Wajib Tahu! 5 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Pasangan

Benarkah nutrisi tertentu dapat meningkatkan kesuburan pasangan?

17 Mei 2020

Wajib Tahu 5 Jenis Makanan Dapat Meningkatkan Kesuburan Pasangan
Freepik

Sebagian besar pasangan yang sudah menikah pasti akan menanti kedatangan si Kecil. Ada yang tidak membutuhkan waktu lama untuk hamil, ada juga yang menanti selama beberapa saat.

Ada banyak alasan di penantian tersebut. Diet merupakan salah satu alasan penting dan sering terlupakan. Ini tidak hanya berlaku untuk wanita namun pria juga.

Mengikuti pola makan sehat sangat penting untuk membantu meningkatkan kesuburan. Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini soal nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Apakah kamu sudah mengonsumsi makanan yang tepat?

1. Lemak tak jenuh tunggal

1. Lemak tak jenuh tunggal
Freepik

Nurses Health Study II memaparkan bahwa wanita dengan pola makan kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi.

Sumber makanan yang baik dari lemak tak jenuh tunggal termasuk minyak zaitun extra virgin, alpukat, dan kacang-kacangan.

Bahan makanan ini mudah diperoleh dan dikonsumsi.

Editors' Picks

2. Produk susu kaya lemak

2. Produk susu kaya lemak
Freepik/pressfoto

Sementara alasannya tidak sepenuhnya jelas, penelitian telah menemukan hubungan antara mengonsumsi produk susu kaya lemak dan meningkatkan kesuburan pada wanita.

Salah satu peneliti dari Nurses Health Study yang disebutkan di atas, percaya ini kemungkinan karena fakta bahwa susu murni masih mengandung hormon wanita estrogen dan progesteron.

Produk susu skim, susu dengan androgen atau hormon pria, diduga dapat menghambat ovulasi.

3. Makanan kaya antioksidan

3. Makanan kaya antioksidan
Freepik/brgfx

Diet yang kaya akan makanan dengan kandungan antioksidan, penting untuk melindungi sistem reproduksi dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat memengaruhi sperma yang layak dengan mengurangi jumlah dan motilitasnya. Jika kamu atau pasangan secara teratur mengonsumsi alkohol, kebutuhan akan antioksidan mungkin menjadi lebih tinggi.

Makanan yang kaya akan antioksidan antara lain:

  • Bit
  • Beri
  • Brokoli
  • Kayu manis
  • Buah sitrus
  • Kacang pikan
  • Delima
  • Paprika merah
  • Bayam
  • Tomat

4. Asam lemak omega 3

4. Asam lemak omega 3
Freepik/timolina

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang tingkat kesuburannya tinggi memiliki rasio asam lemak omega 3 yang sehat dalam darah mereka.

Studi lain menemukan bahwa pria yang menambahkan 75 gram ( sekitar 3/4 cangkir) kacang kenari per hari (sumber asam lemak omega 3 yang baik) ke dalam makanan mereka sehari-hari, memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi, mobilitas sperma yang meningkat serta lebih sedikit kelainan kromosom.

Sumber makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 termasuk kenari, biji rami giling, biji chia, dan ikan berlemak seperti salmon.

5. Makanan kaya vitamin D

5. Makanan kaya vitamin D
Pexels/Pixabay

Penelitian telah menemukan bahwa kadar vitamin D dikaitkan dengan kualitas sperma (semakin tinggi, semakin baik). Pada wanita, kadar vitamin D yang memadai sangat penting untuk membuat hormon reproduksi.

Makanan yang mengandung Vitamin D antara lain

  • Produk susu yang diperkaya
  • Kuning telur
  • Jamur (tumbuh dalam sinar UV)
  • Ikan berlemak (tuna, salmon)

Saat merencanakan kehamilan, perlu diingat juga penting untuk membatasi makanan yang tidak baik untuk kesehatan kita. Misalnya, makanan yang mengandung lemak trans, karena dapat meningkatkan resistensi insulin yang memengaruhi ovulasi.

Diet kaya trans lemak juga dikaitkan dengan kualitas sperma yang buruk.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Yuk, cek makanan yang biasa dikonsumsi selama ini, apakah sudah sesuai?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.