Agar Akurat, Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Tes Kehamilan?

Pagi atau malam, ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk melakukan tes kehamilan agar akurat

20 Agustus 2021

Agar Akurat, Kapan Waktu Tepat Melakukan Tes Kehamilan
Pexels/tima-miroshnichenko

Dua minggu setelah masa ovulasi jadi waktu yang cukup meneganggkan. Sebab, bagi yang program hamil (promil) ini adalah waktu yang membuat cemas.

Dalam dua minggu itu, kita seolah dibuat bingung ketika mengalami gejala seperti hamil. Apakah itu menjadi pertanda hamil atau hanya sedang PMS. 

Bagi orang yang baru pertama promil  mengetahui kapan waktu yang tepat melakukan tes kehamilan bisa membingungkan. Sebab, waktu pengambilan tes bisa lebih akurat dibandingkan waktu lainnya. 

Misalnya jika membeli tes kehamilan dan melakukan tes itu di malam hari apakah hasilnya akurat atau tidak? Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai kapan waktu yang tepat melakukan tes kehamilan agar hasilnya akurat.

1. Melakukan tes kehamilan di malam hari, hasilnya akurat?

1. Melakukan tes kehamilan malam hari, hasil akurat
Freepik/4045

Dikutip dari Parenting Firts Cry, kita bisa mengambil tes kehamilan di malam hari tapi jangan berharap itu akurat. 

Sebab, tujuan utama melakukan tes kehamilan adalah untuk memeriksa hCG (human chorionic gonadotropin) yang merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan.

Hormon ini dilepaskan dengan urin di pagi hari sehingga bisa memberikan pembacaan yang kuat. Itulah sebabnya tes kehamilan lebih akurat dilakukan saat pagi hari. 

Jika dilakukan pada garis mungkin lebih samar atau tes kehamilan dapat memberikan hasil yang salah.

Editors' Picks

2. Alasan tidak melakukan tes kehamilan di malam hari

2. Alasan tidak melakukan tes kehamilan malam hari
Pexels/tima-miroshnichenko

Tes kehamilan saat malam hari tidak ideal karena strip tes atau alat tes kehamilan tidak bisa mendeteksi hormon hCG dengan baik. Sebab, hormon itu tidak banyak jejaknya di malam hari sehingga bisa mendapatkan hasil tes yang salah.

Meski masih ada kemungkinan, mendapatkan hasil tes kehamilan positif di malam hari sangat kecil. Oleh karenanya, calon Mama akan lebih mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan akurat di pagi hari.

3. Jika ingin lebih akurat, bisa melakukan tes kehamilan lewat darah

3. Jika ingin lebih akurat, bisa melakukan tes kehamilan lewat darah
Shutterstock/Marina Kudrjavceva
Dok. Jovee (unavailable to reuse)

Jika ingin lebih yakin dengan hasil positif pada tes kehamilan maka bisa memastikan dengan melakukan tes darah. Tes ini akan memberikan hasil yang lebih akurat daripada alat kehamilan yang bisa digunakan di rumah. 

Tes kehamilan baik melalu test pack atau darah bisa dilakukan dua minggu setelah ovulasi. Namun, beberapa ahli mengatakan itu masih terlalu dini untuk mengecek. Idealnya, lakukan pengulangan dalam satu minggu jika belum menstruasi dan ingin memastikan kehamilan.

4. Tes darah untuk mengecek kehamilan di malam hari, tetap akurat?

4. Tes darah mengecek kehamilan malam hari, tetap akurat
Pixabay/David Wagner

Menurut Parenting Firts Cry, kadar hCG dalam darah rendah pada malam hari. Sehingga dapat menyebabkan kesalahan atau hasil yang tidak tepat. 

Sehingga lebih baik melakukan tes darah sepagi mungkin dan bukannya di malam hari. Hasil yang bisa didapatkan akan lebih akurat untuk tes ini. Tes kehamilan melalui darah bisa dilakukan sehari setelah hari pertama haid yang terlewat.

Hal ini karena setelah sel telur dibuahi dan menempel pada dinding rahim, plasenta mulai melepaskan hormon hCG dengan cepat setiap 2-3 hari sekali. Kemungkinan besar kita akan mendapatkan hasil yang akurat saat mengikuti tes selama garis waktu ini. 

Terkadang waktu menstruasi yang mungkin sedikit terlambat. Hasil akan lebih akurat lagi jika bisa melakukan tes USG setelah melakukan tes kehamilan melalui test pack atau tes darah. 

5. Tips melakukan tes kehamilan di malam hari jika diharuskan

5. Tips melakukan tes kehamilan malam hari jika diharuskan
freepik.com/jcomp

Kapan waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan, pagi atau malam? Jawabannya adalah pada pagi hari. Namun, jika melakukan tes pada malam hari, berikut adalah beberapa hal yang bisa kita amati:

Jika Anda mendapatkan hasil positif saat tes di malam hari, kemungkinan besar kita memang hamil. Namun, jika mendapatkan hasil negatif maka bisa saja hasilnya tidak akurat dan mungkin perlu melakukan tes lagi di pagi hari.

Berikut hal-hal yang harus disiapkan jika akan melakukan tes kehamilan di malam hari:

  • Hindari mengonsumsi minuman apa pun yang mengandung kafein atau tambahan lain sepanjang hari.
  • Perbanyak minum air putih dan hindari garam.
  • Setelah gelas air terakhir di siang hari, tunggu setidaknya 6 jam sebelum melakukan tes kehamilan. Hal itu penting diketahui agar hasilnya bisa sedikit lebih akurat.
  • Sedikit tips, jika melakukan tes di malam hari mungkin kita harus mengulang tes beberapa kali. Ketika terus-menerus mendapatkan hasil yang sama (positif) mungkin kita memang hamil. 

Saran terbaik adalah untuk menindaklanjuti dengan berkonsultasi ke klinik kesehatan. Di sana kita bisa mengonsifrmasi kehamilan dengan tes darah dan USG untuk mengkonfirmasi hasil yang sama.

Itulah tadi informasi kapan waktu yang tepat melakukan tes kehamilan agar hasilnya akurat. Yuk, bagikan tips ini terutama untuk teman Mama yang sendang dag-dig-dug menunggu hasil promilnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.