, terutama jika sudah telat datang bulan atau menstruasi di luar tanggal biasanya, maka segera lakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack.

Test pack bisa membantu kamu untuk memastikan kehamilan lebih awal dengan hasil yang cukup akurat, sekitar 97-99 persen. Kamu bisa menggunakan alat tersebut dengan mengikuti instruksi pada kemasan yang tersedia.

Nah, itulah informasi lengkapnya terkait tanda-tanda awal kehamilan yang jarang disadari oleh banyak perempuan karena memiliki gejala yang hampir mirip dengan gejala menstruasi.

Semoga informasi ini membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.