Nyeri Hebat saat Menstruasi, Apakah Memengaruhi Peluang Hamil?

Nyeri hebat saat menstruasi sering dikhawatirkan dapat memengaruhi kesuburan

8 Februari 2021

Nyeri Hebat saat Menstruasi, Apakah Memengaruhi Peluang Hamil
Freepik/benzoix

Saat mengalami menstruasi, kamu mungkin akan mengalami banyak perubahan, seperti suasana hati, kondisi perut, atau payudara nyeri. Semua ini disebabkan oleh kadar estrogen dan progesteron yang terus berubah.  

Namun tidak semua perempuan mengalami hal yang sama. Ada yang dapat melewatkan periode menstruasi dengan tenang tanpa rasa sakit yang berarti. Ada pula yang mengalami nyeri parah hingga mengakibatkan pingsan.

Rasa sakit yang dialami perempuan saat menstruasi adalah hal normal. Tetapi bila sakitnya tidak tertahankan, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan karena rasa nyeri bisa menjadi indikasi kondisi medis tertentu.

Apakah nyeri parah saat menstruasi dapat memengaruhi peluang untuk hamil? Apa penyebab perempuan merasakan sakit saat menstruasi?

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan Popmama.com mengenai nyeri saat menstruasi berikut ini ya.

Penyebab Timbulnya Rasa Nyeri saat Menstruasi

Penyebab Timbul Rasa Nyeri saat Menstruasi
Freepik/freepik

Zat kimia utama yang keberadaannya terdapat di berbagai bagian tubuh termasuk di rahim, yaitu prostaglandin, menjadi penyebab perempuan merasakan nyeri saat menstruasi. Prostaglandin bertugas mengontrol suhu tubuh, pertumbuhan sel, pelebaran dan kontraksi otot.

Selama menstruasi, zat ini menyebabkan kontraksi otot rahim dan membantu mengeluarkan lapisan rahim. Namun, jika tingkat kimiawi dalam tubuh menjadi tinggi, Mama akan mengalami kontraksi parah.

Kontraksi inilah penyebab kram atau nyeri. Rasa sakit ini dikenal juga dengan sebutan dismenorea, yang dibagi jadi 2:

  • Yang utama yang terdiri dari nyeri ringan hingga rata-rata, hanya terjadi sampai lapisan rahim tidak terlepas.
  • Yang kedua atau sekunder, menyebabkan nyeri akut dan bisa menjadi alasan di balik masalah medis yang selanjutnya dapat menghalangi peluang untuk hamil di masa depan.

Editors' Picks

Apakah Rasa Sakit saat Menstruasi Dapat Memengaruhi Kesuburan?

Apakah Rasa Sakit saat Menstruasi Dapat Memengaruhi Kesuburan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Dismenorea sekunder dapat mengindikasikan bahwa mungkin ada kondisi medis dalam tubuh yang dapat menghambat peluang untuk hamil di masa mendatang.

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan nyeri akut ini, seperti:

1. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul diperburuk oleh infeksi seksual yang tidak diobati, yang dapat ditularkan atau oleh infeksi yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Masalah umum dengan kondisi ini adalah sulit untuk mendeteksinya karena gejalanya seperti keputihan atau rasa sakit yang dialami saat berhubungan seks.

Infeksi yang menyebar secara seksual yang tidak diobati dapat melukai organ reproduksi seperti ovarium, saluran tuba, dan rahim, sehingga memengaruhi kesuburan.

2. Endometriosis

Salah satu penyebab nyeri menstruasi yang paling umum yang dapat mengganggu kesuburan adalah endometriosis.

Ini terjadi ketika lapisan yang tumbuh di dalam rahim umumnya mulai tumbuh di daerah lain, terutama bagian tubuh reproduksi seperti ovarium atau saluran tuba.  

Lapisan tersebut, ketika berada di jaringan reproduksi, cenderung melemahkannya, sehingga menyebabkan rintangan untuk hamil.

Kondisi ini bisa dideteksi dengan laparoskopi. Mengalami nyeri di punggung bawah, atau nyeri setelah menjalani hubungan seks, pusing, dan mual, ini bisa menjadi gejala yang mendasari kondisi ini.

3. Adenomiosis

Adenomiosis seperti endometriosis, satu-satunya perbedaan adalah bahwa garis rahim bagian dalam tumbuh di dinding rahim daripada di bagian tubuh reproduksi.

Ciri utama dari kondisi medis ini adalah nyeri di perut bagian bawah, nyeri akut selama menstruasi, dan perut kembung yang berlebihan selama menstruasi.

Alasan dibalik kondisi ini masih belum terlalu jelas dan banyak eksperimen dan penelitian sedang dilakukan untuk hal yang sama.

Sementara beberapa percaya itu bisa terjadi akibat perubahan hormonal yang terdiri dari estrogen dan progesteron. Adenomiosis menyebabkan nyeri akut selama menstruasi, namun tidak ada bukti kepastian bahwa ada hubungan antara aliran deras, nyeri parah, dan masalah dengan pembuahan.

4. Fibroid dan kista ovarium

Hampir 30-40 persen perempuan yang berusia 30-45 tahun menderita fibroid yang juga merupakan tumor non-kanker. Tumor ini ada di dalam rahim atau dekat dengan lapisan rahim. Pertumbuhannya menyebabkan penyumbatan aliran darah yang menyebabkan nyeri akut selama menstruasi.

Inilah salah satu faktor yang bisa menghambat proses pembuahan. Hal ini tergantung pada seberapa parah kondisinya, yang menunjukkan bahwa ukuran dan titik fibroid ini dapat menyebabkan masalah kesuburan. Jika, kebetulan hamil meski memiliki fibroid, kemungkinan fibroid dapat menyebabkan keguguran.

Sesuai dengan namanya, kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat di ovarium. Sama seperti fibroid, kista ovarium juga bersifat non-kanker. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya namun jika ukurannya membesar dan ditemukan di tuba falopi atau di ovarium, itu bisa menghalangi proses pembuahan.

Apakah Pengobatan untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi Dapat Memengaruhi Kesuburan?

Apakah Pengobatan Mengatasi Nyeri Menstruasi Dapat Memengaruhi Kesuburan
Pexels/Anna Shvets

Jika kamu mengalami nyeri saat menstruasi, jangan menunggunya sampai bertambah parah. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam banyak kasus, dokter menawarkan tablet kontrasepsi hormonal untuk mengurangi rasa sakit. Pengobatan ini tidak cocok untuk mereka yang mencoba untuk hamil.

Ada banyak obat penghilang rasa sakit yang tersedia dan bermanfaat juga, tetapi banyak yang takut untuk meminumnya karena dapat memengaruhi peluang mereka untuk hamil. Jangan ragu untuk mendiskusikan dengan dokter mengenai peluang hamil setelah mengonsumsi obat yang diberikan.

Ada juga yang perlu menjalani operasi untuk menghilangkan rasa sakit yang mereka alami selama menstruasi. Pembedahan adalah hal yang besar, jadi harus didiskusikan dengan dokter mengenai pengaruhnya terhadap kesuburan dan peluang hamil. Jika dokter sudah memberikan lampu hijau, maka pembedahan sebaiknya dilakukan karena selain dapat menghilangkan rasa sakit, peluang untuk hamil pun akan meningkat.

Oleh karena itu, kamu harus sangat waspada terhadap rasa sakit yang dialami selama menstruasi. Jika rasa sakitnya parah, yang terbaik adalah mencari pertolongan medis karena bisa jadi karena masalah parah yang membutuhkan perawatan yang tepat dan juga bisa menjadi faktor yang menghambat kemungkinan hamil.

Mengatasi Nyeri saat Menstruasi

Mengatasi Nyeri saat Menstruasi
Freepik/Rawpixel.com

Meski tidak terlalu menyakitkan, nyeri menstruasi terkadang mengganggu dan membuat tidak nyaman. Berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa sakit selama menstruasi:

  • Mengompres perut dengan kain hangat,
  • berolahraga ringan,
  • akupuntur,
  • pijat,
  • mengoleskan minyak esensial, minyak angin, atau minyak kayu putih,
  • perbanyak asupan cairan,
  • konsumsi makanan sehat.

Demikian informasi mengenai nyeri menstruasi dan pengaruhnya terhadap kesuburan. Rasa sakit saat menstruasi adalah hal yang normal. Namun kamu perlu waspada jika kamu merasakan nyeri yang parah. Segera periksakan ke dokter karena ini mungkin memengaruhi kesuburan.

Apakah kamu sering mengalami nyeri akut saat menstruasi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.