hanco

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Bikin Cepat Hamil?

Rasakan sendiri manfaatnya, yuk!

24 Agustus 2019

Manfaat Vitamin E Kesuburan Bikin Cepat Hamil
Freepik/jcomp

Jika kamu sudah menikah dan sedang merencanakan program hamil dengan pasanganmu, yang bisa kamu lakukan adalah kamu dan pasanganmu perlu mengonsumsi berbagai macam nutrisi yang baik, seperti vitamin dan mineral. Salah satu jenis vitamin yang dipercaya ampuh untuk kesuburan adalah vitamin E.

Selama ini Vitamin E diketahui karena manfaatnya yang bisa merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Ternyata tidak hanya terpaku pada itu saja, terungkap bahwa banyak yang memanfaatkan vitamin E untuk mengatasi masalah kesuburan baik untuk pria ataupun wanita.

Vitamin E sendiri merupakan nutrisi penting yang bisa menunjang kinerja dari banyaknya organ tubuh manusia. Pada vitamin E juga mempunyai efek antioksidan yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan.

Dari antioksidan yang terkadnung tersebut, vitamin E bisa mempertahankan sel tubuh kamu dari radikal bebas, yang merupakan zat yang dapat menimbulkan masalah kesehatan tertentu. 

Apa kamu sudah mengetahui sebelumnya apa saja sebenarnya manfaat dari vitamin E untuk kesuburan dan berapa banyak asupan vitamin E yang diperlukan agar bisa cepat hamil? Jika belum mengetahui, berikut Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini.

1. Mencegah penuruan ovulasi

1. Mencegah penuruan ovulasi
Freepik/elnurfreepik

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa meningkatkan asupan vitamin E dapat mencegah penurunan ovulasi. Penurunan ovulasi sendiri merupakan salah satu alasan perempuan yang mengalami kesulitan hamil.

Mengonsumsi vitamin E sebelum menjalani perawatan kesuburan ternyata bisa meningkatkan tingkat keberhasilan program kehamilan lho. Zat ini memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan plasenta yang sangat penting untuk mendukung kehamilan sehat.

Selain itu semua, vitamin E juga bisa meningkatkan lendir serviks sehinggal bisa membuat sperma tetap hidup lebih lama.

2. Menebalkan dinding rahim perempuan

2. Menebalkan dinding rahim perempuan
Freepik/senivpetro

Selain mencegah penuruan ovolusi, penelitian juga banyak menyebutkan bahwa mengonsumsi asupan vitamin E bisa membantu perempuan yang mempunyai masalah dinding rahim tipis.

Ketebalan dinding rahim yang ideal memang sangat penting bagi pembuahan dan kehamilan. Sebab embrio harus menempel erat pada dinding rahim untuk bisa tumbuh menjadi janin yang sempurna.

Oleh karena itu, memiliki dinding rahim yang terlalu tipis bisa menyulitkan peluang terbentuknya janin dalam kandungan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada vitamin E ternyata mampu melindungi sistem reproduksi kamu dari radikal bebas atau kerusakan sel yang membuat dinding rahim menipis.

Selain antioksidan, kandungan antikagulan alami yang terkandung pada vitamin E juga bisa mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim perempuan untuk membuat peredaran darah rahim lancar. Peredaran darah yang lancar bisa meningkatkan ketebalan dinding rahim.

Editors' Picks

3. Meningkatkan kualitas sel sperma

3. Meningkatkan kualitas sel sperma
Freepik/jcomp

Tidak hanya baik untuk meningkatkan kesuburan perempuan, vitamin E juga dianjurkan untuk kesuburan laki-laki. Jika kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil, maka kalian berdua bisa menjadikan vitamin E sebagai salah satu asupan yang baik dan bermanfaat untuk mempercepat kehamilan.

Penelitian menunjukan bahwa kombinasi vitamin E dan mineral bernama selenium yang dikonsumsi laki-laki ternyata mampu meningkatkan kualitas sel sperma yang dikeluarkannya. Dalam studi ini, para ahli mengamati bahwa pria yang mendapat asupan vitamin E dan selenium memiliki sperma dengan pergerakan (motilitas) dan bentuk yang lebih baik.

Penelitian ini juga menemukan bahwa sejumlah 10,8 persen peserta penelitian yang terlibat, ternyata berhasil melakukan pembuahan setelah menerima kombinasi vitamin E dan selenium. Oleh karena itu, vitamin E memang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan laki-lakiyang punya masalah dengan kualitas spermanya.

Itulah manfaat vitamin E untuk kesuburan. Lantas apa saja jenis asupan dan seberapa banyak dosis vitamin E yang bisa kamu konsumsi? Yuk, simak tips dibawah ini:

Tips Mengonsumsi Vitamin E untuk Kesuburan

Tips Mengonsumsi Vitamin E Kesuburan
Freepik/yuliyafurman

Bila kamu adalah pasangan yang baru menikah dan sedang menjalankan prgram hamil, jika ingin segera diberikan momongan, kamu dan pasangan bisa meningkatkan asupan vitamin E dari sumber alami.

Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin E dari biji-bijian, misalnya biji bunga matahari (kuaci). Selain itu, kamu bisa menambah asupan vitamin E dari kacang almond, alpukat, mangga, bayam, dan labu.

Selain asupan yang bersumber alami, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E yang sudah banyak ditemukan. Namun sebelumnya kamu perlu mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu, seberapa banyak dosis yang kamu butuhkan. Sebab suplemen tidak bisa sembarangan dikonsumsi di luar pengawasan dokter, terutama bagi kamu yang sedang mengusahakan kehamilan.

Di samping menambah asupan vitamin E, kamu dan pasangan tentunya sangat dianjurkan untuk menjalani gaya hidup yang sehat supaya mempercepat proses hamil. Caranya dengan berolahraga secara teratur, menjaga pola makan yang seimbang, istirahat yang cukup, dan harus bisa mengelola stress yang terbukti meningkatkan peluang kehamilan.

Itulah tips mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan, tetap perhatikan gaya hidup dan dosis vitamin E yang akan kamu konsumsi ya. Semoga segera diberikan calon buah hati dan selamat menjalani kehamilan dengan sehat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!