11 Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Merencanakan Kehamilan

Ketika dokter menyarankan perbaiki pola makan kamu, ini dia makanan yang harus Kamu hindari

23 Mei 2020

11 Makanan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Merencanakan Kehamilan
Unsplash/Heather Schwartz

Ketika seorang perempuan sedang mencoba untuk menjadi seorang mama, sangat penting baginya untuk mengonsumsi makanan yang tepat untuk kesehatan pribadinya dan juga kesehatan calon anaknya.

Makanan tertentu cenderung mengurangi peluang pasangan, sehingga hampir tidak mungkin untuk memulai sebuah keluarga, yang merupakan kekhawatiran terbesar setiap orang yang sudah menikah. Beberapa makanan yang dianggap sebagai "makanan sehat" justru dapat menurunkan peluang bagi seorang mama juga.

Jika di dalam daftar yang Popmama.com sebutkan di bawah ini ada makanan favorit kamu dan Kamu merasa itu sulit untuk ditinggalkan, dengan berat hati Kamu tetap harus melakukannya. Lakukan dengan penuh disiplin jika kamu sedang merencanakan kehamilan.

1. Protein hewani yang masih mentah

1. Protein hewani masih mentah
Unsplash/Artem bali

Enak ya, kalau makan daging sapi dan seafood. Protein hewani tertentu seperti daging mentah dan makanan laut misalnya, ini sebenarnya harus dihindari atau setidaknya berkurang dalam menu makan kamu kalau kamu sedang mencoba untuk hamil.

Bakteri salmonella dapat ditemukan dalam produk-produk ini yang dapat menyebabkan diare, demam, kram perut, dan muntah.

Unsur-unsur bakteri lain yang dapat ditemukan dalam protein hewani mentah dan makanan laut adalah bakteri coliform yang dapat menyebabkan infeksi pada usus individu serta toksoplasmosis yang menyebabkan nyeri otot dan nyeri, pembengkakan kelenjar limfa dan dapat menciptakan kondisi seperti flu.

Semua elemen bakteri ini sangat membahayakan janin karena mereka dapat menginfeksi area plasenta. Pastikan untuk memasak semua produk hewani dengan sangat baik dan melewatkan makanan tertentu seperti sushi dan carpaccios.

2. Alkohol, rokok, kafein

2. Alkohol, rokok, kafein
Unsplash/Adam jaime

Semua orang tahu bahwa minum terlalu banyak kopi jelas tidak baik untuk tubuh manusia dan fungsi tubuh manusia.

Pada laki-laki, konsumsi kopi yang berlebihan akan memengaruhi air mani dalam tubuhnya secara negatif. Itu juga bisa berdampak negatif pada DNA air mani.

Seperti dilansir babygaga.com, pada perempuan konsumsi produk kafein yang berlebihan dapat menyebabkan infertilitas. Pada dasarnya, kafein mengganggu kontraksi otot tuba fallopi dan hasil ini dapat menyulitkan telur untuk pindah ke tempat yang tepat di tuba fallopi untuk pembuahan.

Jika Kamu memiliki kendala untuk buang air besar tanpa minum kopi di pagi hari, pastikan untuk minum hanya satu cangkir kopi sehari.

Sementara itu Kamu harus tahu penjelasan bahwa alkohol dapat berkontribusi pada infertilitas dengan menghentikan nutrisi yang baik dalam tubuh untuk mengakses seluruh tubuh. Hal ini persis seperti merkuri.

Alkohol juga menyerap semua vitamin B dalam tubuh. Hal ini tentu saja sangat buruk karena vitamin B meningkatkan kemungkinan seseorang untuk hamil dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Sementara vitamin B ini seharusnya terpenuhi selama persiapan kehamilan atau selama masa kehamilan termasuk saat Kamu yang berada di usia hamil muda.

Stop konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Hindari juga lingkungan orang-orang yang merokok agar Kamu tidak menjadi perokok pasif. Nikotin dan tar dari asap rokok bisa berbahaya untuk kesehatan.

3. Donat, si roti bolong yang memiliki sejuta topping

3. Donat, si roti bolong memiliki sejuta topping
Unsplash/Patrick Fore

Sayang sekali, kenyataan ternyata pahit. Donat yang bisa jadi mood booster bagi sebagian orang karena rasa manis dan gurihnya ini ternyata harus dihindari bagi orang yang sedang merencanakan kehamilan.

Sebab donat bukan sekadar makanan penutup surgawi, tapi di lain sisi ini menyebabkan obesitas. Selain itu, juga dapat menyebabkan diabetes karena semua kandungan gula di dalam makanan penutup ini.

Diabetes saja dapat menyebabkan perkembangan janin yang buruk. Makanan penutup ini juga tinggi karbohidrat dan lemak trans, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan ketidakstabilan hormon.

Fluktuasi akan mengganggu proses ovulasi tubuh wanita yang selanjutnya akan meningkatkan infertilitas. Makan donat sesekali tidak akan selalu mengganggu proses ovulasi tetapi pastikan Kamu selalu membatasinya.

4. Popcorn, teman kencan yang paling setia saat nonton

4. Popcorn, teman kencan paling setia saat nonton
Unsplash/Mc Jefferson Agloro

Popcorn manis atau asin ternyata harus dibatasi jika kamu sedang merencanakan kehamilan.

Siapa kira teman setia saat nonton film ini ada di daftar makanan yang harus dihindari bagi calon ibu hamil.

Pada dasarnya, dalam lapisan kemasan popcorn ada kimia sintetis yang disebut asam perfluorooctanoic juga dikenal sebagai PFOA. Bahan kimia sintetis ini meningkatkan risiko infertilitas hingga 70 persen lebih tinggi pada perempuan yang terpapar bahan kimia ini paling banyak. PFOA juga telah dikaitkan dengan kanker payudara dan prostat serta siklus menstruasi yang tidak teratur yang dapat menempatkan seorang wanita pada risiko infertilitas juga.

Selain itu, popcorn juga tinggi garam yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Editors' Picks

5. Tinggalkan junk food sekarang!

5. Tinggalkan junk food sekarang
Unsplash/Niklas Rhöse

Stop makan junk food. Ini bukan untuk orang yang sedang merencanakan kehamilan. Buang semua kontak pemesanan junk food yang ada di ponsel kamu ya mulai sekarang.

Konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas yang akan membawa seseorang ke diabetes, dan banyak masalah lain dengan tubuh manusia yang kemudian dapat membawa seseorang ke kematian dini.

Namun, mari kita pikirkan efek obesitas. Tekanan darah tinggi akan mengganggu perkembangan janin dan juga bisa menyebabkan infertilitas. Jika pasangan mencoba untuk hamil dan muncul keinginan untuk mengonsumsi hamburger, maka jauh lebih baik untuk membuat hamburger di rumah.

6. Bye nasi putih, nasi merah lebih cocok untuk kamu

6. Bye nasi putih, nasi merah lebih cocok kamu
Unsplash/Charles Koh

Beras putih harus dihindari karena memiliki indeks glikemik tinggi. Beras putih bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga bisa memicu diabetes bila dikonsumsi berlebihan.

Jenis karbohidrat ini juga dapat menyebabkan obesitas dan semua dampak negatif yang terkait dengan obesitas. Jika keinginan untuk mengonsumsi nasi putih muncul, beralihlah ke beras merah karena itu jauh lebih baik untuk tubuh.

Beras merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah, serta mengandung banyak serat dan nutrisi berbeda yang memberi dampak positif pada tubuh.

7. Keju yang tidak dipasteurisasi

7. Keju tidak dipasteurisasi
Unsplash/Lindsay Moe

Pasteurisasi, merupakan proses membunuh bakteri patogen yang merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Di dalam keju lunak yang tidak dipasteurisasi, bakteri tersebut masih hidup yang bisa sangat buruk bagi perkembangan bayi.

Keju yang tidak dipasteurisasi adalah feta, keju kambing, Brie, Camembert, keju biru, Roquefort, dan Gorgonzola. Karena keju ini tidak melalui proses untuk menghilangkan bakteri, mereka mengandung listeria yang menyebabkan sakit kepala, kehilangan keseimbangan, kejang, kebingungan atau perubahan kewaspadaan, dan leher kaku.

Keju lunak yang tidak dipasteurisasi juga meningkatkan risiko keguguran.

8. Ibu hamil boleh makan sushi tapi bukan yang mengandung ikan dengan merkuri yang tinggi

8. Ibu hamil boleh makan sushi tapi bukan mengandung ikan merkuri tinggi
Unsplash/janicitea

King mackerel, marlin, hiu, ikan todak, tilefish, tuna ahi dan tuna bigeye adalah ikan yang mengandung tingkat merkuri tinggi. Pada dasarnya merkuri meracuni ginjal dan sistem saraf tubuh seseorang dan efek ini sangat beracun bagi tubuh.

Ketika seorang ibu hamil terpapar terlalu banyak merkuri, risiko anaknya terlahir dengan ketidakmampuan belajar akan meningkat. Mulailah selektif memilih makanan jika saat ini Kamu sedang merencanakan kehamilan.

Merkuri juga dapat ditemukan dalam obat-obatan dan kosmetik tertentu jadi pastikan untuk memverifikasi bahan-bahan sebelum membeli produk-produk ini.

9. Produk susu tertentu

9. Produk susu tertentu
Unsplash/Noemí Jiménez

Produk susu yang rendah lemak mungkin mengandung hormon androgen. Salah satu tujuan utama hormon ini dalam tubuh manusia adalah untuk diubah menjadi hormon perempuan, estrogen.

Hormon androgen diproduksi di ovarium, kelenjar adrenal, dan sel-sel lemak di tubuh perempuan yang kemudian diubah menjadi hormon perempuan.

Ketika seorang perempuan mengonsumsi susu rendah lemak, dia memasok tubuhnya dengan lebih banyak hormon androgen dan pada akhirnya ada begitu banyak hormon androgen dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengubahnya menjadi hormon estrogen dengan cepat.

Asupan terlalu banyak hormon pria ini dapat mengganggu siklus menstruasi. Ujungnya Kamu malah jadi sulit hamil. Padahal bukan ini yang Kamu harapkan.

10. Hentikan makan karbo, karbo, dan karbo secara berlebihan

10. Hentikan makan karbo, karbo, karbo secara berlebihan
Freepik/pressfoto

Makan nasi pakai mie instan, makan nasi pakai kentang, atau makan nasi pakai bihun. Itu adalah pilihan menu makanan bagi sebagian orang. Semoga Kamu tidak terjebak dengan menu makanan super kaya karbohidrat seperti itu ya.

Makanan indeks glikemik yang tinggi adalah kentang, nasi putih, dan roti putih, makanan manis seperti permen, kue, dan minuman manis.

Makanan jenis ini pasti akan meningkatkan kadar gula darah yang dapat membuat seseorang berisiko terkena diabetes, serangan jantung, dan tentu saja kegemukan. Risiko-risiko kesehatan tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan.

11. Kacang polong kemasan

11. Kacang polong kemasan
Pixabay/PublicDomainPicture

Kacang polong seharusnya bisa membawa manfaat pada kesehatan, namun ada bahan kimia alami yang disebut m-xylohydroquinone yang dapat bertindak sebagai kontrasepsi alami.

Nama kimia itu terdengar palsu dan berita ini ditemukan sekitar lima puluh tahun yang lalu, seperti disampaikan dalam laman babygaga.

Satu-satunya bagian yang berbahaya dari mengonsumsi kacang polong adalah bahan kimia yang terdengar aneh, sedangkan semua unsur lain yang ditemukan dalam kacang polong sangat baik untuk kesehatan manusia.

Jika seseorang khawatir tentang bahan kimia alami yang ditemukan di kacang polong yang dapat bertindak sebagai kontrasepsi, pastikan untuk mengonsumsi kacang polong secukupnya dan hindari kacang polong yang dikemas dalam kaleng.

Itulah 11 makanan yang harus dihindari atau dibatasi bagi Kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Coba untuk lebih disiplin agar Kamu bisa cepat hamil. Good luck, calon Mama!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.