5 Tanda Kehamilan yang Unik, Mama Mungkin Tak Menyadarinya

Selain terlambat haid, coba Mama cek tanda-tanda kehamilan yang tidak biasa ini

7 Juni 2021

5 Tanda Kehamilan Unik, Mama Mungkin Tak Menyadarinya
Freepik/drobotdean

Ketika pembuahan berhasil, maka kehamilan pun terjadi. Di awal kehamilan, banyak orang yang tidak menyadari dirinya hamil karena tidak merasakan tanda-tanda umum yang selama ini dianggap sebagai tanda kehamilan. 

Faktanya, NSH menyarankan untuk menunggu setidaknya tiga minggu setelah merasakan tanda-tanda kehamilan sebelum melakukan tes kehamilan. Namun, tubuh mama sebetulnya sudah menunjukkan tanda awal janin tumbuh dalam rahim Mama sejak dua minggu setelah pembuahan. 

Tanda-tanda kehamilan pada setiap ibu hamil berbeda-beda. Selain telat haid, mual, dan muntah, berikut ini Popmama.com merangkum tanda-tanda kehamilan yang tidak biasanya, dilansir dari Mother And Baby:
 

1. Gusi berdarah

1. Gusi berdarah
Freepik/freepik

Mendapati darah saat menggosok gigi belakangan ini? Bisa jadi ini adalah tanda awal kehamilan, Ma. Hormon progesteron lah yang menyebabkan gusi berdarah di masa kehamilan awal. Hormon ini meningkatkan aliran darah ke area gusi sehingga gusi menjadi lebih sensitif. Akibatnya gusi mama pun rentan mengalami perdarahan. 

Namun, jika Mama sering mengalaminya hingga usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, hati-hati. Gusi berdarah merupakan indikator masalah gusi yang terkait dengan risiko kelahiran prematur.

Editors' Picks

2. Produksi air liur meningkat

2. Produksi air liur meningkat
Freepik/asier_relampagoestudio

Banyak ibu hamil yang tidak menyadari dirinya hamil, tetapi mengeluhkan air liurnya berlebihan. Secara medis kondisi ini disebut dengan ptyalisme yang disebabkan oleh perubahan hormonal di awal kehamilan. 

Ptyalisme umum terjadi selama trimester pertama kehamilan. Mama mungkin harus lebih sering meludah karena rasa pahit air liur dapat menyebabkan mual dan muntah. Kondisi ini akan mereda setelah trimester pertama.

3. Kegerahan

3. Kegerahan
Freepik

Cuaca sedang tidak terlalu panas, tetapi belakangan ini Mama mengalami kegerahan yang teramat sangat? Ya, kegerahan bisa menjadi tanda-tanda kehamilan yang seringkali tak disadari. Kehamilan menyebabkan peningkatan volume darah karena tubuh mama mulai bekerja lebih keras untuk mendukung tumbuh kembang janin. 

4. Indra penciuman sensitif

4. Indra penciuman sensitif
Freepik

Apakah Mama merasakan aroma parfum kesayangan jadi terasa lebih menyengat? Atau wewangian ruangan yang bikin mual? Bahkan sebagian ibu hamil mengaku ingin muntah ketika mencium aroma nasi yang baru matang. Mungkin terdengar aneh, tetapi hal ini benar-benar terjadi karena ulah hormon estrogen yang meningkat selama kehamilan. 

Hormon estrogen membuat respon indra penciuman menjadi lebih sensitif sebagai bentuk respon terhadap hal-hal yang mungkin berbahaya bagi janin yang sedang bertumbuh.

5. Sering buang air kecil

5. Sering buang air kecil
Freepik/jcomp

Sepertinya baru buang air kecil beberapa menit yang lalu, tapi kok sekarang kebelet lagi ya? Well, meskipun beratnya janin masih belum menekan kandung kemih mama di saat ini, perubahan hormon ditambah volume darah yang lebih besar akan membuat Mama menjadi lebih sering buang air kecil. 

Di masa kehamilan ini, ginjal mama bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika Mama sering merasa tiba-tiba ingin buang air kecil. Frekuensi buang air kecil semakin meningkat di malam hari, jadi bersiaplah.

Itulah beberapa tanda-tanda hamil yang unik dan sering tidak disadari. Apabila Mama mengalami tanda-tanda di atas selain haid yang terlambat, tak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan sesegera mungkin. 

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.