Coba Yuk, Ini Tips Program Hamil Anak Laki-Laki a la Dokter Boyke

Mama ingin memiliki anak laki-laki? Yuk, simak tips berikut ini

2 Oktober 2020

Coba Yuk, Ini Tips Program Hamil Anak Laki-Laki a la Dokter Boyke
pexels/Andrea piacquadio

Jenis kelamin sebenarnya bukan perkara serius bagi pasangan orangtua saat memiliki anak karena yang utama adalah kesehatannya. Laki-laki maupun perempuan pasti akan disambut dengan kegembiraan.

Meskipun demikian, tetap ada pasangan yang memiliki preferensi dan mengharapkan keturunan dengan jenis kelamin tertentu, misalnya laki-laki. Banyak penyebab yang mendasarinya, bisa karena tradisi keluarga atau karena sudah punya anak perempuan sebelumnya. Tentu ini adalah hal wajar.

Menurut dokter Boyke Dian Nugraha, menentukan jenis kelamin anak bisa diupayakan sesuai keinginan sebelum masa pembuahan. Untuk anak laki-laki, bentuk sperma yang dikeluarkan dari calon ayah biasanya cenderung kecil dan gesit serta menyukai suasana basa. Untuk itu, jika ingin mendapatkan anak laki-laki, Kamu bisa mengatur suasana rahim menjadi basa.

Nah, kali ini Popmama.com akan memberikan tips program hamil anak laki-laki a la dokter B oyke.

Simak yuk, Ma!

1. Banyak makan daging dan sayur

1. Banyak makan daging sayur
Selerasa.com

“Kalau pengen punya anak laki-laki, yang prianya harus banyak makan daging, sedangkan yang wanitanya harus banyak makan sayur, dan hal ini dilakukan selama tiga bulan penuh,” jelas dr. Boyke.

Menurut dokter Boyke, banyak makan daging akan membuat bentuk sperma cenderung kecil dan gesit yang akan berperngaruh pada jenis kelamin anak nantinya.

Editors' Picks

2. Banyak makan tauge

2. Banyak makan tauge
Pixabay/qimono

Bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil, konsumsi taoge pun sangat baik dilakukan secara teratur.

Untuk laki-laki, taoge diketahui memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma. Jika sperma memiliki kualitas yang baik, peluang keberhasilan pembuahan sel telur pun kian meningkat.

Seperti diketahui, vitamin E adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi sperma dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, sperma pun menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Sementara itu, bagi perempuan kandungan vitamin E dalam taoge dapat membantu mengurangi gangguan siklus haid dan gangguan menopause. Masalah-masalah tersebut diketahui dapat mengganggu kesuburan dan menurunkan peluang kehamilan.

Sebagai sumber antioksidan, vitamin E bagi perempuan juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dan mencegah kanker payudara.

3. Gunakan baking soda

3. Gunakan baking soda
Freepik/Indrepau

Bukan hanya konsumsi makanan yang harus disesuaikan, namun dokter Boyke juga memberikan cara yang bisa dilakukan dari luar tubuh sebelum melakukan hubungan suami istri.

Caranya adalah perempuan harus membasuh organ intimnya dengan satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dalam 100 cc air mineral. Cara ini dilakukan tepat sebelum melakukan hubungan intim untuk membantu organ vagina menjadi lebih basa.

4. Berhubungan seks tepat pada masa subur

4. Berhubungan seks tepat masa subur
Unsplash/Estée Janssens

Hal lain yang perlu Kamu perhatikan adalah waktu melakukan hubungan suami istri, yaitu harus tepat pada saat ovulasi atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi.

Hal ini dikarenakan sifat sel sperma Y, memiliki bentuk yang lebih kecil dan gesit tetapi hanya mampu bertahan paling lama 48 jam di dalam rahim. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki, karena sperma Y akan mengungguli kecepatan sperma X untuk bertemu dan membuahi sel telur.

“Dan ini bukan mitos, ini sudah ada penelitiannya. Semua cara yang tadi sudah disebutkan, keberhasilannya sudah terbukti 70 hingga 75 persen,” tegas dr. Boyke.

Karena cara-cara tersebut sebenarnya adalah cara alami, namun dimanipulasi agar lebih efektif.

5. Posisi bercinta

5. Posisi bercinta
Freepik/prostooleh

Posisi bercinta juga dapat menentukan keberhasilan program anak laki-laki. Ada beberapa posisi seks dan penetrasi yang bisa membantu mendapatkan anak laki-laki. Posisi seks dengan sudut penetrasi yang dalam dapat mengurangi jarak yang ditempuh sperma anak laki-laki untuk berenang lebih cepat, tanpa harus melewati bagian luar vagina yang bersifat asam.

Dengan penetrasi yang dalam, sperma laki-laki akan lebih cepat untuk mencapai sel telur. Posisi yang bisa di lakukan misalnya doggy style, woman on top, atau posisi duduk.

Nah, itu dia beberapa tips program hamil anak laki-laki a la dokter Boyke. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan ya, Ma. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.