Menampung Sperma dengan Menstrual Cup Bisa Bikin Cepat Hamil?

Bagaimana cara menggunakan menstrual cup agar cepat hamil?

26 Mei 2021

Menampung Sperma Menstrual Cup Bisa Bikin Cepat Hamil
Freepik

Kehadiran buah hati adalah momen paling membahagiakan bagi setiap pasangan. Itulah sebabnya, Mama dan pasangan akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkan momongan, terutama bagi Mama yang menikah bertahun-tahun. 

Selama ini, langkah-langkah yang dilakukan agar cepat hamil di antaranya rajin berhubungan seksual pada masa subur, menerapkan pola hidup sehat, hingga menjalani program bayi tabung. Namun, tahukah Mama jika menstrual cup dapat digunakan agar cepat hamil?

Lantas, bagaimana cara menggunakan menstrual cup agar cepat hamil? Berikut rangkuman penjelasannya dari Popmama.com dilansir dari laman Parents.

Apa itu Menstrual Cup?

Apa itu Menstrual Cup
Pexels/Vanessa Ramirez

Menstrual cup adalah produk pengganti pembalut yang berbentuk corong. Produk ini terbuat dari karet atau silikon dan berbeda dengan pads atau tampon. Menstrual cup hanya berfungsi untuk menampung darah menstruasi, sehingga Mama harus membuang darah tersebut ketika sudah penuh. 

Menstrual cup yang bisa menjadi produk pengganti pembalut ini dikenal sebagai produk ramah lingkungan karena dapat dipakai kembali setelah dicuci. Menstrual cup dapat menampung darah hingga sekitar 40 ml dan daya tahannya pun cukup lama yakni 6 bulan hingga 10 tahun. 

Editors' Picks

Menstrual Cup untuk Kehamilan Berawal dari Tren di Amerika Serikat

Menstrual Cup Kehamilan Berawal dari Tren Amerika Serikat
Freepik/master1305

Penggunaan menstrual cup untuk mempercepat proses kehamilan awalnya menjadi sebuah tren baru di Amerika Serikat. Lalu, seorang perempuan asal New York bernama Julia Dennison mencoba menstrual cup untuk menampung sperma pasangannya. 

Julia memang sudah terbiasa menggunakan menstrual cup saat hamil karena harganya yang lebih murah dibanding membeli tampon. Kemudian, dia mencoba menampung sperma pasangannya menggunakan menstrual cup setelah membaca sebuah referensi di internet. 

Satu bulan kemudian, Julia pun hamil. Dia tidak mengetahui apakah kehamilannya berhubungan dengan penggunaan menstrual cup atau hanya kebetulan semata. Meski begitu, penggunaan menstrual cup untuk menampung sperma terus menjadi tren di Amerika Serikat. 

Menstrual Cup untuk Menampung Sperma

Menstrual Cup Menampung Sperma
Pixabay/PatriciaMoraleda

Menstrual cup memang dapat digunakan untuk menampung sperma saat Papa sudah ejakulasi. Lalu, menstrual cup yang sudah penuh dengan sperma dimasukkan ke vagina mama seperti bagaimana semestinya digunakan saat menstruasi. 

Cara di atas dinilai dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Mama harus pastikan sperma yang sudah tertampung di menstrual cup bisa masuk ke leher rahim dan tidak mengalir ke luar. 

Sperma di Menstrual Cup Hanya Bergerak ke Satu Arah

Sperma Menstrual Cup Ha Bergerak ke Satu Arah
Pixabay/PatriciaMoraleda

Seorang dokter kandungan dan pakar kesehatan perempuan, Sherry Ross menjelaskan, penggunaan menstrual cup memang memungkinkan Mama untuk cepat hamil. Sebab, sperma yang ditampung di menstrual cup bisa memungkinkan sperma untuk bergerak ke satu arah saja, yakni sel telur. 

Pasalnya, setiap kali ejakulasi, Papa akan mengeluarkan jutaan sperma. Sperma tersebut akan berlomba untuk menuju sel telur. Jadi, penggunaan menstrual cup dapat memudahkan sperma menuju sel telur. 

Sperma di Menstrual Cup Harus Berada di Leher Rahim

Sperma Menstrual Cup Harus Berada Leher Rahim
Freepik/Fabrikasimf

Sperma yang sudah ditampung di menstrual cup harus dipastikan berada di dekat leher rahim untuk memperbesar potensi pembuahan.

Pasalnya, sperma yang sehat hanya bisa hidup selama 3 hari. Semakin lama sperma berada di leher rahim, maka makin besar pula peluang sperma untuk membuahi sel telur. 

Meski begitu, belum ada penjelasan lebih lanjut berapa lama Mama harus mempertahankan menstrual cup berisi sperma di dalam vagina. Sherly Ross hanya menyarankan untuk mempertahankannya kurang dari 12 jam. 

Itulah fungsi lain dari menstrual cup untuk mempercepat kehamilan. Meski menstrual cup belum terlalu populer di Indonesia, tak ada salahnya untuk mencobanya dan membelinya di toko-toko online. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.