TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

13 Artis yang Pernah Divonis Susah Hamil karena Masalah Kesuburan

Ada yang akhirnya berhasil diberi momongan, tetapi masih ada yang mencoba berusaha hamil

13 Agustus 2022

13 Artis Pernah Divonis Susah Hamil karena Masalah Kesuburan
Instagram.com/anisarahma_12 & Instagram.com/wardahmaulina_ & Instagram.com/dea_ananda

Kehamilan menjadi salah satu berita bahagia untuk setiap pasangan suami istri. Namun, kadang tak semua pasangan diberkahi karunia Tuhan ini dengan mudah. Ada beberapa pasangan yang melewati cobaan untuk bisa hamil anak.

Salah satu penyebabnya adalah masalah kesuburan. Di mana deretan artis ini pun harus melewatinya. Ada yang belasan tahun berusaha mendapatkan anak tetapi mesti menemui beberapa kali kegagalan.

Berikut Popmama.com rangkum deretan artis yang pernah divonis susah hamil karena masalah kesuburan.

1. Dhea Ananda

1. Dhea Ananda
Instagram.com/dea_ananda

Artis yang pernah divonis susah hamil karena masalah kesuburan yang pertama adalah Dhea Ananda. Dhea mengungkapkan bahwa ia mengalami masalah kesuburan dari mulai PCOS (sindrom polikistik ovarium), endometriosis, dan hidrosalping. 

“Aku pernah punya beberapa masalah pada organ reproduksi, PCOS, endometriosis, dan hidrosalping,” tulis Dhea. 

Selain itu, Dhea mengungkapkan bahwa suaminya juga memiliki permasalahan hormonal yaitu sperma kurang. Setelah mengubah gaya hidup dan berkonsultasi, ia dan suaminya Ariel 'Nidji' pun akan punya anak setelah 12 tahun menikah.

2. Wardah Maulina

2. Wardah Maulina
Instagram.com/wardahmaulina_

Wardah Maulina sempat cukup putus asa karena memiliki masalah kesuburan untuk bisa punya anak. Ia dan suaminya pun tak menyerah untuk bisa segera mendapatkan momongan dengan berbagai cara.

Keduanya terlihat memeriksakan diri ke dokter agar bisa mengetahui penyebab Wardah sulit hamil. Hingga akhirnya pasangan ini pun mengumumkan kabar baik tengah menanti anak pertama.

3. Zaskia Sungkar

3. Zaskia Sungkar
Instagram.com/zaskiasungkar15

Zaskia Sungkar dan Irwansyah menanti 9 tahun untuk memiliki momongan. Kakak dari Shireen Sungkar ini mengetahui dirinya sulit hamil setelah menjalani program OPU (ovarium pick-up) di sebuah rumah sakit.

Dalam salah satu wawancaranya, aktris ini mengaku rahimnya tidak bagus untuk dimasukkan embrio saat itu. Bayi tabung dipilih untuk keduanya bisa memiliki anak.

4. April Jasmine

4. April Jasmine
Instagram.com/apriljasmine85

April Jasmine pernah mengaku jika sempat divonis dokter akan susah memiliki anak. Istri dari Ustaz Solmed ini menyampaikan fakta tersebut dalam sebuah acara talkshow. 

Rupanya April memiliki PCOS. Tak hanya itu, ia juga harus mengangkat salah satu saluran tuba falopinya. Kedua hal ini membuat April berkemungkinan kecil bisa memiliki anak. 

Namun, Tuhan punya takdirnya sendiri. Ia pun akhirnya berhasil hamil meski tanpa program khusus. Kini anaknya dan sang Ustaz sudah berjumlah 3 orang.

5. Fitri Tropica

5. Fitri Tropica
Instagram.com/fitrop

Rumah tangga Fitri Tropica saat itu sudah menginjak 5 tahun. Namun, rumah tangganya dan sang Suami seolah belum lengkap dengan hadirnya buah hati.

Ia dan Irvan Hanafi melakukan cukup banyak cara untuk bisa memiliki momongan. Rupanya Fitrop sendiri memang memiliki PCOS yang membuatnya sulit punya anak.

Ia pun menjalani pengobatan sejak Desember 2018 untuk merapikan siklus datang bulannya. Hingga Maret 2019, Fitrop akhirnya berhasil hamil.

Editors' Picks

6. Siti Nurhaliza

6. Siti Nurhaliza
Instagram.com/ctdk

Siti Nurhaliza juga menjadi artis yang divonis susah hamil. Meski tak mengungkap jelas masalah kesuburan yang dialaminya, Siti dan suaminya Datuk Sri Khalid menanti 11 tahun untuk memiliki keturunan.

Siti sempat beberapa kali mengikuti program bayi tabung tapi menemui kegagalan. Baru di tahun 2017 lalu, akhirnya Siti dinyatakan hamil dan melahirkan anak pertamanya di tahun 2018. 

7. Tya Ariestya

7. Tya Ariestya
Instagram.com/riomotret

Sama dengan Fitrop dan April Jasmine, Tya Ariestya juga sempat divonis susah hamil. Ia ternyata memiliki PCOS yang membuat kondisi rahimnya tak bagus untuk mengandung.

Ia sampai mencoba tiga kali bayi tabung, dan sempat menemui kegagalan. Biaya dan perjuangannya tidak sia-sia karena ia berhasil hamil dan punya 2 orang anak.

8. Inul Daratista

8. Inul Daratista
Instagram.com/inul.d

Dikenal karena 'goyang ngebor', penyanyi dangdut satu ini juga sempat divonis susah hamil. Salah satu kendalanya karena rahim Inul terdapat kista.

Inul dan Adam Suseno akhirnya setuju untuk melakukan program bayi tabung yang kala itu cukup fenomenal dan belum umum dilakukan di Indonesia. Kini pasangan ini hidup bahagia dengan anak semata wayang mereka, Yusuf Ivander Damares yang lahir tahun 2009 lalu. 

9. Shandy Aulia

9. Shandy Aulia
Instagram.com/Shandyaulia

Sama halnya dengan artis yang punya masalah kesuburan lain, Shandy Aulia mesti menanti 7,5 tahun untuk memiliki momongan. Dalam unggahannya, aktris satu ini merasa bersyukur karena sang Suami begitu sabar menanti momongan dan tak menyalahkannya.

Sebagai informasi, karena cukup lama menanti momongan Shandy sempat diisukan mandul oleh warganet. Namun, semua itu ditepis saat dirinya berhasil hamil anak pertama.

10. Tika Bravani

10. Tika Bravani
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Tika Bravani menjadi artis yang sulit mendapatkan momongan. Istri Dimas Aditya ini sempat didiagnosis mengalami PCOS, yang menjadi salah satu masalah kesuburan untuk bisa hamil.

Tika juga pernah mengalami keguguran. Siklus haid-nya pun tak teratur karena mengalami PCOS ini. Aktris 'Tukang Ojek Pengkolan' ini juga mengalami resistensi insulin dan kekurangan hormon.

Sejak tahu masalah kesehatannya, ia pun mengubah gaya hidup. Tiga tahun menanti, pada Agustus 2019, Tika mengumumkan kabar kehamilannya.

11. Anisa Rahma

11. Anisa Rahma
Instagram.com/anisarahma_12

Perjalanan hingga akhirnya Anisa Rahma bisa hamil pun tak kalah berat. Di Instagramnya, ia menceritakan kalau dirinya mengalami beberapa masalah kesuburan.

Anisa sempat mengalami penyumbatan di kedua tuba falopi, serta adanya polip di rahimnya. Sementara itu, Anandito juga mengalami masalah kualitas sperma. 

Dengan program dan konsultasi dengan dokter keduanya pun akhirnya bisa punya momongan. Anisa diketahui juga mengubah gaya hidupnya agar lebih sehat.

12. Cynthia Lamusu

12. Cynthia Lamusu
Popmama.com/Michael Andrew

Cynthia Lamusu dan Surya Saputra menikah pada 8 Juni 2008 lalu. Menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia selama kurang lebih 5 tahun, keduanya tidak juga diberi momongan. 

Keduanya pun akhirnya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab sulit mendapatkan momongan. Berbagai upaya telah dilakukan Cynthia termasuk mencoba menjalani program inseminasi, tetapi hasilnya nihil. 

Pada tahun kedelapan pernikahan, mereka akhirnya memilih program bayi tabung dan melahirkan dua bayi kembar yang diberi nama Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Putra.

13. Dhini Aminarti

13. Dhini Aminarti
Instagram.com/dhiniaminarti

Hingga saat ini, Dhini Aminarti menjadi salah satu artis tanah air yang masih berjuang untuk memiliki momongan. Dhini dan suaminya, Dimas Seto sudah 11 tahun membina rumah tangga.

Dalam unggahan Instagramnya, Dhini menyebutkan kalau penyebab mereka belum punya anak adalah soal kesuburan. Ia juga menjelaskan kalau tidak semua penyebab infertilitas itu bersumber dari istri atau suami itu sendiri.

Lebih lanjut, Dhini menjelaskan ada juga yang dinamakan ketidaksuburan idiopatik atau dikenal juga dengan istilah unexplained infertility. Ini adalah jenis ketidaksuburan yang dialami seseorang tetapi tidak dapat dijelaskan karena kondisi pasangan sebenarnya baik-baik saja.

Itulah tadi deretan artis yang pernah divonis susah hamil karena masalah kesuburan. Semangat untuk para mama dan papa yang masih berjuang mendapatkan momongan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk