TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mengirim Doa untuk Bayi yang Keguguran

Daripada berlarut dalam duka, alangkah baiknya Mama dan Papa panjatkan doa untuk si Kecil

30 Oktober 2022

5 Cara Mengirim Doa Bayi Keguguran
Unsplash/Jonathan Sanchez

Kehamilan memang tak selalu berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Terkadang, calon Mama dan Papa harus kehilangan sang janin yang tentunya membuat Mama dan Papa sangat terpukul.

Merasa sedih dan berduka memang wajar dirasakan Mama dan Papa yang baru saja kehilangan. Namun, daripada larut dalam duka, alangkah baiknya jika Mama dan Papa mengirim doa untuk si Kecil yang telah pergi. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum cara mengirim doa untuk bayi yang keguguran.

1. Membaca doa ketika pertama kali mengetahui bahwa Mama mengalami keguguran

1. Membaca doa ketika pertama kali mengetahui bahwa Mama mengalami keguguran
Freepik/wayhomestudio

Saat pertama kali mengetahui bahwa Mama mengalami keguguran, Mama bisa mengucap doa yang dapat mengiringinya. Ucapan tersebut juga merupakan potongan dari surat Al-Baqarah ayat 156.

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.”

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali.”

Selain sebagai wujud mengingatkan diri terhadap sang Pencipta, bacaan ini juga menguatkan hati untuk tetap sabar dan tegar saat Mama dan Papa mengalami kehilangan.

Editors' Picks

2. Mencoba ikhlas

2. Mencoba ikhlas
Freepik/Wayhomestudio

Mungkin hal ini sudah terdengar sangat klise. Namun, hal penting yang perlu Mama lakukan usai kehilangan sang bayi adalah mencoba ikhlas dan merelakan kepergian si Kecil. Mama harus menyadari bahwa segala sesuatu adalah milik sang Penguasa dan akan kembali pada-Nya. 

Begitu juga dengan bayi yang Mama kandung. Meskipun belum sempat bertemu langsung, namun tentunya si Kecil seakan sudah menjadi bagian dari diri Mama, bukan?

Jadi, wajar saja jika Mama merasa begitu terpukul dan kehilangan usai mengalami keguguran. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama berlarut dalam kesedihan, karena yang ia butuhkan bukanlah kesedihan Mama, namun doa dan keikhlasan.

3. Ajak keluarga atau pasangan untuk memanjatkan doa

3. Ajak keluarga atau pasangan memanjatkan doa
Freepik/rawpixel.com

Selain menjadi tabungan di surga, sebagian orang percaya bahwa bayi yang meninggal sebelum sempat lahir ke bumi akan menjadi malaikat kecil pelindung bagi keluarganya. Oleh karena itu, meski raga mereka sudah tidak ada, namun Mama tetap bisa mengenangnya.

Mama bisa memilih hari spesial, di mana pada hari tersebut Mama bisa mengenang saat-saat ia pernah hadir dalam hidup Mama.

Jangan lupa untuk ajak pasangan atau keluarga Mama untuk mengirimkan doa untuk sang bayi di hari spesial tersebut.

4. Beri nama untuk si Kecil dengan arti yang indah

4. Beri nama si Kecil arti indah
Pexels/Tima Miroshnichenko

Tahukah Mama bahwa memberikan nama kepada janin yang keguguran juga termasuk doa lho? Ya, memberikan nama kepada janin yang keguguran juga bisa menjadi salah satu cara memberikan doa dan harapan kepada bayi.

Mama bisa memberikan nama dengan arti yang baik, yang menjadi harapan dan doa Mama untuk si Kecil. Jika jenis kelamin janin belum diketahui, Mama dapat memberi nama yang bisa diberikan untuk anak laki-laki maupun perempuan.

5. Kunci agar doa dapat terwujud

5. Kunci agar doa dapat terwujud
Freepik/rawpixel.com

Agar semakin memperkuat doa Mama dan Papa, memintalah kepada Allah SWT hal-hal yang baik untuk sang bayi. Tanamkan keyakinan di dalam diri Mama dan Papa bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doa yang telah dipanjatkan.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan adab dalam berdoa. Mulailah dengan membaca bismillahirrahmanirrahim dan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW. Pasrahkan segala urusan kepada Allah SWT dan percayalah selalu ada hikmah di balik segala cobaan yang diberikan. 

Itulah cara mengirimkan doa untuk bayi yang keguguran. Mama bisa mengirimkan doa untuknya kapan saja, terlebih saat Mama merasa rindu kepadanya. Semoga si Kecil telah mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk