Coba Yuk, Tips Diet untuk Program Hamil bagi Penderita PCOS

Bagi penderita PCOS yang obesitas, yuk turunkan berat badan dengan cara sehat agar sukses hamil

29 Januari 2021

Coba Yuk, Tips Diet Program Hamil bagi Penderita PCOS
Freepik/valuavitaly

Polycystic ovary syndrome atau PCOS adalah gangguan hormonal yang banyak diderita oleh perempuan usia reproduktif aktif. Dilansir dari Mayoclinic.org, penderita PCOS mungkin akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur atau kelebihan kadar hormon laki-laki (androgen). Karenanya ovarium menghasilkan banyak cairan folikel kecil dan membuatnya gagal melepaskan sel telur secara teratur. 

Dugaan penyebab PCOS sendiri beragam, mulai dari ketidakseimbangan hormon, resisten terhadap insulin, hingga genetik. Meski bukan penyebab satu-satunya, tetapi pada perempuan yang kelebihan berat badan, gejala dan risiko PCOS lebih besar dalam jangka panjang. Penurunan berat badan dapat mengatasi masalah PCOS walaupun presentasenya hanya lima persen. 

Penderita PCOS dapat menurunkan berat badan dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Kali ini Popmama.com merangkum panduan diet sehat untuk program hamil bagi penderita PCOS yang dapat dijadikan pedoman, dilansir dari Parentune:

1. Perhatikan kualitas dan kuantitas

1. Perhatikan kualitas kuantitas
Freepik/KamranAydinov

Dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan, bukan berarti makan sedikit sekali atau bahkan tidak makan sama sekali. Bukan hanya kuantitas yang diperhatikan, melainkan kualitas makanan adalah hal yang sangat penting dalam diet. 

Selain itu, perubahan pola makan sangatlah subyektif dan bervariasi masing-masing individu. Mama bisa melihat dari negara asal, budaya, standar hidup, dan yang terpenting adalah kebutuhan gizi masing-masing individu berdasarkan indeks massa tubuh, makro-mikro nutrien, serta kalori harian yang diperlukan. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan fungsi hormon dan ovulasi lewat porsi nutrisi yang diperlukan

2. Meningkatkan fungsi hormon ovulasi lewat porsi nutrisi diperlukan
Freepik/user6694312

Secara umum, penderita PCOS diharapkan melakukan diet yang bergizi seimbang. Beberapa rekomendasinya adalah:

  • Asupan kalori haruslah dibagi ke dalam beberapa kali jatah makan per hari, dengan asupan kalori rendah dari camilan dan minuman
  • Asupan tinggi karbohidrat indeks glikemik rendah harus dihindari karena hal ini berkontribusi pada penambahan berat badan sekaligus merangsang rasa lapar terus-menerus
  • Biji-bijian utuh, serat, sayuran, buah, dan makanan minim tepung harus menjadi fokus utama saat merencanakan menu makanan

3. Hindari makanan olahan

3. Hindari makanan olahan
Freepik/bowonpat

Makanan olahan memang menggiurkan dan mudah disajikan. Tetapi makanan ini hanya memberikan kalori kosong dan tidak bergizi. Selain itu, makanan olahan minim serat dan bersifat menempel di usus sehingga membentuk racun yang meningkatkan risiko infeksi perut.

Makanan olahan umumnya mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet cenderung meningkatkan beban racun tubuh, menghambat kelancaran fungsi tubuh dan memperburuk ketidakseimbangan yang sudah ada dalam tubuh. Akibatnya proses pemulihan pun terhambat. Jika memungkinkan, hindari saus tomat buatan, selai dalam kemasan, dan makanan-minuman dalam kaleng. 

4. Perhitungkan makanan berkalori padat

4. Perhitungkan makanan berkalori padat
Freepik/topntp26

Kalori memang diperlukan tubuh untuk energi. Tetapi apabila dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan kegemukan. Salah satu kunci sukses diet sehat adalah mengurangi kalori padat. Biasanya kalori padat ditemukan dalam gorengan, permen, dan buah-buahan kering. Tak lupa juga cake, roti, dan juga keripik. Kombinasikan makanan berkalori padat dan ringan. 

5. Perbanyak minum air putih

5. Perbanyak minum air putih
Freepik/Renestevensdg

Menghidrasi tubuh sangatlah penting untuk keberhasilan diet kamu dan kesehatan tubuh secara umum. Yang paling baik adalah minum air putih dan mengurangi minum-minuman manis. 

Setelah bangun tidur, minumlah segelas air putih hangat secara perlahan-lahan. Jangan lupa sebelum makan minumlah air putih untuk menghindari keinginan makan berlebihan. Minumlah minimal delapan gelas air putih per hari, atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Dengan minum air putih yang cukup, dapat menekan nafsu makan yang seringkali disalahartikan sebagai lapar padahal sesungguhnya tubuh sedang kekurangan cairan.

PCOS tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat diminimalkan. Lakukan diet untuk program hamil bagi penderita PCOS ini di bawah pengawasan dokter gizi dan kandungan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.