Ini Alasan Kenapa Laki-Laki Perlu Divaksin HPV sebelum Program Hamil

Ini penting, lho

23 Mei 2022

Ini Alasan Kenapa Laki-Laki Perlu Divaksin HPV sebelum Program Hamil
Pexels

Belum lama ini, pemerintah Indonesia mewajibkan masyarakatnya untuk melakukan vaksin HPV. Vaksinasi ini akan digratiskan guna mencegah bertambahnya kasus kanker serviks pada perempuan dan kutil kelamin pada laki-laki.

Kendati baru digratiskan untuk anak dan perempuan, vaksin HPV ternyata juga dibutuhkan oleh laki-laki, lho. Ini lantaran virus HPV sangat berbahaya dan bisa menular melalui kontak seksual, seperti lewat alat kelamin, mulut, atau tenggorokan. Maka dari itu, Papa juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin ini. 

Pemberian vaksin HPV untuk laki-laki utamanya bisa diberikan sebelum suami dan istri memulai program hamil. Untuk mengetahui kenapa laki-laki perlu divaksinasi sebelum program hamil, simak selengkapnya artikel Popmama.com ini ya.

Editors' Picks

Kenapa Laki-Laki Perlu Divaksin HPV sebelum Program Hamil?

Kenapa Laki-Laki Perlu Divaksin HPV sebelum Program Hamil
Pexels

Tidak hanya perempuan yang perlu mendapatkan vaksin HPV guna mecegah diri dari kanker serviks, tetapi laki-laki juga. Lantaran, beberapa jenis HPV bisa menyebabkan kutil kelamin pada laki-laki.

HPV sendiri merupakan virus yang rumit untuk didiagnosis, sebab ada beberapa HPV pada laki-laki yang tidak menunjukkan gejala. Seorang laki-laki bahkan nggak merasakan sakit tenggorokan atau demam, tetapi sebenarnya sedang terinfeksi dan bahayanya lagi bisa menularkan virus ke pasangan.

Di Amerika Serikat, lebih dari 42 orang telah terinfeksi HPV tanpa gejala. Kemudian, mereka baru menyadarinya setelah muncul kutil pada kelamin dan kanker dubur.

Pemberian vaksin HPV untuk laki-laki sendiri sebaiknya dilakukan sebelum ia memulai program hamil dan aktif berhubungan seksual. Pasalnya, vaksinasi HPV pada laki-laki hanya akan memberikan kekebalan tubuh untuknya bukan mengobati kutil kelamin yang sudah terjadi.

Apabila kutil kelamin sudah terjadi, Calon Papa harus melakukan berbagai pengobatan lain untuk mengatasinya. Aktivitas seksual dengan Mama pun juga harus dihentikan sementara sampai penyakit ini sembuh.

Waktu Terbaik bagi Laki-Laki Melakukan Vaksin HPV

Waktu Terbaik bagi Laki-Laki Melakukan Vaksin HPV
Unsplash/Ed Us

Seperti fungsi utamanya sebagai alat untuk mencegah tertular virus HPV, baiknya calon Papa mendapatkan vaksinasi HPV sebelum aktif berhubungan seksual atau memulai program hamil.

Namun, Centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan agar laki-laki dan perempuan sebaiknya mendapatkan vaksinasi HPV saat berusia 9 tahun sebab belum pernah terinfeksi virus tersebut.

Hal ini yang kemudian membuat pemerintah mengutamakan pemberian vaksin HPV secara gratis untuk anak-anak terlebih dulu.

Dosis Vaksin HPV yang Diperlukan Laki-Laki

Dosis Vaksin HPV Diperlukan Laki-Laki
Pexels

Sama seperti perempuan, sebaiknya dosis pertama vaksin HPV diberikan ketika laki-laki berusia 9–12 tahun, dilanjut dosis kedua 6–12 bulan setelahnya.

Namun, jika calon Papa belum pernah mendapatkan vaksin ketika remaja, maka dosis yang diperlukan sedikit lebih banyak, yakni tiga dosis. Dosis tersebut diberikan tergantung sistem kekebalan tubuh.

Vaksin HPV untuk laki-laki tidak hanya mecegah calon Papa terkena virus kelamin ini, tetapi juga virus berbahaya jenis lainnya. Jadi, jangan tunda lagi ya untuk mendapatkan vaksinasi ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk