TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Ini Membantu Perempuan dengan PCOS Cepat Hamil

Beragam pilihan untuk meningkatkan peluang kehamilan

19 Agustus 2022

7 Cara Ini Membantu Perempuan PCOS Cepat Hamil
Pexels/@mlkbnl

Ada begitu banyak tantangan dan juga kendala yang umum dihadapi pasangan saat ingin memiliki keturunan. Salah satu yang sering terjadi pada perempuan adalah PCOS. 

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya memiliki banyak kista kecil pada indung telur atau ovarium. Selain itu, perempuan dengan kondisi ini juga memiliki kadar hormon pria yang disebut androgen yang lebih tinggi.

Ketidakseimbangan hormon inilah yang dapat mengganggu ovulasi. Namun, meskipun PCOS membuat perjalanan mendapatkan keturunan jadi lebih menantang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan perempuan dengan PCOS.

Berikut ini Popmama.com berikan beberapa cara untuk membantu perempuan dengan PCOS cepat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cobalah untuk mengurangi stres

1. Cobalah mengurangi stres
Freepik/rawpixel.com

Salah satu tantangan dalam infertilitas adalah stres. Stres jangka panjang bisa berdampak negatif pada hormon dan kesuburan seseorang. Ini juga menyebabkan tingkat kortisol yang lebih tinggi, yang dapat memicu peningkatan insulin.

Cobalah untuk secara aktif mengurangi dan mencegah stres. Dengan demikian peluang untuk hamil pun jadi lebih besar.

Meditasi, pijat, yoga, olahraga, menghabiskan waktu bersama hewan, menghabiskan waktu bersama pasangan, atau bersosialisasi bisa menjadi pilihan yang mudah untuk dilakukan. Pastikan untuk menyediakan waktu untuk melakukan hal-hal tersebut, ya!

2. Temukan berat badan ideal dengan berolahraga

2. Temukan berat badan ideal berolahraga
hopkinsmedicine.org

Faktanya, dengan menurunkan sepuluh persen dari kelebihan berat badan dapat meningkatkan hormon dan ovulasi. Bahkan, hanya dengan pengurangan 5% dalam berat badan dapat meningkatkan siklus menstruasi, resistensi insulin, dan kesuburan secara keseluruhan.

Salah satu studi menemukan bahwa perempuan yang berolahraga secara teratur memiliki risiko infertilitas 5% lebih rendah daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Namun, olahraga berlebihan juga dapat meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh, yang merugikan kesuburan. Ada baiknya untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang 3-5 hari per minggu.

    Editors' Picks

    3. Menemukan diet yang tepat untuk mencegah kenaikan insulin

    3. Menemukan diet tepat mencegah kenaikan insulin
    Freepik/Master1305

    Selain berolahraga, memenuhi kebutuhan nutrisi secara tepat juga akan sangat membantu perempuan dengan PCOS mendapatkan peluang kehamilan. Sebab, makanan yang salah dapat membuat hormon menjadi kacau. 

    Dilansir dari Fertility Family, perempuan dengan PCOS dapat mengalami peradangan yang lebih tinggi karena kadar androgen yang lebih tinggi. Sebab, hal ini dapat mendorong lebih banyak produksi insulin. Oleh sebab itu, dibutuhkan diet yang tepat untuk menyeimbangkan hormon serta gula darah, seperti diet anti-inflamasi.

    Diet ini dapat mencakup:

    • membatasi konsumsi daging merah,
    • menghindari gula,
    • mengganti teh atau kopi harian dengan teh hijau,
    • makan ikan kaya omega-3 beberapa kali seminggu (salmon atau tuna),
    • perbanyak makan buah dan sayur,
    • menggunakan bumbu dan rempah-rempah saat memasak (jahe, jinten, adas, daun salam),
    • mengonsumsi sumber lemak tak jenuh (seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun),
    • memasukkan kacang-kacangan dalam menu makanan.

    4. Lakukan seks secara rutin dan teratur

    4. Lakukan seks secara rutin teratur
    Freepik/jcomp

    Perempuan dengan PCOS membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kehamilan. Sehingga, para ahli memberikan saran agar penderita PCOS lebih sering atau secara rutin melakukan hubungan intim jika ingin mendapatkan peluang kehamilan yang lebih tinggi.

    Alasannya adalah karena penderita PCOS memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga cukup sulit untuk menentukan masa subur.

    Dengan melakukan seks secara rutin tentu saja akan meningkatkan peluang untuk hamil. Umumnya, para ahli menyarankan setiap pasangan untuk dapat berhubungan intim 2-3 kali dalam seminggu. 

    5. Temukan obat yang tepat

    5. Temukan obat tepat
    Freepik/jcomp

    Kadar androgen yang tinggi dapat mengganggu ovulasi yang sehat. Jika sel telur yang sehat tidak dilepaskan selama ovulasi, maka seorang perempuan akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan kehamilan.

    Nah, selain menggunakan cara alami, obat-obatan juga dapat membantu perempuan dengan PCOS untuk mendapatkan peluang kehamilan. 

    Banyak perempuan yang memiliki PCOS tidak dapat hamil tanpa bantuan obat ovulasi. Obat-obatan dapat memberikan pilihan solusi lain untuk perempuan agar berovulasi untuk hamil. Cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli untuk menemukan dosis dan jenis obat yang paling tepat.

    6. Operasi pembedahan ovarium

    6. Operasi pembedahan ovarium
    Freepik/peoplecreations

    Dilansir dari laman URA (University Reproductive Associates), pilihan lain untuk meningkatkan peluang kehamilan pada perempuan dengan PCOS adalah dengan metode ovarium laparoskopi. Hal ini merupakan langkah pengobatan untuk memicu ovulasi.

    Meskipun pembedahan ovarium tidak selalu diperlukan, penelitian telah menemukan bahwa 50% perempuan dengan PCOS yang melakukan pengeboran ovarium mendapatkan kehamilan dalam tahun pertama setelah operasi.

    7. Bayi tabung

    7. Bayi tabung
    pixabay/drkontogianniivf

    Terakhir, jika obat ovulasi atau operasi masih belum meningkatkan kesuburan, pilihan bantuan teknologi reproduksi seperti fertilisasi in vitro (IVF) bisa membantu untuk meningkatkan peluang kehamilan.

    Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa perempuan dengan PCOS yang menjalani perawatan IVF memiliki tingkat keberhasilan yang sama dengan perempuan tanpa kondisi tersebut.

    Biasanya, dokter akan memulai dengan pengobatan dan daftar perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kesuburan. Selanjutnya, dokter akan merekomendasikan IVF sebagai pilihan jika intervensi ini tidak berhasil.

    Nah, itulah tadi beragam  cara untuk membantu perempuan dengan PCOS cepat hamil. Semoga cara-cara di atas dapat memberikan harapan untuk pasangan yang masih berjuang mendapatkan kehamilan, ya.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk