Terapi Jeruk Nipis untuk Kesuburan: Manfaat dan Cara Mengonsumsi

Sudah pernah mencoba terapi yang satu ini?

4 Oktober 2019

Terapi Jeruk Nipis Kesuburan Manfaat Cara Mengonsumsi
Pexels/Rawpixel.com

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui bahwa terapi jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan kesuburan agar cepat hamil.

Hal ini juga sudah dilakukan oleh banyak orang yang mengikuti program kehamilan. Tak sekedar mitos belaka, jeruk nipis dipercaya memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk membantu proses kehamilan.

Tak heran apabila terapi jeruk nipis kerap digunakan khususnya bagi perempuan yang ingin hamil dan tidak mudah keguguran.

Seperti yang kita tahu bahwa mendapatkan momongan adalah impian seluruh pasangan yang telah berkeluarga.

Untuk itulah, dilakukan berbagai cara agar tiap pasangan berkeluarga mendapatkan momongan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan terapi jeruk nipis.

Lantas bagaimana cara melakukan terapi jeruk nipis? 

Nah, daripada semakin penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum 3 informasi pentingnya.

Editors' Picks

1. Manfaat terapi jeruk nipis untuk kesuburan

1. Manfaat terapi jeruk nipis kesuburan
Freepik/d3images

Jeruk nipis memiliki aneka khasiat untuk tubuh. Hal ini terjadi karena jeruk nipis memiliki kandungan mikro nutrient serta vitamin yang sangat banyak.

Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga memiliki fungsi antioksidan, anti bakteri, serta dapat membantu dan memperbaiki tekanan darah dan pembuluh darah dalam tubuh.

Secara logika, fungsi-fungsi tersebut yang dapat membantu proses kehamilan. Dengan mengonsumsi jeruk nipis yang memiliki fungsi antioksidan, maka sistem kardiovaskuler dalam tubuh juga akan turut diperbaiki.

Dengan begitu, maka tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah dan penurunan fungsinya.

Selain itu, dengan melakukan terapi jeruk nipis untuk kesuburan, maka sistem metabolisme tubuh dan peredaran darah pun akan ikut membaik.

Hanya saja, kamu juga harus mengaplikasikan gaya hidup sehat seperti mengimbangi dengan konsumsi buah dan sayur segar serta tidak merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol ataupun soda.

Kandungan berkhasiat lain yang ada pada jeruk nipis adalah isofvalon. Kandungan ini dapat mengatasi berbagai masalah terkait kemandulan.

Isoflavon sendiri juga berfungsi untuk mengikat reseptor estrogen sehingga dapat memberikan kesehatan pada rahim perempuan.

2. Cara mengonsumsi jeruk nipis untuk kesuburan

2. Cara mengonsumsi jeruk nipis kesuburan
Freepik/free photo

Bagi kamu yang masih belum familiar dengan terapi jeruk nipis untuk membantu proses kesuburan dan kehamilan, ada beberapa tahapan langkah yang dapat dilakukan.

Setidaknya, berikut adalah langkah-langkah tersebut:

  • Sediakan jeruk nipis segar sebanyak 4 hingga 28 buah perhari
  • Setelah itu, peras jeruk nipis tersebut dalam sebuah wadah. Jangan tambahkan bahan apapun pada perasan jeruk nipis tersebut. Namun apabila kamu tidak kuat menahan rasa masam pada perasan air jeruk nipis, kamu dapat menambahkan madu murni.
  • Minum perasan air jeruk nipis selama 2 minggu berturut-turut tanpa adanya jeda.
  • Adapun jumlah perasan air jeruk nipis yang dapat dikonsumsi pada hari pertama adalah sebanyak 4 buah. Hari kedua selama 8 buah. Hari ketiga selama 12 buah. Hari keempat sebanyak 16 buah. Hari kelima sebanyak 20 buah. Hari keenam sebanyak 24 buah. Dan hari ketujuh sebanyak 28 buah.
  • Setelah tujuh hari konsumsi jeruk nipis, kamu tetap harus mengonsumsinya selama seminggu selanjutnya. Apabila pada 1 minggu pertama jumlah air perasan jeruk nipis yang harus dikonsumsi bertambah banyak, maka sebaliknya, pada 1 minggu kedua, jumlahnya dikurangi. Jadi pada hari ke delapan konsumsi 28 air perasan jeruk nipis. Hari kesembilan sebanyak 24 buah dan berlanjut hingga hari ke empat belas sebanyak 4 buah.

Hal lain yang perlu diketahui adalah saat memilih jeruk nipis, jangan pilih ukuran buah yang terlalu besar.

Mengapa?

Ini karena jumlah jeruk nipis yang dibutuhkan relatif banyak, sehingga jeruk nipis berukuran kecil pun sudah cukup untuk dikonsumsi.

Selain itu, sebelum menjalankan terapi jeruk nipis untuk kesuburan, sebaiknya cobalah konsumsi 2 perasan jeruk nipis terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar lambung dapat beradaptasi dan tidak kaget selama kamu menjalankan terapi ini.

Untuk lebih jelasnya, ini dia jadwal terapi jeruk nipis untuk kesuburan: 

  • Hari pertama: 4 jeruk nipis
  • Hari kedua: 8 jeruk nipis
  • Hari ketiga: 12 jeruk nipis
  • Hari keempat: 16 jeruk nipis
  • Hari kelima: 20 jeruk nipis
  • Hari keenam: 24 jeruk nipis
  • Hari ketujuh: 28 jeruk nipis
  • Hari kedelapan: 28 jeruk nipis
  • Hari kesembilan: 24 jeruk nipis
  • Hari kesepuluh: 20 jeruk nipis
  • Hari kesebelas: 16 jeruk nipis
  • Hari kedua belas: 12 jeruk nipis
  • Hari ketiga belas: 8 jeruk nipis
  • Hari keempat belas: 4 jeruk nipis

3. Tanggapan medis terkait terapi jeruk nipis untuk kesuburan

3. Tanggapan medis terkait terapi jeruk nipis kesuburan
Piaxabay/congerdesign

Menurut medis, penelitian tentang jeruk nipis terhadap program kehamilan memang belum ditemukan.

Namun jeruk nipis mempunyai banyak kandungan vitamin dan mikronutrient yang bermanfaat bagi kesehatan.

Fungsi anti oksidan, anti bakteri, membantu mengurangi tekanan darah dan perbaikan pembuluh darah, perbaikan sistem kardiovaskuler.

Sehingga pengaruh langsung terhadap kehamilan belum dapat kami pastikan.

Namun, bila kita menggunakan logika dari fungai serta manfaat penggunaan jeruk nipis, maka fungsi anti oksidan dan perbaikan sistek kardiovaskuler sebagai manfaat yang luas untuk memperbaiki sistem tubuh kita yang mungkin ada gangguan ketidakseimbangan atau gangguan aliran darah pada organ tertentu sehingga menyebabkan kerusakan dan penurunan fungsinya.

Dengan terapi rutin jeruk nipis, maka gangguan metabolisme dan peresaran darah akan berangsur membaik, dengan catatan dibantu dengan pola hidup, pola makan yang sesuai dan sehat. 

Nah, itulah ketiga informasi penting terkait jeruk nipis untuk keseburan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.