Kapan Waktu Tepat untuk Melakukan Tes Kehamilan dengan Test Pack?

Wajib disimak bagi Mama yang sudah merasakan tanda-tanda kehamilan

7 Desember 2021

Kapan Waktu Tepat Melakukan Tes Kehamilan Test Pack
Freepik/Jcomp

Setiap pasangan tentu menginginkan kehadiran buah hati dalam kehidupan rumah tangga. Salah satu langkah awal untuk mengetahui apakah Mama hamil atau tidak adalah melakukan tes kehamilan dengan test pack. 

Namun, bagi Mama, tes kehamilan bisa sangat mencemaskan. Tak sedikit pula tes kehamilan yang menyebabkan stres karena Mama sudah berkali-kali melakukan tes dengan hasil yang tidak sesuai harapan. Ada pula Mama yang khawatir hasilnya tidak sesuai dengan kondisi mama yang sudah merasakan sejumlah tanda-tanda kehamilan. 

Oleh karena itu, Mama perlu tes kehamilan pada waktu yang tepat untuk mengurangi kecemasan tersebut. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan? Popmama.com sudah merangkum informasi seputar tes kehamilan untuk Mama seperti di bawah ini. 

1. Cara kerja test pack

1. Cara kerja test pack
Freepik/Santipong6519

Pada dasarnya, test pack atau alat tes kehamilan hanya dirancang untuk mengetahui adanya kandungan hormon human chorionic gonadotropin (HCG) dalam urine. Hormon ini bisa meningkat ketika proses implantasi berhasil terjadi. 

Untuk diketahui, proses implantasi adalah pembuahan antara sel sperma dan sel telur. Proses implantasi dinilai berhasil ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim. Jumlah hormon HCG akan terus meningkat setiap dua sampai tiga hari di awal kehamilan. 

Editors' Picks

2. Waktu terbaik untuk tes kehamilan

2. Waktu terbaik tes kehamilan
Freepik/Jcomp

Dilansir dari Healthline, waktu terbaik untuk tes kehamilan adalah seminggu pasca Mama mengalami terlambat menstruasi. Pasalnya, apabila Mama melakukan tes kehamilan sebelum masa tersebut, maka hasil tes kehamilan dikhawatirkan tidak akurat. 

Apabila Mama tidak mengalami terlambat menstruasi, maka tes kehamilan bisa dilakukan setidaknya satu hingga dua minggu setelah berhubungan seksual. Sebab, pertumbuhan hormon HCG baru bisa dideteksi dalam kurun waktu tersebut. Hormon HCG bisa tumbuh setidaknya tujuh hingga 12 hari pasca proses implantasi. 

3. Jam terbaik untuk tes kehamilan

3. Jam terbaik tes kehamilan
Freepik/Jcomp

Selain waktu dalam siklus menstruasi, pemilihan jam untuk tes kehamilan juga perlu diperhatikan. Dilansir dari Verywell Family, Mama bisa mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat apabila tes dilakukan pada pagi hari. Sebab, hormon HCG lebih mudah terdeteksi ketika Mama pertama kali bangun tidur. 

Artinya, kadar hormon HCG lebih tinggi pada pagi hari sehingga mudah dideteksi oleh test pack. Sementara itu, jika Mama melakukan tes kehamilan pada siang atau malam hari, hasilnya dikhawatirkan tidak memuaskan dan kerap kali muncul hasil negatif palsu. 

4. Tanda-tanda Mama hamil

4. Tanda-tanda Mama hamil
Freepik/wayhomestudio
Ilustrasi Mama positif hamil

Apabila Mama tidak dapat menandai siklus menstruasi, maka Mama bisa melakukan tes ketika sudah merasakan sejumlah tanda-tanda kehamilan. Setiap perempuan pasti mengalami tanda kehamilan berbeda, namun umumnya tanda-tanda kehamilan di bawah ini dirasakan lebih dari seminggu pasca berhubungan seksual. 

Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang perlu diperhatikan untuk melakukan tes kehamilan:

  1. Mama mengalami kram perut ringan. Kondisi ini sering dirasakan perempuan yang sedang hamil muda. Sebagian besar perempuan kerap bingung membedakan kram perut tanda hamil atau gejala menjelang hamil. Kram perut ringan tanda hamil biasanya sering muncul karena menjadi tanda perkembangan rahim dan janin. 

  2. Terjadi perdarahan ringan seperti muncul bercak darah yang menyerupai darah menstruasi. Walaupun mirip, bercak darah kehamilan umumnya berwarna lebih pucat dan jumlahnya lebih sedikit. Bercak darah kehamilan hanya muncul selama 2 sampai 3 hari saja. 

  3. Tanda kehamilan yang sering dirasakan perempuan adalah payudara terasa nyeri dan tampak lebih besar. Kondisi ini disebabkan produksi hormon estrogen dan progesteron lebih banyak dibanding sebelum kehamilan. Seperti tanda kehamilan lainnya, payudara membesar juga sering dirasakan perempuan ketika menjelang menstruasi. 

  4. Mama mengalami perubahan fisik seperti mual, mudah lelah, nafsu makan menurun, dan sering buang air kecil.

Walaupun mirip dengan gejala jelang menstruasi, tanda kehamilan biasanya lebih terasa dan sering terjadi karena meningkatnya kadar HCG dalam darah. Jika Mama ragu untuk menggunakan test pack, maka cobalah untuk langsung periksa ke dokter apabila mengalami tanda-tanda kehamilan atau terlambat menstruasi. 

Semoga informasi mengenai waktu yang tepat untuk tes kehamilan dengan test pack ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.