Cara Mudah Kupas Kulit Bawang Putih tanpa Tangan Menjadi Bau

Harus baca agar ritual mengupas bawang putih tidak lagi menakutkan karena aromanya.

2 April 2020

Cara Mudah Kupas Kulit Bawang Putih tanpa Tangan Menjadi Bau
Pixabay/PublicDomainPictures

Salah satu bumbu dapur yang harus ada di rumah adalah bawang putih. Ya, bawang putih kerap digunakan sebagai bumbu untuk berbagai macam masakan.

Aromanya khas dan mampu membuat makanan semakin lezat. Tak heran kalau bawang putih sering dijadikan bumbu penyedap alami.

Tapi bagi sebagian orang berhadapan dengan bawang menjadi mala petaka karena aromanya yang sangat kuat. Mengupas bawang menjadi ritual yang sangat menyeramkan. Sebab aroma bawang putih di tangan usai mengupasnya sulit untuk hilang.

Melihat masalah itu Popmama.com akan memberi tahu cara mudah kupas kulit bawang tanpa tangan menjadi bau. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Editors' Picks

1. Kupas dengan menggeprak bawang

1. Kupas menggeprak bawang
thepioneerwoman.com

Metode menggeprak bisa menjadi pilihan untuk mengupas bawang putih.

Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah melepas satu persatu bawang putih yang masih menyatu. Kemudian siapkan batu atau pisau besar.

Letakkan bawang putih di atas talenan. Geprak bawang putih satu persatu dan lihatlah kuit dengan bawang putih akan terpisah. Jika sudah seperti itu, kulit dengan bawang putih akan mudah dilepas.

2. Mengupas bawang putih dengan memasukkan ke dalam toples kaca

2. Mengupas bawang putih memasukkan ke dalam toples kaca
cleverly.me

Teknik melepaskan kulit dengan bawang putih yang satu ini terbilang paling cepat. Dalam sekali tindakan akan ada beberapa bawang putih yang terkelupas sekaligus.

Pertama, lepas bawang putih satu per satu. Kemudian masukkan ke dalam toples kaca dan tutup.

Jumlah bawang putih cukup satu per tiga dari volume toples. Sebab, jika terlalu banyak justru kulit akan sulit terlepas dari bawang putihnya.

Langkah terakhir adalah mengocok toples kaca yang sudah diisi bawang putih. Satu per satu kulit bawang putih mulai terkelupas.

Jika sudah terkelupas jangan lupa untuk dipisahkan antara bawang putih dengan kulitnya. Kemudian simpan di kulkas dan akan bertahan beberapa minggu.

3. Menusuk bagian badan bawang putih

3. Menusuk bagian badan bawang putih
Freepik/Topntp26

Cara mengupas bawang ini masih banyak yang belum mengetahuinya. Tapi cara ini tak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Tentu tanpa bau bawang putih di tangan.

Pegang bawang putih yang masih menyatu dengan satu tangan. Lalu tangan yang lainnya memegang pisau.

Tancapkan bagian tajam yang berada di ujung pisau ke badan bawang. Putar sedikit pisau dan tarik bawang putih. Dengan begitu bawang putih akan terlepas dari kulitnya. Lakukan hal yang sama hingga semua bawang putih terlepas dari kulitnya.

Sudah tahu cara mudah mengupas kulit bawang tanpa tangan menjadi bau satu ini jangan ada lagi drama untuk menghindar dari ritual mengupas bawang putih ya, Ma. Cara ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Selamat beraktivitas di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.