TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Artis yang Bekukan Sel Telur agar Tetap Bisa Hamil di Masa Depan

Dari Luna Maya hingga Tanishaa Mukerji bekukan sel telur karena masih punya keinginan jadi ibu

6 Agustus 2022

7 Artis Bekukan Sel Telur agar Tetap Bisa Hamil Masa Depan
Instagram.com/lunamaya & Instagram.com/tanishaamukerji

Membekukan sel terlur di Indonesia belum umum dilakukan. Oleh karenanya, saat Luna Maya melakukan prosedur ini langsung menuai sorotan. Egg freezing atau pembekuan sel telur dilakukan aktris tersebut karena sejumlah alasan, salah satunya karena masih ingin memiliki anak di masa depan karena saat ini ia belum memiliki pasangan.

Luna Maya menyampaikan mengenai egg freezing ini di YouTube Venna Melinda Channel. Walau ia tak merasa dikejar waktu untuk menikah, tapi perempuan ada batasan usia biologis jika ingin punya anak.

Dalam dunia medis, egg freezing disebut dengan istilah oocyte cyropreservation. Langkah ini merupakan bagian dalam proses bayi tabung. Prosedur ini dilakukan dengan cara sel telur diambil dari ovarium kemudian dibekukan dan disimpan.

Lalu akan digunakan saat pemilik sel telur sudah siap untuk memiliki anak. Untuk memiliki anak dari prosedur ini pemilik sel telur bisa melakukan bayi tabung. Di mana telur yang dibekukan itu dibuahi baru kemudian ditanamkan di rahim.

Selain Luna Maya, ada beberapa artis yang juga melakukan egg freezing untuk melindungi sel telur dari batasan usia. Pasalnya, semakin usia perempuan bertambah bisa mengurangi kesuburan.

Berikut Popmama.com rangkum artis yang bekukan sel telur agar kelak tetap bisa hamil.

1. Luna Maya

1. Luna Maya
Instagram.com/lunamaya

Artis Indonesia, Luna Maya menjadi salah satu perempuan yang bisa dibilang menggagas soal fenomena egg freezing ini. Luna Maya menyampaikan mengenai niat membekukan sel telurnya ini di YouTube Venna Melinda Channel.

Saat ini Luna Maya memang belum memiliki pasangan. Selepas putus dengan Reino Barack, ia terlihat tak menjalin hubungan dengan laki-laki lain. Walau ia tak merasa dikejar waktu untuk menikah, tapi perempuan ada batasan usia biologis jika ingin punya anak.

2. Kim Kardashian

2. Kim Kardashian
Instagram.com/kimkardashian

Sebelum ia mengandung anak pertamanya, North, Kim Kardashian telah divonis tidak bisa hamil. Hal itu diungkapkan Kim dalam wawancaranya bersama ELLE dulu. Kim mengaku tiga dokter memvonisnya tidak bisa memiliki momongan, hingga akhirnya ia pun memilih melakukan egg freezing.

Tak berselang lama, Kim mengetahui dirinya hamil anak pertama. Tentunya ini menjadi kabar bahagia bagi keluarga Kim Kardashian saat itu. Kim kini menjadi ibu dari 4 anak yang bahagia dan sehat.

Editors' Picks

3. Tanishaa Mukerji

3. Tanishaa Mukerji
Instagram.com/tanishaamukerji

Tak hanya dari Hollywood dan Indonesia, artis Bollywood Tanishaa Mukerji juga membekukan sel telurnya. Ia merupakan adik mega bintang Bollywood, Kajol.

Tanishaa membekukan sel telur saat usianya menginjak 39 tahun. Keputusan ini dilakukan karena ia ingin tetap memiliki keturunan walau usianya tak lagi muda. Hingga tahun 2022, Tanisha belum menikah dengan laki-laki manapun.

4. Paris Hilton

4. Paris Hilton
Instagram.com/parishilton

Penyanyi dan diva Paris Hilton sudah tak lagi muda. Namun, ia masih ingin memiliki anak dari rahimnya sendiri. Oleh karena itu, membekukan sel telurnya dipilihnya agar kelak ia masih bisa memiliki keturunan.

Paris juga menjaga tubuhnya tetap sehat agar kelak ia masih tetap bisa hamil. Saat diwawancarai, penyanyi satu ini mengaku salah satu mimpinya ingin menjadi ibu dan punya anak perempuan.

5. Kourtney Kardashian

5. Kourtney Kardashian
Instagram.com/kourtneykardash

Adik Kim Kardashian sekaligus model ini sudah memiliki tiga orang anak, rupanya dulu ia pernah melakukan prsedur egg freezing. Kourtney Kardashian melakoni oocyte cyropreservation lantaran usianya sudah tak lagi muda tetapi masih ingin punya anak lagi, saat itu ia sudah menginjak kepala empat.

Pengakuan Kourtney ini diungkap dalam acara Keeping Up with the Kardashian di tahun 2018 lalu. Dari 8 sel telur yang diambil, Kourtney Kardashian berhasil membekukan 7 sel telur yang baik dari ovariumnya.

6. Halsey

6. Halsey
Instagram.com/iamhalsey

Halsey pun mengikuti jejak Kim dan Kourtney Kardashian untuk membekukan sel telurnya. Penyanyi satu ini juga melakukan prosedur pembekuan sel telur di usia yang masih muda, yaitu 23 tahun.

Alasan Halsey membekukan sel telurnya adalah karena ia mengidap endometriosis. Kondisi ini membuatnya berkali-kali mengalami keguguran. Beruntung pada saat usianya 27 tahun, Halsey bisa melahirkan anak pertama yang lahir pada Juni 2021 kemarin.

7. Ham So-Won

7. Ham So-Won
Instagram.com/ham_so1

Miss Korea 1997, Ham So-Won, membagikan kabar mengejutkan saat usianya 42 tahun. Yup, model tersebut bisa hamil di usianya yang tidak lagi muda. Ternyata, sebelum menikah dengan suaminya ia sudah membekukan sel telurnya.

Tepatnya enam bulan sebelum pernikahan ia telah bekukan 15 sel telur untuk dibekukan. Keputusannya ini didasari rasa takut bahwa ia tidak akan bisa punya anak karena masalah usia.

Itulah tadi rangkum artis yang bekukan sel telur agar kelak tetap bisa hamil. Meski prosedur ini belum umum di Indonesia, bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk bisa tetap mendapatkan anak meski usia tak lagi muda, ya. Canggihnya teknologi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk