Bisa Dicoba, Ini Tips Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS dari Dokter

Rupanya modifikasi gaya hidup sehat sangat berpengaruh nih, Ma!

28 Mei 2021

Bisa Dicoba, Ini Tips Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS dari Dokter
Pexels/rodnae-prod

Memiliki momongan tentu menjadi salah satu impian bagi pasangan suami istri. Apalagi jika sudah menikah bertahun-tahun tapi belum bisa dikaruniai keturunan. Tentunya kehamilan menjadi salah satu hal yang didambakan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Pondok Indah IVF Centre, dr. Gita Pratama, Sp.OG-KFER, M.RepSc., menyebutkan kalau ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang perempuan tidak bisa cepat hamil. Salah satunya adalah masalah kesuburan dan ovulasi. Masalah yang cukup umum yakni Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

PCOS adalah sindrom atau kumpulan beberapa gejala yang menyerang indung telur (ovarium) dan proses pelepasan sel telur (ovulasi). Perempuan dengan PCOS biasanya memiliki tiga hal yang terjadi yakni banyak kista pada ovarium, kadar hormon laki-laki lebih tinggi, dan siklus menstruasi yang tidak reguler atau bolong-bolong. 

Lantas bagaimana jika perempuan dengan PCOS bisa cepat hamil? Dokter Gita menjelaskannya lebih lanjut nih!

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Ciri-ciri perempuan yang memiliki PCOS

Ciri-ciri perempuan memiliki PCOS
Freepik/lookstudio

Ada beberapa ciri-ciri perempuan yang memiliki PCOS, namun gejala ini tidak bisa dilihat di tahun-tahun pertama haid pertama perempuan. Jadi, biasanya PCOS bisa didiagnosis setelah seorang perempuan mengalami haid pertama.

Dokter Gita menyebut PCOS ini disebebkan karena perpaduan faktor genetik dan lingkungan. Oleh karenanya, perlu pemeriksaan dokter yang lebih lanjut untuk mendiagnosis PCOS.

Ada beberapa gejala umum PCOS, tapi untuk lebih pastinya harap memeriksakan diri ke dokter ya, Ma. Berikut ciri-cirinya:

  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Menstruasi berat atau perdarahan banyak.
  • Pertumbuhan rambut atau bulu pada titik tertentu yang tidak wajar (wajah, punggung, perut, dan dada).
  • Jerawat pada wajah, dada, dan punggung atas.
  • Kenaikan berat badan hingga obesitas.
  • Kebotakan atau rambut rontok.

Editors' Picks

1. Pergi ke dokter untuk pemeriksaan

1. Pergi ke dokter pemeriksaan
Freepik/azerbaijan_stockers

Perempuan yang mungkin khawatir dirinya menderita PCOS maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter. Pemeriksaan ini sangat penting sebab bisa mendiagnosis penyakit-penyakit lain yang mungkin memengaruhi kesuburan.

"Segeralah ke dokter. Tujuannya untuk bisa mendiagnosis lebih lanjut lagi (penyakit yang ada). Selain PCOS, dokter juga bisa melihat dari gejalanya lain untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelas dokter Gita dalam webinar Sindroma PCO & Infertilitas oleh RS Pondok Indah, Kamis (27/5/2021).

2. Modifikasi gaya hidup menjadi lebih baik

2. Modifikasi gaya hidup menjadi lebih baik
Freepik/gpointstudio

Selanjutnya, hal yang bisa langsung diusahakan adalah mengubah gaya hidup. Hal ini penting karena sindrom ini juga bergantung pada hormon di dalam tubuh kita. Di mana hormon tersebut kadang dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup.

"Lalu bisa mencoba modifikasi gaya hidupnya. Artinya kalau kesehariannya kurang aktivitas, banyak duduk maka coba tingkatkan aktivitas dengan berolahraga tiga kali seminggu," tutur dokter Gita.

Dokter Gita juga mengungkapkan bahwa olahraga ini harus berjalan secara disiplin. Selain itu, asupan makanan sehat juga diperlukan ketika ingin cepat hamil.

"Kalau untuk maintance (olahraga) nantinya bisa 50 menit per minggu. Atau ketika memiliki obesitas bisa 240 menit perminggu. Dengan olahraga dan diet, biasanya hormon juga akan mengalami perbaikan," jelasnya.

Menurut dokter Gita juga dari pengaruh perubahan gaya hidup ini bisa memperbaiki beberapa hal. Misalnya, haid bisa lebih teratur sehingga mengalami ovulasi yang bisa dihitung. 

"Namun kalau misalnya setelah setahun belum hamil, maka bisa dicari penyebab yang lainnya oleh dokter. Jadi tidak semua yang sulit hamil juga karena PCOS, bisa saja hal-hal lain," ungkapnya. 

3. Lakukan hubungan seks teratur, terutama bagi yang haidnya sering terlambat

3. Lakukan hubungan seks teratur, terutama bagi haid sering terlambat
Freepik/master1305

Lantas, bagaimana jika seorang perempuan yang memiliki siklus haid tidak teratur tapi ingin berusaha dulu dengan program hamil (promil) alami? Menurut dokter Gita masih bisa diusahakan. 

Ia menjelaskan, untuk perempuan yang memiliki siklus haid tidak teratur maka kemungkinan tidak mengalami ovulasi.

"Pertama harus diingat bahwa haid normal itu 21-35 hari. Tapi kalau misalnya mundur 1 minggu maka kemungkinan besar tidak ada ovulasi. Jika tidak ovulasi maka susah menghitungnya," jelas dokter Gita.

Oleh karenanya dokter Gita menyarankan bahwa pasangan suami istri untuk berhubungan intim secara teratur. Normalnya adalah 2-3 kali dalam seminggu. 

Itulah tadi tips cepat hamil bagi penderita PCOS dari dokter. Semoga informasi ini membantu Mama yang sedang berjuang untuk sembuh dari PCOS ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.