Terapi Pijat Kesuburan, Bisa Percepat Kehamilan?

Cari tahu sebelum memulainya yuk, Ma

7 Maret 2020

Terapi Pijat Kesuburan, Bisa Percepat Kehamilan
pixabay/ Alterio Felines

Mencoba untuk segera hamil seringkali membuat pasangan menjadi lebih stres, terlebih jika memakan waktu yang cukup lama dari waktu yang kamu dan pasanganmu harapkan.

Memanjakan diri saat kamu dan pasangan mencoba untuk hamil mungkin bisa menjadi cara sempurna untuk menyiapkan tubuh dan mengurangi stres yang mematikan mood.

Dari banyaknya cara memanjakan dan mempersiapkan diri sebelum kehamilan, pijat atau terapi kesuburan sering dikatakan sebagai salah satu cara mempercepat kehamilan. Benarkah?

Jadi apa itu pijat kesuburan, dan apakah itu benar-benar berfungsi ketika kamu mencoba untuk hamil? Berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber. Yuk, cari tahu terlebih dahulu sebelum mencobanya!

1. Apa itu terapi kesuburan?

1. Apa itu terapi kesuburan
Freepik/Chevanon

Sebenarnya definisi pijat kesuburan bervarisi berdasarkan para praktisi yang ada. tetapi pada umumnya terapi kesuburan mencakup beberapa teknik yang sama.

Terapi kesuburan dapat mencakup pijat jaringan bagian dalam perut yang dimaksudkan untuk meningkatkan sirkulasi, ilah yang diperkirakan oleh beberapa praktisi untuk meningkatkan kesuburan.

Terapi ini juga mencakup penggunaan titik akupresur tertentu di sekitar kaki, terutama pergelangan kaki bagian dalam dan luar yang sesuai dengan rahim, ovarium dan organ reproduksi lainnya.

Cara ini digunakan dalam bentuk pijat kaki yang disebut pijat refleksi.Teknik relaksasi yang teratur mirip dengan yang digunakan dalam pijatan normal, seperti menggosok bahu dan leher, pijatan ini lah yang bisa dimasukkan ke dalam jenis terapi kesuburan.

Editors' Picks

2. Terapi kesuburan menurut medis

2. Terapi kesuburan menurut medis
Freepik/nensuria

Secara umum, terapi kesuburan dalam medis terbagi dalam tiga jenis. Yaitu terapi kesburuan dengan obat-obatan, terapi kesuburan dengan prosedur bedah atau operasi, dan terapi kesuburan dengan cara inseminasi buatan serta bayi tabung.

  • Terapi melalui obat-obatan

Menggunakan obat-obatan yang membantu menyukseskan program hamil melalui terapi kesuburan, yaitu clomifene. Fungsi obat ini adalah untuk mendorong pelepasan sel telur secara teratur.

Biasanya diberikan kepada perempuan yang mengalami proses ovulasi tidak teratur atau bahlan tidak bisa berovulasi sama sekali. Untuk merangsang ovulasi pada perempuan, dokter juga bisa memberikan hormon GnRH (Gonadotrophin-releasing hormon) atau dopamin.

  • Terapi dengan prosedur bedah

Salah satu tindakan bedah yang dilakukan untuk terapi kesuburan adalah dengan operasi untuk mengatasi masalah di saluran tuba falopi. Tindakan bedah ini dilakukan jika saluran sel telur tertutup atau adanya bekas luka karena penyakit terdahulu.

Ada banyak masalah perempuan mengapa sulit hamil. Dokter akan melakukan tindakan bedah sesuai dengan permasalhan yang diderita pasiennya. Oleh karena itu penting untuk melakukan cek kesehatan sebelum mempersiapkan kehamilan.

  • Terapi dengan metode IUI atau bayi tabung

Salah satu metode program hamil yang dapat dilakukan jika terapi kesuburan tidak membuahkan hasil, adalah dengan inseminasi buatan atau intrauterine insemination (IUI).

Ini adalah cara memasukkan sperma ke dalam rahim secara langsung pada saat ovulasi. Atau dengan program bayi tabung (IVF), yang mana proses pembuahan melalui IVF dilakukan dengan cara mengambil sel telur dari ovarium, yang kemudian digabungkan dengan sperma untuk pembuahan. 

3. Apakah terapi kesuburan dengan pijat bisa membantu kehamilan?

3. Apakah terapi kesuburan pijat bisa membantu kehamilan
Freepik

Terapi kesuburans eringkali disebut juga dengan pijat kesuburan. Apakah sebenarnya dengan melakukan pijat kesuburan bisa membantu mempercepat kehamilan? Jawabannya sebenarnya tidak.

Hal ini karena belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa pijat kesuburan bisa mempercepat kehamilan.

Tetapi meskipun demikian, pijat, seperti yoga dan meditasi ternyata dapat membantu mengurangi stres. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pijatan menurunkan kadar kortisol (juga dikenal sebagai hormon stres) dalam tubuh dan meningkatkan serotonin dan dopamin, yang dianggap berkontribusi terhadap kesejahteraan dan peningkatan suasana hati dalam proses kehamilan.

Jadi, meskipun pijat kesuburan sebenarnya belum menujukkan tanda cepatnya kehamilan. Tetapi pijat memiliki manfaat utama ketika mencoba hamil, yang mana itu dapat menghilangkan beberapa stres yang dapat membunuh suasana hati bayi.

4. Jenis pijat yang bisa dilakukan untuk mempercepat kehamilan

4. Jenis pijat bisa dilakukan mempercepat kehamilan
Freepik

Sebagian besar jenis pijat sebenarnya aman dicoba untuk mempersiapkan kehamilan. tetapi beda hal jika kamu sedang mengandung. Dibutuhkan terapis profesional dan tidak disarankan melakukannya pada trimester pertama kehamilan.

Terdapat jenis-jenis pijat yang bisa dilakukan untuk mempercepat kehamilan, diantaranya adalah:

  • Pijat refleksi

Pijat ini menggunakan titik akupresur tertentu yang ditemukan di kaki yang mana berhubungandengan bagian reproduksi. Beberapa terapis percaya memberikan tekanan pada titik-titik itu bisa meningkatkan peluang seseorang untuk hamil.

  • Pijat perut

Para terapis cenderung percaya bahwa pijat kesuburan juga berfokus pada perut, yang dapat diisi dengan ketegangan merupakan kunci untuk meningkatkan upaya konsepsi.

  • Pijat Swedia

Pijat jenis ini menjadi salah satu teknik paling populer. Ini melibatkan sentuhan yang lebih ringan, dan dikenal sebagai relaksasi. Jika stres karena berusaha hamil membebanimu, teknik yang lembut dan berirama ini dapat membantu menghilangkan ketegangan.

  • Pijat shiatsu

Pijatan ini juga baik untuk memberikan tekanan padan titik-titik  yang berhubungan dengan organ reproduksi serta yang meningkatkan relaksasi yang dalam untuk mempercepat proses kehamilan.

Meskipun pijat belum memungkinkan membuat kamu cepat hamil, tetapi dengan melakukan pijat kamu bisa mengurangi beberapa stres, kecemasan yang mungkin dialami ketika mencoba untuk hamil. 

Tetapi pastikan kamu mendapatkan pijatan dari terapis pijat berlisensi yang berpengalaman dalam pijat prenatal. Sehingga tidak ada efek yang membuat kamu takut melakukan pijat untuk memeprsiapkan kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.