hanco

Cara Alami Mengatasi Tuba Falopi Tersumbat agar Cepat Hamil

Perubahan gaya hidup sehat menjadi kunci agar tuba falopi sehat, Ma

9 Desember 2019

Cara Alami Mengatasi Tuba Falopi Tersumbat agar Cepat Hamil
Unsplash/John Looy

Tuba falopi alias fallopian tubes adalah organ reproduksi perempuan yang menghubungkan antara ovarium dan rahim. Setiap bulan selama ovulasi, tepatnya pada periode di tengah siklus haid, tuba falopi memiliki peran penting dalam membawa se telur dari ovarium ke rahim.

Dilansir Healthline, proses konsepsi atau bertemunya sel telur dan sperma juga terjadi di tuba falopi.

Jadi, ketika sel telur dibuahi oleh sperma, ia akan bergerak melalui tuba falopi ke rahim untuk implantasi.

Apabila tuba falopi tersumbat, jalan bagi sperma untuk sampai ke sel telur, serta jalan untuk kembali ke rahim untuk sel telur yang telah dibuahi pun hampir tidak bisa dilewati.

Nah, apa saja cara alami yang bisa dilakukan perempuan untuk mengatasi tuba falopi yang tersumbat?

Berikut Popmama.com rangkum informasinya:

1. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol

1. Berhenti merokok minum minuman beralkohol
Unsplash/Kelsey Chance

Saat Mama ingin berupaya untuk mengatasi sumbatan pada tuba falopi, mulailah dengan menghilangkan pemicu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Di antaranya, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Keduanya diketahui telah menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk masalah pada sistem reproduksi perempuan. Alkohol dan tembakau telah terbukti dapat kesuburan perempuan, salah satunya sulit hamil karena tuba falopi tersumbat.

Jika Mama adalah perokok atau punya kebiasaan minum minuman beralkohol, lebih baik segera berhenti saat memulai program hamil, ya.

2. Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C

2. Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C
Unsplash/Adam Smigielski

Vitamin C tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam makanan. Tuba falopi tersumbat salah satunya bisa disebabkan oleh infeksi.

Nah, infeksi pun bisa lebih mudah diatasi saat Mama mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Beberapa sumber vitamin C yang bisa Mama pilih misalnya jeruk, lemon, stroberi, paprika, brokoli, dan kiwi.

3. Cari aktivitas untuk menghilangkan stres

3. Cari aktivitas menghilangkan stres
Freepik/Jcomp

Stres merupakan salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada perempuan. Termasuk salah satunya masalah pada tuba falopi.

Melakukan berbagai aktivitas pengilang stres, termasuk teknik meditasi tertentu, diyakini dapat membantu menenangkan tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon.

Jika aktivitas sehari-hari Mama seringkali memicu stres, carilah kesempatan dan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang bisa membantu meringankan beban pikiran dan tubuh. Misalnya, seperti berolahraga, membaca buku atau menonton film.

Editors' Picks

4. Tambahkan konsumsi bawang putih dalam menu harian

4. Tambahkan konsumsi bawang putih dalam menu harian
Unsplash/Mohammad Saifullah

Bahan herbal dan alami dapat memberikan manfaat ekstra bagi tubuh, misalnya seperti membantu menyeimbangkan hormon. Beberapa di antaranya bahkan memiliki sifat antibiotik dan anti-inflamasi.

Salah satu bahan herbal yang bisa Mama manfaatkan untuk membantu mengatasi tuba falopi tersumbat yakni bawang putih. Bawang putih selain bisa untuk masak, juga dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri alami dan membantu melawan mikroba.

Efek positifnya, sistem kekebalan tubuh jadi lebih meningkat. Selain itu, konsumsi bawang putih dapat juga membantu dalam mencegah pembekuan darah dan agregasi platelet, yang secara efektif meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan begitu, proses ini turut membantu menjaga kondisi selaput lendir dan menjaga tuba falopi tetap terbuka. Demikian dikutip dari Parenting First Cry.

5. Pilih bahan alami seperti jahe, kayu manis, dan kunyit

5. Pilih bahan alami seperti jahe, kayu manis, kunyit
Unsplash/Dominik Martin

Mirip seperti bawang putih, bahan alami lain seperti jahe, kayu manis dan kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan tuba falopi. Termasuk untuk membantu mengatasi tuba falopi tersumbat.

Jahe, kayu manis dan kunyit dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah tuba falopi tersumbat.

Mama dapat memanfaatkan ketiga bahan alami ini dengan mencampurnya dalam teh atau ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari.

6. Gunakan minyak jarak

6. Gunakan minyak jarak
Freepik/Photodiod

Minyak jarak atau castor oil sangat bagus untuk pijat dan dapat digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit di tubuh. Salah satu khasiatnya adalah untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah dan sistem limfatik.

Tidak seperti sistem sirkulasi, sistem limfatik tidak memiliki pompa untuk mengedarkan getah bening ke seluruh tubuh. Minyak jarak pun menjadi salah satu obat alami untuk meningkatkan aliran getah bening.

Manfaatkan minyak jarak untuk memijat bagian perut bagian bawah supaya dapat menstimulasi sistem limfatik di sekitar rahim. Lakukan pada malam hari sebelum Mama tidur.

Untuk mendapat efek terapeutiknya, Mama sebaiknya melakukan pijat dengan minyak jarak secara teratur.

7. Terapkan diet makanan kaya antioksidan

7. Terapkan diet makanan kaya antioksidan
Pexels/Tookapic

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari supaya sistem hormonal tubuh tetap seimbang. Sebaliknya, hindari terlalu banyak mengonsumsi junk food karena dapat memicu ketidakseimbangan hormon.

Hal ini berlaku terutama pada Mama yang memiliki masalah pada sistem kesuburan dan tuba falopi tersumbat.

Nah, diet kaya antioksidan dapat memerangi efek negatif dari junk food lho, Ma. Buah-buahan dan sayuran segar sarat dengan antioksidan, terutama yang berwarna-warni seperti buah beri.

Selain itu, kayu manis, cokelat, kedelai, dan oregano juga memiliki antioksidan yang baik.

Untuk membantu mengatasi tuba falopi tersumbat, diet kaya akan karotenoid juga baik dilakukan. Mama bisa mendapatkannya dari wortel, telur, pepaya, mangga, bayam, dan zucchini.

Demikian informasi tentang cara alami mengatasi tuba falopi tersumbat yang bisa Mama coba lakukan. Dengan begitu, peluang hamil Mama pun diharapkan bisa lebih meningkat nantinya, ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!