TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Laki-Laki Bisa Hamil? Temukan Jawabannya di Sini!

Pernah mendengar berita mengenai seorang laki-laki yang bisa hamil? Simak fakta berikut ini yuk!

21 April 2022

Apakah Laki-Laki Bisa Hamil Temukan Jawaban Sini
Canva/PublicDomainPictures

Pernahkah Mama membaca atau mendengar berita ada seorang laki-laki yang tiba-tiba mengandung? Hal ini terdengar mustahil bukan? 

Pasalnya, perempuanlah yang memiliki rahim untuk bisa mengandung janin. Sementara laki-laki tidak memiliki rahim sehingga terdengar mustahil untuk bisa mengandung dan melahirkan bayi. 

Aneh tapi nyata, namun memang ada beberapa kisah laki-laki hamil yang terjadi di beberapa negara. Hal ini pun lantas menjadi pertanyaan apakah sebenarnya laki-laki memiliki kemungkinan untuk hamil atau tidak.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kaitkan dengan ilmu biologi. Lebih lanjut, berikut ini Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai apakah laki-laki bisa hamil.

1. Apakah laki-laki bisa hamil?

1. Apakah laki-laki bisa hamil
Freepik/wayhomestudio

Dilansir dari Medical News Today, siapa pun yang memiliki rahim dan ovarium memiliki kemungkinan untuk hamil dan melahirkan.

Orang yang terlahir dengan organ reproduksi laki-laki dan hidup sebagai laki-laki tidak bisa hamil.

Pasalnya, organ reproduksi laki-laki adalah testis dan penis, serta tidak memiliki rahim sehingga tidak memungkinkan untuk bisa hamil.

Namun, seorang laki-laki transgender atau orang non-binary (istilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender) memiliki kemungkinan untuk hamil.

Untuk lebih jelasnya, kita perlu memahami dulu istilah-istilah dalam gender dan jenis kelamin.

Dilansir dari Healthline, tidak semua orang yang lahir dengan organ reproduksi laki-laki atau yang memiliki sebutan AMAB (assigned male at birth) diidentifikasi sebagai laki-laki, begitu juga dengan orang yang lahir dengan organ reproduksi perempuan atau AFAB (assigned female at birth).

Orang yang merasa bahwa identitas gendernya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir biasanya disebut dengan transgender atau transmaskulin. 

Transmaskulin sendiri digunakan untuk menggambarkan orang yang terlahir sebagai perempuan yang mengidentifikasi atau menunjukkan sisi maskulin.

Transmaskulin biasanya diidentifikasi sebagai laki-laki atau sejumlah identitas gender lainnya termasuk non-binary, genderqueer, atau agender. Biasanya, transmaskulin ini lah laki-laki yang memiliki organ reproduksi yang diperlukan untuk bisa hamil.

Editors' Picks

2. Apakah orang yang menggunakan testosteron bisa hamil?

2. Apakah orang menggunakan testosteron bisa hamil
Freepik/freepik

Orang yang memiliki rahim dan ovarium memang bisa hamil dan melahirkan. Namun, bagaimana jika orang yang lahir dengan organ reproduksi perempuan menggunakan testosteron atau obat terapi hormon untuk laki-laki?

Terapi testosteron dapat menekan efek estrogen sekaligus merangsang perkembangan hormon maskulin, yang di antaranya adalah berikut ini:

  • Pertumbuhan otot

  • Redistribusi lemak tubuh

  • Meningkatkan pertumbuhan rambut pada tubuh dan wajah

  • Suara yang lebih dalam

Meskipun lebih sulit, transmaskulin yang melakukan terapi testosteron tetap memiliki kemungkinan untuk hamil. Terapi testosteron tidak membuat orang mandul. 

Tetapi jika pasien terapi testosteron dinyatakan hamil, maka ia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami solusio plasenta, persalinan prematur, anemia, dan hipertensi.

3. Proses pembuahan seseorang yang menjalani terapi testosteron

3. Proses pembuahan seseorang menjalani terapi testosteron
Freepik.com/freepik

Bagi transmaskulin yang menjalani terapi testosteron, menstruasi biasanya berhenti dalam waktu enam bulan setelah memulai terapi. Untuk bisa hamil, seseorang harus menghentikan penggunaan testosteron. 

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi orang yang sedang menggunakan testosteron untuk hamil usai melakukan hubungan seks vaginal tanpa kondom.

Pasalnya, belum banyak penelitian yang membuktikan dengan jelas seberapa efektif penggunaan testosteron sebagai metode pencegahan kehamilan.

4. Bagaimana jika seorang perempuan atau transmaskulin melakukan pengangkatan rahim?

4. Bagaimana jika seorang perempuan atau transmaskulin melakukan pengangkatan rahim
Freepik/freepik

Jika seorang perempuan atau transmaskulin menjalani histerektomi parsial atau prosedur operasi yang dilakukan dengan mengangkat sebagian dari rahim, maka ada kemungkinan telur yang telah dibuahi menempel ke saluran tuba atau perut, yang kemudian mengakibatkan kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kondisi kehamilan yang terjadi di luar rahim.

Namun, kasus ini sangat langka, dan menurut data dari the National Institutes of Health di tahun 2015, hanya ada 71 kasus yang tercatat sejak tahun 1895.

5. Apakah perempuan transgender yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki bisa hamil?

5. Apakah perempuan transgender terlahir jenis kelamin laki-laki bisa hamil
Pexels/Jonas Kakaroto

Seperti yang telah disebutkan di awal, seseorang baru bisa hamil jika mereka memiliki rahim. Alasannya karena di rahim lah tempat janin berkembang. 

Sementara itu, perempuan transgender yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki memiliki organ reproduksi laki-laki, yakni testis dan penis, namun tidak memiliki rahim. Termasuk laki-laki yang berhubungan seks dengan sesama laki-laki juga tidak mungkin mengalami kehamilan. 

Namun, beberapa ahli menyebut bahwa terdapat penelitian baru tentang transplantasi rahim yang membuat kehamilan laki-laki mungkin saja bisa terjadi di masa depan.

Namun, prosedur transplantasi rahim ini masih bersifat eksperimental, bahkan untuk perempuan dengan infertilitas.

Selain itu, tidak ada cukup penelitian yang memastikan apakah orang yang terlahir berjenis kelamin laki-laki dapat hamil dan mengandung bayi selama 9 bulan.

Dokter perlu mempelajari lebih dalam mengenai kesehatan sosial, fisik, dan mental seseorang sebelum dapat mempertimbangkan untuk menjalani transplantasi rahim. Selain itu, pasien juga harus menjalani serangkaian terapi dan prosedur yang cukup panjang.

Nah, itulah informasi mengenai apakah laki-laki bisa hamil. Semoga informasi ini bisa menjadi wawasan baru untuk kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk