Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan, Bisa Bantu Program Hamil

Kamu hanya perlu mengonsumsi 1 sampai 2 siung perhari, untuk mendapatkan manfaatnya

15 September 2021

Manfaat Bawang Putih Kesuburan, Bisa Bantu Program Hamil
Freepik/8photo

Bawang putih adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak digunakan dalam olahan makanan sehari-hari. Selain menambah cita rasa pada makanan karena aromanya, bawang putih ternyata juga memiliki banyak manfaat lho.

Menurut Sudha Raj, PhD, RDN, seorang profesor pengajar di Falk College of Sport and Human Dynamics, Syracuse University New York, bawang putih termasuk keluarga Allium yang mengandung fitokimia seperti senyawa allicin dan organosulfur. Senyawa ini bertanggung jawab atas sifat tanaman yang menyehatkan jantung, mendukung kekebalan tubuh, sebagai antiinflamasi, serta kaya akan nutrisi.

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap harinya, bisa membantu meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Bawang putih bermanfaat bagi kesuburan karena kandungan nutrisi di dalamnya, yang dipercaya mampu menyehatkan sperma dan sel telur, dimana keduanya berperan penting dalam terjadinya kehamilan.

Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai manfaat bawang putih untuk kesuburan. Bahan makanan yang satu ini jika dikonsumsi rutin, dapat mendukung keberhasilan program hamil yang sedang  kamu jalankan. Disimak ya!

1. Kandungan nutrisi bawang putih

1. Kandungan nutrisi bawang putih
Freepik

Bawang putih merupakan jenis makanan yang rendah kalori dan kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan mangan. Dilansir dari Food Data Central, U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram bawang putih mentah mengandung nilai gizi sebagai berikut:

  • 58.6 g  air
  • 149 kal energi
  • 6.36 g protein
  • 0.5 g lemak
  • 33.1 g karbohidrat
  • 2.1 g serat
  • 181 mg kalsium
  • 153 mg fosfor
  • 1.24 mg vitamin B6
  • 31.2 mg vitamin C
  • 1.67 mg mangan
  • 14.2 mikrogram selenium

Editors' Picks

2. Manfaat bawang putih untuk kesuburan

2. Manfaat bawang putih kesuburan
Freepik

Selain baik untuk kesehatan, bawang putih juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, baik itu pada laki-laki maupun perempuan.

Berikut ini manfaat kesuburan yang bisa kamu dapatkan, dengan mengonsumsi bawang putih.

  • Mengonsumsi 1 sampai 2 siung bawang putih mentah setiap harinya, tak hanya baik bagi tubuh tetapi juga menyehatkan sistem reproduksi.
  • Bawang putih membantu meningkatkan stamina, yang dibutuhkan saat kamu sedang menjalankan promil. Ini karena, bawang putih bertindak sebagai pembersih darah, yang membuat sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancar.
  • Bawang putih mengandung selenium, vitamin B6 dan vitamin C, yang dianggap mampu mengurangi kerusakan kromosom pada sperma dan sel telur.
  • Kandungan zat allicin pada bawang putih, bertindak sebagai antibakteri, antijamur, serta antivirus yang bisa membantu meredakan pembengkakan dan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, zat ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke organ intim, sehingga bisa berfungsi dengan maksimal.
  • Bawang putih merupakan antioksidan alami, yang dapat mengobati impotensi pada laki-laki, dengan cara mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.
  • Kandungan nutrisi pada bawang putih, menjaga sperma dan sel telur agar tetap sehat.

3. Bagaimana bawang putih bisa meningkatkan kesuburan perempuan?

3. Bagaimana bawang putih bisa meningkatkan kesuburan perempuan
Freepik

Kandungan vitamin B6 pada bawang putih, dapat merangsang terjadinya ovulasi. Proses ovulasi akan mempercepat bertemunya sel telur dengan sperma, untuk dibuahi. Vitamin ini juga membantu mengurangi rasa sakit, yang biasanya dialami oleh perempuan saat memasuki fase menstruasi.

Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin, dapat meningkatkan dan menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh tetap lancar. Tak hanya itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga membantu mencegah kerusakan kromosom dan menyehatkan sel telur.

Tentunya ini sangat membantu kamu dalam mempersiapkan kehamilan, dan memastikan embrio berkembang dengan sehat nantinya.

4. Bagaimana bawang putih bisa meningkatkan kesuburan laki-laki?

4. Bagaimana bawang putih bisa meningkatkan kesuburan laki-laki
Freepik/drobotdean

Berikut ini 3 kandungan bawang putih yang bermanfaat bagi kesuburan laki-laki.

  • Allicin, membantu meningkatkan aliran darah ke organ penis, sehingga dapat mempercepat ereksi dan memastikan daya tahan yang lebih lama.
  • Selenium, merupakan antioksidan alami yang dipercaya dapat meningkatkan motilitas sperma. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma bergerak dan berenang dengan cepat di dalam tubuh perempuan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan jika kamu dan pasangan ingin cepat hamil.
  • Vitamin B6 dan vitamin C, membantu menjaga sel sperma tetap sehat serta mengurangi terjadinya kerusakan kromosom.

Mengonsumsi bawang putih secara teratur bagi laki-laki, dapat memperbaiki aliran darah di dalam tubuh. Aliran darah yang lancar, mendukung produksi sel sperma yang sehat, serta membantu organ-organ seksual lainnya berfungsi secara optimal. Ini sangat bermanfaat bagi kamu dan pasangan yang sedang menjalankan program hamil.

5. Berapa banyak sebaiknya kita mengonsumsi bawang putih?

5. Berapa banyak sebaik kita mengonsumsi bawang putih
Pixabay/postchiangmai0

Sebenarnya tidak ada dosis resmi yang direkomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih. Namun, menurut sebagian besar penelitian menemukan bahwa, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat bawang putih hanya dengan mengonsumsinya 1 sampai 2 siung per hari.

Jika kamu kurang menyukai aroma bawang putih yang menyengat, kamu bisa juga kok mengonsumsinya dalam bentuk suplemen dengan dosis hingga 3.600 mg. Tapi pastikan sebelum menggunakannya, kamu sudah berkonsultasi ke dokter ya. Terutama jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan rutin untuk penyakit tertentu. Ini untuk mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai manfaat bawang putih untuk kesuburan.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil, bawang putih sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya. Kamu bisa membuat resep bawang putih dengan menambahkannya ke dalam olahan makanan atau membuatnya menjadi campuran minuman bersama dengan buah-buahan.

Selamat mencoba dan semoga program hamil yang sedang kamu jalankan, bisa cepat berhasil ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.