TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Doa Cepat Hamil setelah Keguguran yang Bisa Diamalkan

Dengan usaha dan doa, maka bukan tidak mungkin jika Mama akan kembali dikaruniai kehamilan

19 November 2022

9 Doa Cepat Hamil setelah Keguguran Bisa Diamalkan
Freepik/prostooleh

Kehilangan calon bayi akibat keguguran tentu saja membuat Mama sangat terpukul. Perasaan menjadi campur aduk, mulai dari kesedihan, duka, dan rasa bersalah yang menghantui.

Wajar saja jika Mama merasa sedih dan berduka. Namun, daripada terus menyalahkan diri sendiri dan tenggelam dalam kesedihan yang berlarut-larut, alangkah baiknya jika Mama memanjatkan doa untuk si Kecil yang telah pergi ke surga.

Selain itu, tak ada salahnya juga jika Mama memanjatkan doa untuk segera kembali dikaruniai momongan.

Di bawah ini Popmama.com telah merangkum doa cepat hamil setelah keguguran. Yuk, diamalkan, Ma!

1. Membaca Al-Fatihah

1. Membaca Al-Fatihah
Freepik/Jcomp

Sebelum memulai doa, hendaklah Mama dan Papa mengawali dengan bacaan Al-Fatihah. Sebagai surat pembuka dalam Al-Quran, Al Fatihah memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Salah satunya, membaca Al-Fatihah dapat mempermudah dikabulkannya sebuah doa. 

Surat Al-Fatihah juga dapat menjadi obat, penawar, dan penyembuh dari segala macam penyakit. Dengan catatan, setiap bacaan surat Al-Fatihah disertai keikhlasan, ketulusan, serta niat yang baik kepada Allah SWT.

2. Doa agar diberi kekuatan usai kehilangan

2. Doa agar diberi kekuatan usai kehilangan
Pexels/Monstera

Rasa sedih dan berduka merupakan perasaan yang wajar dirasakan calon Mama dan Papa yang baru saja kehilangan calon bayinya. Namun, perlu diingat bahwa selalu ada yang indah di balik setiap rencana Tuhan.

Agar tetap tegar usai mengalami keguguran, Mama bisa memanjatkan doa berikut:

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Allahumma’jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khoiron minhaa"

Artinya:

"Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik."

3. Berselawat kepada Nabi Muhammad SAW

3. Berselawat kepada Nabi Muhammad SAW
Freepik/Wayhomestudio

Selain sebagai bentuk pujian dan penghormatan kepada baginda Rasulullah SAW, membaca selawat juga dapat mempermudah dikabulkannya doa.

Rasulullah SAW bersabda: 

"Barang siapa berselawat seratus kali dalam sehari, maka Allah menunaikan seratus hajatnya. Tujuh puluh untuk hajat akhiratnya dan tiga puluh untuk hajat dunianya."

Ada banyak bentuk bacaan selawat, ini salah satunya yang bisa Mama dan Papa baca:

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

Editors' Picks

4. Membaca Ayat Kursi

4. Membaca Ayat Kursi
Freepik/freepik

Ayat Kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah Ayat 225. Dalam Ayat Kursi, terkandung makna keikhlasan terhadap Allah. Ayat ini bisa dibaca untuk menenangkan hati dan pikiran Mama usai mengalami kehilangan. 

Syaikh Al Bunni mengungkapkan bahwa barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut, yaitu 170 huruf, maka Allah SWT akan memberikan berbagai nikmat, seperti pertolongan, dipermudah segala hajat, menenangkan pikiran, diluaskan rezeki, dihilangkan dari duka, dan diberikan apa yang ia minta.

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa yauudlu huu hifdzuhumaa, wa huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

5. Membaca doa Nabi Zakariya AS di surat Ali ‘Imran

5. Membaca doa Nabi Zakariya AS surat Ali ‘Imran
Pexels/RODNAE Productions

Pernah dengar kisah Nabi Zakaria yang tak berputus asa meski belum juga dikaruniai keturunan? Setiap hari beliau dan istrinya memanjatkan doa agar segera diberikan keturunan. Sampai pada akhirnya Allah mengabulkan doa beliau dengan diberikannya keturunan yang sholeh, yang diberi nama Yahya.

Doa Nabi Zakaria saat memohon keturunan yang dapat juga Mama dan Papa amalkan terdapat dalam surat Ali Imran ayat 38.

“Qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan ṭayyibah, innaka sami'ud du'a”

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa”.

6. Membaca Surat Maryam

6. Membaca Surat Maryam
Freepik

Doa selanjutnya yang dapat Mama dan Papa baca agar kembali dikaruniai momongan usai mengalami keguguran adalah surat Maryam. Surat yang terdiri dari 98 ayat ini mengandung kisah Maryam yang diuji di tengah kehamilan.

Meski mengandung seorang diri, namun Maryam tetap berbaik sangka kepada Allah. Kemudian beliau mendapatkan balasan yang setimpal atas keikhlasannya tersebut.

Dengan membaca surat ini, diharapkan dapat membawa berprasangka baik serta ikhlas dalam menanti keturunan.

Surat Maryam ayat 1-6:

Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad. Dzikru rahmati rabbika ‘abdahu zakariyyaaIdz naadaa rabbahu nidaa-an khafiyyaanQaala rabbi innii wahana al’azhmu minnii waisyta’ala alrra/susyayban walam akun bidu’aa-ika rabbi syaqiyyaanWa-innii khiftu almawaaliya min waraa-ii wakaanati imra-atii‘aaqiran fahab lii min ladunka waliyyaanYaritsunii wayaritsu min aali ya’quuba waij’alhu rabbi radhiyyaan"

Artinya:

“Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad. Penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria. Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. Ia berkata “Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku. Dan Sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra. Yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan Jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai.”

7. Membaca istigfar

7. Membaca istigfar
Freepik/rawpixel.com

Rajin membaca istigfar dengan niat tulus dan ikhlas juga bisa mendapatkan ganjaran berupa kebaikan yang melimpah.

Mama dan Papa bisa mengamalkannya dengan membaca istighfar “Astagfirullah” sebanyak 71 kali ketika sujud atau sehabis sholat.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang memperbanyak istigfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

8. Membaca doa minta keturunan

8. Membaca doa minta keturunan
Freepik/rawpixel.com

Setelah membaca istigfar, Mama dan Papa bisa lanjutkan dengan membaca doa meminta keturunan.

“Allahummarzuqni waladan liusammihi bismi nabiyyika muhammad sholallohu alaihi wa alaihi”

Artinya:

"Ya allah karuniakan kepada keturunanku agar aku dapat menemaninya dengan nama Nabi Muhammad SAW.”

9. Membaca doa minta hajat

9. Membaca doa minta hajat
Freepik/rawpixel.com

Terakhir, ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah, yakni doa hajat. Doa ini biasanya dibaca setelah salat hajat. Berikut adalah bacaannya:

“Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

Nah, itu tadi doa cepat hamil setelah keguguran yang bisa diamalkan. Dengan niat, usaha dan doa yang bersungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin jika Mama akan kembali dikaruniai kehamilan.

Tetap semangat, ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk