Wajib Punya, 6 Benda yang Wajib Dibeli saat Merencanakan Kehamilan

Mempersiapkan kehamilan kadang tak semudah hanya dengan menghentikan penggunaan alat kontrasepsi.

7 Desember 2020

Wajib Punya, 6 Benda Wajib Dibeli saat Merencanakan Kehamilan
Unsplash/Daiga Ellaby

Sebagian besar rencana kehamilan memang tidak dipikirkan terlalu keras, tapi memang ada beberapa perempuan yang susah hamil, dan harus ikut program untuk mewujudkannya. Ada juga sebagian perempuan yang bertahun-tahun belum ingin hamil, dan pada saat berpikir untuk hamil maka mereka akan menghentikan pemakaian alat kontrasepsi.

Untuk beberapa pasangan, hamil mungkin sesederhana menghentikan alat kontrasepsi, tapi ada juga mereka yang membutuhkan setidaknya beberapa bulan dan bahkan lebih dari satu tahun untuk merencanakan kehamilan. Dalam prosesnya, ada beberapa hal termasuk alat yang diperlukan untuk membantu kelancarannya.

Ada beberapa produk yang bisa membantu mempelajari cara kerja sistem reproduksi, seperti mengetahui masa subur, kapan harus berhubungan badan untuk pembuahan yang optimal, dan mempersiapkan tubuh sebaik mungkin untuk kehamilan yang sehat. Berikut ini Popmama.com melansir Very Well Family, merangkum enam benda yang wajib dibeli saat merencanakan kehamilan:

1. Alat prediksi ovulasi

1. Alat prediksi ovulasi
Unsplash/Brooke Lark

Alat ini merupakan cara sederhana untuk memprediksi kapan kamu akan berovulasi. Cara kerjanya dengan mengukur jumlah hormon luteinizing (LH) dalam urin yang biasanya mengalami lonjakan di sekitar 24 sampai 48 jam sebelum ovulasi.

Dengan alat prediksi ovulasi ini kamu akan tahu kapan lonjakan terjadi, sehingga bisa merencanakan kapan harus berhubungan intim dengan pasangan satu atau dua hari berikutnya untuk mengoptimalkan peluang kehamilan.

2. Alat pelacak tanda kesuburan

2. Alat pelacak tanda kesuburan
Unsplash/Timothy Meinberg

Untuk melacak tanda-tanda kesuburan, kamu bisa menggunakan alat khusus yang termasuk mencatat lonjakan LH, lendir serviks, dan suhu tubuh basal. Ini mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan peluang hamil. Selain itu, ini juga bagus untuk mengetahui cara kerja tubuh dan sistem reproduksi perempuan.

Sekarang ini sudah ada banyak pilihan cara untuk tahu tanda dan siklus kesuburan. Kamu bisa menggunakan cara lama dengan kalender biasa, untuk membuat grafik tanda-tanda dalam tubuh. Kamu bisa mencetak grafik kesuburan dan mengisinya secara manual.

Ada juga cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi atau sistem bagan online. Sebagian besar dari aplikasi semacam ini juga menawarkan tips dan panduan yang sangat berguna selama kamu membuat bagan data atau grafik tanda kesuburan.

Editors' Pick

3. Termometer untuk mengukur suhu tubuh basal

3. Termometer mengukur suhu tubuh basal
Unsplash/Dony Wardhana

Setelah terjadinya ovulasi, biasanya kadar progesteron mulai melonjak dan suhu basal tubuh perempuans saatistirahat akan naik sekitar empat per sepuluh derajat. Kenaikan kecil seperti ini hanya bisa dideteksi dengan termometer tubuh basal.

Jika kamu mengukur suhu basal tubuh saat bangun tidur, kamu bakal tahu kenaikan suhu tambahan yang menjadi pertanda bahwa ovulasi telah terjadi. Ini jadi salah satu data yang dutuhkan untuk membantu mengetahui kapan ovulasi terjadi.

4. Buku dan sumber lain tentang kesuburan

4. Buku sumber lain tentang kesuburan
Unsplash/Matias North

Mempelajari cara kerja sistem reproduksi dan kesuburan juga sangat penting. Ini akan bermanfaat, menarik, dan memberi banyak sekali informasi, tapi bisa menjadi rumit dan membingungkan saat pertama kali kamu mulai membacanya.

Membeli satu atau dua buku tentang kesuburan bisa sangat membantu. Selain itu, ada banyak juga situs web dan aplikasi yang bisa memandu kamu untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk persiapan kehamilan.

5. Vitamin pra kehamilan

5. Vitamin pra kehamilan
Unsplash/Adam NieĊ›cioruk

Saat kamu memutuskan untuk hamil, ada baiknya untuk bersiap jauh hari. Meskipun nutrisi yang baik secara keseluruhan sangat penting untuk mendukung kehamilan yang sehat, tapi tetap disarankan agar calon mama mengonsumsi vitamin prenatal sebagai persiapan kehamilan.

Beberapa nutrisi penting seperti asam folat dapat sangat mendukung program hamil yang sedang kamu jalani. Dokter atau bidan akan menganjurkan kamu mulai mengonsumsi vitamin persiapan kehamilan ini beberapa bulan sebelum kamu mencoba untuk hamil.

Ada banyak vitamin yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan yang dijual di pasaran, dan bisa jadi Mama akan sulit memilih. Dokter atau bidan mungkin akan meresepkan vitamin yang Mama butuhkan. Sebagian besar pilihan di luaran memang mirip dan fokus pada kombinasi nutrisi dasar serta vitamin dan mineral khusus untuk kebutuhan ibu hamil.

6. Test pack kehamilan

6. Test pack kehamilan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Ketika tiba saatnya kamu merasa terlambat datang bulan, sebaiknya kamu punya satu atau dua alat tes kehamilan, supaya bisa langsung tahu apakah hasilnya positif atau tidak. Meski tes kehamilan yang dilakukan sendiri di rumah tidak seakurat tes yang dilakukan dokter, tapi ini bisa membantu kamu segera bersiap jika hasilnya positif.

Namun harus diingat bahwa melakukan tes kehamilan bisa membuat kamu terus melakukannya ketika sedang dalam proses mencoba untuk hamil. Terkadang hal ini menyebabkan kecemasan dan stress yang tidak seharusnya kamu rasakan. Meski tidak ada salahnya melakukan tes kehamilan, tapi lebih baik kamu melakukannya jika benar-benar ada tanda kehamilan, seperti terlambat haid.

Nah, itu tadi daftar barang yang wajib dibeli saat merencanakan kehamilan. Semoga usaha atau program kehamilannya sukses ya.

Baca juga:

The Latest